Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

2 Cara Merawat Kucing Digigit Anjing yang Benar!

Cara Merawat Kucing Digigit Anjing
Advertisements

Cara Merawat Kucing Digigit Anjing – Seperti diketahui, seekor hewan yang menggigit hewan lainnya mempunyai arti sebagai bentuk perlindungan diri mereka. Salah satu jenis hewan yang seringkali menggigit hewan lain di sekitarnya terutama kucing yaitu anjing.

Dimana gigit menggigit antara kucing dan anjing memang termasuk ke dalam hal normal, karena merupakan sifat alaminya. Meskipun demikian, kalian tetap patut waspada sebab luka yang ditimbulkan bisa menyebabkan masalah lebih jauh jika tidak segera ditangani dengan benar.

Advertisements

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya apabila luka gigitan jenis anjing kampung di kulit kucing dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan berbagai macam bahaya. Maka dari itu, sebagai orang yang mungkin awam di dunia perawatan hewan, kalian harus mengetahui bagaimana tindakan pertama untuk menanganinya.

Nah, apabila diantara kalian mengalami permasalahan serupa di atas dan ingin mengobatinya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata caranya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara merawat kucing digigit anjing supaya tidak infeksi.

Penyebab Anjing Menggigit Kucing

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, anjing biasanya tidak akan menggigit kucing apabila tidak merasa terganggu, terancam, takut atau berperilaku buas karena penyakit rabies. Oleh sebab itu, kalian sebaiknya waspada apabila terdapat anjing yang tiba-tiba menyerang, lalu menggigit kucing peliharaan di rumah.

Dimana hasil dari kucing digigit anjing akan meninggalkan lubang pada kulit seperti luka tusuk. Pada umumnya luka tersebut berasal dari gigitan gigi depan anjing. Anjing biasanya menggigit bagian tubuh kucing seperti tangan, lengan, kaki, leher atau daerah kepala.

Advertisements

Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan sejumlah penyebab anjing menggigit hewan peliharaan lain di rumah, khususnya kucing.

  • Merasa takut atau terancam.
  • Kaget.
  • Melindungi dirinya.
  • Frustasi.
  • Sakit.
  • Sebagai bentuk dari aktivitas bermain.

Bahaya Gigitan Anjing

Perlu diketahui, sebenarnya apabila dilihat dari permukaan kulit, luka terbuka akibat kucing digigit anjing biasanya tidak parah dan berdampak serius. Akan tetapi, gigitan anjing tersebut dapat menembus jaringan dalam kulit sehingga mampu merusaknya.

Kondisi ini akan menyebabkan kucing mengalami pendarahan. Selain itu, semakin dalam luka kucing akibat digigit anjing, maka akan semakin besar pula dampaknya. Oleh sebab itu, sebelum membahas cara merawat kucing digigit anjing lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa bahayanya.

  • Infeksi luka.
  • Kerusakan saraf dan otot.
  • Infeksi tetanus.
  • Penyakit rabies.
  • Luka bernanah.

Cara Merawat Kucing Digigit Anjing

Setelah mengetahui beberapa penyebab hingga bahaya kucing digigit anjing, maka selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana cara merawat ataupun mengobatinya. Seperti halnya saat mengobati korep ayam, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan ketika ingin merawat luka gigitan anjing pada tubuh kucing.

Adapun beberapa tahapan yang harus dilakukan ketika hendak mengetahui bagaimana cara merawat kucing digigit anjing tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Atasi Pendarahan Kucing

Atasi Pendarahan Kucing

Cara merawat kucing digigit anjing yang benar pertama yaitu segera lihat apakah mereka mengalami pendarahan atau tidak. Namun, secara garis besarnya gigitan anjing akan membuat kucing mengalami pendarahan, meskipun lukanya tergolong kecil. Berikut adalah tata cara mengatasi luka pendarahan kucing digigit anjing.

  • Tekan lukanya dengan kasa steril.
  • Pegang kucing supaya tidak banyak bergerak.
  • Apabila memungkinkan, rekatkan kasa atau plester ketika pendarahan telah berhenti.
  • Periksa juga apakah terdapat luka lain di tubuh kucing atau tidak.

2. Bersihkan Luka Kucing

Bersihkan Luka Kucing

Setelah berhasil mengatasi pendarahan kucing akibat digigit anjing, maka langkah selanjutnya bersihkan luka-lukanya. Meskipun bisa dilakukan menggunakan air bersih biasa, namun saran kami sebaiknya tahapan cara merawat dalam hal membersihkan luka kucing ini dilakukan menggunakan cairan antiseptik.

3. Lakukan Pengobatan

Lakukan Pengobatan

Cara merawat kucing digigit anjing selanjutnya yaitu menghubungi dokter hewan terdekat di daerah setempat. Meskipun lukanya tampak kecil, namun air liur anjing dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, apabila tidak ada perawatan lanjutan yang bisa dilakukan di rumah, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan.

Untuk tindakan pengobatan kucing digigit anjing di klinik atau dokter hewan sendiri biasanya bergantung pada tingkat keparahan lukanya. Dimana dokter hewan akan memilih jenis pengobatan paling tepat untuk luka pada tubuh kucing peliharaan kalian.

4. Ganti Perban Secara Berkala

Ganti Perban Secara Berkala

Setelah luka gigitan anjing di tubuh kucing sudah diobati oleh dokter hewan dan sudah di perban, jangan lupa untuk mengganti perban secara berkala di rumah. Dokter hewan biasanya akan memberikan instruksi terkait penggantian perban kucing secara mandiri.

Selain itu, dalam proses merawat luka gigitan anjing pada kucing, tanyakan juga terkait instruksi obat-obatan yang diberikan. Pasalnya, kucing mungkin diharuskan mengonsumsi obat, tergantung pada apakah terdapat infeksi atau tidak pada lukanya.

Kucing juga mungkin akan membutuhkan obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi rasa sakit akibat luka di tubuhnya tersebut. Maka dari itu, pastikan kalian memahami cara dan waktu untuk memberikan obat apa pun sebagai bentuk kegiatan merawat kucing digigit anjing yang benar.

5. Jangan Biarkan Kucing Menjilat Lukanya

Cara Merawat Kucing Jangan Biarkan Kucing Menjilat Lukanya
Advertisements

Cara merawat kucing digigit anjing terakhir yaitu memastikan bahwa mereka tidak menjilati atau menggigiti lukanya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kegiatan tersebut dapat menyebabkan infeksi atau terbukanya perban, drain maupun jahitan secara prematur.

Kesimpulan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa tahapan dalam merawat kucing digigit anjing. Dapat diambil kesimpulan bahwa tata cara perawatannya tersebut harus memperhatikan saran atau anjuran dari dokter hewan supaya luka akibat gigitan anjing tidak memberikan efek infeksi, tetanus maupun penularan penyakit rabies pada kucing.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar tata cara merawat kucing digigit anjing yang benar agar mereka tidak mengalami infeksi. Semoga pembahasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengobati ataupun merawat kucing ketika terkena gigitan anjing.

Sumber gambar : wikihow.pet

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *