Contoh Surat Izin Praktek Dokter Hewan : Syarat & Prosedur

Contoh Surat Izin Praktek Dokter Hewan – Surat Izin Praktik (SIP) merupakan bukti tertulis yang secara sah diberikan oleh pemerintah daerah kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai tanda telah diberi kewenangan untuk menjalankan praktik. Bisa dikatakan, SIP ini diperlukan bagi para dokter yang ingin membuka praktik, mulai dari dokter gigi, dokter umum, dokter hewan dan lainnya.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi lengkap terkait contoh surat izin praktek dokter hewan. Ada beberapa pembahasan yang kami rasa penting untuk kalian ketahui, khususnya yang ingin membuat Surat Izin Praktik Dokter Hewan. Kami juga akan informasikan pembahasan lainnya seperti persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur pengurusan Surat Izin Praktek Dokter Hewan.

Mengenai persyaratan pengurusan Surat Izin Praktek Dokter Hewan, disini kalian tentu harus mempersiapkan beberapa syarat, mulai dari Fotokopi KTP, NPWP, Foto 4×6 dua lembar, Fotokopi Ijazah Dokter Hewan, Fotokopi Sertifikat Kompetensi Dokter Hewan, Rekomendasi Organisasi Profesi setempat dan Surat Keterangan Pemenuhan tempat praktik dokter hewan.

Tata cara pengajuan juga bisa dilakukan dengan mudah, kalian bisa melakukan pengajuan secara online di https://pelayanan.jakarta.go.id/izin-terlaris/sip. Disana kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dipandu oleh sistem. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkapnya yang telah kami siapkan berikut ini.

Contoh Surat Izin Praktek Dokter Hewan

Apa Itu Surat Izin Praktek?

Pada pembahasan awal, disini kami akan membahas lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan Surat Izin Praktik. Surat Izin Praktik (SIP) merupakan bukti tertulis yang secara sah diberikan oleh pemerintah daerah kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai tanda telah diberi kewenangan untuk menjalankan praktik.

Penting diketahui disini bahwasanya Surat Izin Praktik ini memiliki 2 fungsi utama, yakni sebagai berikut:

  1. Surat Izin Praktik berfungsi sebagai penerbit. Dengan SIP, segala bentuk kegiatan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan kesehatan, dapat dimonitor dengan baik. Selain itu, SIP dapat mencegah bentuk kegiatan yang bertentangan satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, ketertiban dalam setiap segi kehidupan masyarakat dapat terwujud.
  2. Surat Izin Praktik berfungsi sebagai pengatur. SIP berfungsi sebagai salah satu instrumen hukum yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Terkait siapa saja yang perlu mengurus Surat Izin Praktik, bisa dikatakan bahwa setiap dokter yang menjalankan praktik, mereka harus mengurus SIP ini. Dokter Gigi, Dokter Hewan, Dokter Umum dan beberapa lagi yang lainnya wajib mengurus SIP ini. Pengurusan bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lupa juga menyiapkan beberapa persyaratan dalam hal ini. Proses dan mekanismenya juga akan kami informasikan di pembahasan berikut ini.

Syarat Membuat Surat Izin Praktik Dokter Hewan

Setelah mengetahui apa itu Surat Izin Praktik diatas, berikutnya kita akan informasi mengenai syarat apa saja yang diperlukan untuk membuat SIP Dokter Hewan. Setiap pembuatan Surat Izin Praktik, tentunya ada beberapa syarat yang diperlukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Fotokopi KTP
  • NPWP
  • Foto 4×6 dua lembar
  • Fotokopi Ijazah Dokter Hewan
  • Fotokopi Sertifikat Kompetensi Dokter Hewan
  • Rekomendasi Organisasi Profesi setempat
  • Surat Keterangan Pemenuhan tempat praktik dokter hewan

Prosedur Membuat Surat Izin Praktek Dokter Hewan

Selanjutnya kita akan bahas seperti apa prosedur dan mekanisme membuat SIP Dokter Hewan. Ada beberapa prosedur yang tentu harus dipahami ketika ingin membuat Surat Izin Praktik Dokter Hewan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pemohon meminta informasi perizinan Praktik Dokter Hewan ke Customer Servis
  • Pemohon mengajukan permohonan Izin Praktik Dokter Hewan melalui CS
  • Customer Servis meneliti kelengkapan berkas. Setelah dinyatakan lengkap lalu mengentry permohonan ke Aplikasi SI-JITU
  • Petugas Back Office memverifikasi permohonan dari Front Office dalam Aplikasi SI-JITU
  • Permohonan yang sudah diverifikasi diteruskan ke Dinas Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi
  • Dinas Teknis merekom, Petugas Back Office meneruskan permohonan untuk divalidasi Kepala Bidang. Bila tdk merekom permohonan dikembalikan
  • Kepala Bidang meneruskan Validasi permohonan kepada Kepala DPMPTSP
  • Kepala DPMPTSP menyetujui permohonan dan menandatangani Dokumen Izin dengan tanda tangan elektronik
  • Petugas Back Office melakukan penomoran dan mencetak dokumen izin
  • Dokumen izin diserahkan kepada Pemohon

Contoh Surat Izin Praktek Dokter Hewan

Jika kalian sudah mengetahui beberapa informasi diatas, selanjutnya kalian juga bisa simak informasi terkait contoh Surat Izin Praktek Dokter Hewan. Di bawah ini bisa kalian unduh atau download contoh Surat Izin Praktek Dokter Hewan berikut.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai contoh surat izin praktek dokter hewan, syarat dan prosedur membuatnya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat birdsny.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan komentar