Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

3 Harga Entok Rambon Klawu 2022 : Anakan & Dewasa

Harga Entok Rambon Klawu
Advertisements

Harga Entok Rambon Klawu – Seperti diketahui, entok atau mentok ialah salah satu jenis unggas yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun tidak setenar unggas lain seperti itik, namun entok juga merupakan unggas yang dibudidayakan secara konvensional sebagai kiat sukses pembenihan penetasan bagi pemula.

Tujuan membudidayakan entok sendiri yaitu untuk diambil telur dan dagingnya dinilai mengandung berbagai macam khasiat bagus untuk kesehatan manusia. Namun, terdapat juga beberapa orang yang membeli entok hanya untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan atau hiasan di rumah.

Advertisements

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya di pasaran Indonesia terdapat salah satu jenis entok yang kerap dijadikan sebagai hiasan ataupun koleksi saja, yaitu entok rambon klawu. Alasan mengapa jenis unggas tersebut kerap dijadikan sebagai hiasan atau koleksi di rumah yaitu karena mereka memiliki warna-warna unik.

Namun sayangnya, entok jenis ini dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan jenis biasa. Nah, apabila kalian berencana membeli entok rambon klawu, sebaiknya cari tahi terlebih dahulu berapa harganya. Untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai harga entok rambon klawu semua umur.

Apa Itu Entok Rambon?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai harga entok rambon klawu berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Entok rambon atau nama latinnya yaitu Cairina Moschata ialah salah satu jenis entok hias yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Dimana sebutan rambon sendiri berasal dari kata Indramayu dan Cirebon, karena memang entok ini berasal dari Cirebon. Adapun perbedaan antara entok rambon dan biasanya yaitu bisa dilihat dari segi pertumbuhannya. Pertumbuhan entok rambon dinilai lebih cepat dibandingkan entok biasa.

Advertisements

Ciri Entok Rambon Klawu

Ciri Entok Rambon Klawu
Advertisements

Sesuai namanya, entok rambon jenis ini memiliki bulu berwarna abu-abu atau dalam bahasa Cirebon disebut sebagai klawu. Di sisi lain, ada juga beberapa orang yang menyebut entok rambon klawu dengan nama entok rambon silver.

Dimana penyebutan silver sendiri biasanya digunakan oleh orang-orang agar terdengar lebih umum ataupun eksotis saja. Sementara dari segi postur tubuh atau bentuk badannya, sebenarnya entok rambon klawu sama saja seperti entok pada umumnya.

Harga Entok Rambon Klawu

Setelah mengetahui beberapa ciri khas atau karakteristik entok rambon klawu, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa harganya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, saat ini entok rambon klawu dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan entok biasa.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab entok rambon klawu sendiri memiliki beberapa keistimewaan sehingga membuatnya memiliki nilai jual cukup tinggi. Untuk anakan entok rambon klawu, biasanya pada peternak atau pembudidaya menjualnya dengan harga mulai dari Rp 300.000.

Sementara untuk sepasang entok rambon klawu, maka peternak menjualnya dengan harga lebih mahal, yaitu sekitar Rp 700.000 sampai Rp 1.000.000. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ketika hendak membeli entok rambon klawu, pastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat dan fit.

Tips Merawat Entok Rambon Klawu

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga entok rambon klawu atau silver, entah itu umur anakan ataupun dewasa. Setelah membeli entok rambon klawu, tentunya dibutuhkan adanya pola perawatan harian yang tepat agar mereka bisa tumbuh dengan sehat.

Dimana perawatan harian ini tidak hanya berasal dari pemberian pakan saja, namun juga terdapat berasal dari beberapa faktor penting lainnya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan bagaimana cara atau tips merawat entok rambon klawu.

  • Berikan entok rambon klawu pakan yang tepat sesuai kebutuhan nutrisi dan gizinya.
  • Berikan entok rambon klawu kandang yang layak serta bersih.
  • Lakukan vaksin entok supaya mendukung daya tahan dan sistem kekebalan tubuhnya sehingga dapat terhindar dari virus berbahaya.
  • Lakukan penjemuran setiap hari pada pukul 8 sampai 9 pagi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D entok.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa nilai jual entok rambon klawu sedikit lebih mahal dibandingkan entok biasa. Hal tersebut disebabkan karena entok rambon klawu memiliki beberapa keistimewaan, salah satunya yaitu terkait warna-warna bulunya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar daftar harga entok rambon klawu untuk semua umur, entah itu jantan dan betina. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli entok rambon klawu di peternak ataupun di pasaran.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.