15 Cara Mengobati Korep Ayam Dengan Bawang Putih Cepat Sembuh

Cara Mengobati Korep Ayam Dengan Bawang Putih Cepat Sembuh
Advertisements

Cara Mengobati Korep Ayam Dengan Bawang Putih – Dalam pemeliharaan ayam aduan atau ayam petarung dari berbagai jenis yang ada seperti pokhay, bangkok, saigon, shamo, siam, bhurma dan jenis ayam aduan lain tentu membutuhkan perawatan extra.

Karena jika tidak dirawat dan dijaga secara benar, maka besar kemungkinan ayam Anda mengalami gangguan kesehatan yang bisa menurunkan performa tarung. Di mana salah satu gangguan kesehatan pada ayam salah satunya adalah korep atau kurap.

Advertisements

Memang penyakit ini tidak menyebabkan kematian, namun akan menyebabkan kondisi dan performa ayam berubah. Tentu saja, bagi Anda pecinta sabung ayam penyakit pada ayam ini sudah tidak asing lagi, bahkan pernah dialami pada ayam jagoannya.

Teruntuk para pemula di mana baru terjun ke dunia ayam aduan pastinya bertanya mengenai cara mengobati korep atau kurap ayam. Cara mengobati sendiri ada dua cara yaitu mengobati dengan obat luar atau obat tradisional berupa bawang putih.

Apa Itu Korep Ayam?

Apa Itu Korep Ayam

Nah sebelum lanjut ke pembahasan terkait cara mengobati maupun menyembuhkan korep ayam aduan dengan bawang putih. Bagi yang belum tahu jelas apa itu korep, maka mari ketahui dahulu pengertian gangguan atau penyakit bernama korep ini.

Penyakit korep atau dikenal juga dengan kurap adalah penyakit yang tidak menyebabkan kematian pada ayam. Nantinya penyakit ini akan ditandai dengan lapisan kulit berwarna putih dan mengelupas yang disebabkan oleh bakteri.

Advertisements

Penyebab Kurap Pada Ayam

Lalu apa penyebab yang menjadikan ayam aduan bisa terkena korep? Sudah dijelaskan di atas, jika permasalahan datang akibat adanya bakteri yang menyerang kulit. Namun ada beberapa penyebab lain yang bisa saja ayam jago terkena korep, seperti:

  • Kurang akan sinar matahari atau ayam selalu dikurung dengan pencahayaan minim.
  • Kondisi kandang lembab dan agak basah.
  • Saat memandikan atau membasuh muka saat kurang bersih setelah tren.
  • Menggunakan spon yang sama saat memandikan ayam, padahal spon digunakan oleh ayam penderita korep.

Secara garis besar, itulah faktor utama mengapa ayam aduan Anda terkena korep. Jadi usahakan selalu memperhatikan faktor penyebab tersebut guna meminimalisir terjadi korep pada ayam.

Manfaat Bawang Putih Untuk Korep Ayam

Manfaat Bawang Putih Untuk Korep Ayam

Lalu banyak dari Anda yang bertanya mengenai manfaat ketika mengobati korep dengan bawang putih. Di mana manfaat pengobatan korep dengan bawang putih yaitu akan lebih aman jika dibandingkan menggunakan obat korep lain, karena ini adalah obat tradisional dan alami.

Nantinya kegunaan bawang putih ini adalah untuk mengantisipasi bakteri dan jamur. Bahkan tidak hanya itu saja, bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas kurap/korep/buras pada ayam aduan Anda sehingga jauh lebih aman.

Cara Mengobati Korep Ayam Dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Korep Ayam Dengan Bawang Putih

Setelah berhasil mengetahui apa itu korep dan penyebab yang menyerang ayam di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengobati korep ayam dengan bawang putih. Untuk lebih jelasnya simak cara mengobati berikut:

1. Siapkan Bawang Putih

Langkah awal, maka silakan siapkan terlebih dahulu bawang putih yang akan digunakan untuk mengobati. Silakan kupas dan cuci bersih bawang putih tersebut dengan air mengalir.

2. Tumbuk & Haluskan Bawang Putih

Setelah itu lanjut tumbuk atau haluskan bawang putih dengan menggunakan blender. Silakan haluskan bawang putih secukupnya saja agar tidak mubazir, lebih baik kurang dan haluskan lagi.

3. Oleskan Bawang Putih ke Korep

Jika sudah berhasil dihaluskan, maka tinggal silakan ambil sedikit demi sedikit dan oleskan ke bagian korep pada ayam secara merata. Gunakan spon untuk memudahkan dalam mengoleskannya.

Obat Korep Ayam
Advertisements

4. Tetap Terapkan Penggunaan Bawang Putih

Setelah itu, silakan lepaskan ayam di kandang. Untuk pengolesan bisa dilakukan setiap hari, bahkan ketika sudah berhasil sembuh. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jamur penyebabnya.

Catatan : Pastikan jika mengobati korep ayam dengan bawang putih, Anda sudah memastikan kondisi ayam sudah dimandikan bersih keseluruhan agar korep cepat sembuh. Bahkan Anda juga bisa melakukan dengan obat tradisional lain seperti kunyit.

Apakah Ada Cara Mengobati Korep Ayam Lain?

Terkait pertanyaan itu, jawabannya adalah ada. Pemilik ayam aduan bisa memanfaatkan salep 88 guna mengobati korep atau kurap, proses pengolesan juga sama, di mana Anda hanya perlu lakukan pengolesan pada kulit ayam yang terkena korep.

Selain itu, pemberian obat oral seperti mengasih makan cicak sekali dalam sehari dalam kurun waktu 3 – 7 hari juga bisa dilakukan, biasanya ini dilakukan saat korep tidak terlalu parah. Lalu bagaimana jika korep parah dan korep ayam gak sembuh sembuh?

Untuk hal itu, Anda bisa gunakan obat korep ayam paling ampuh dan cepat sembuh berupa obat mizoral. Silakan berikan obat mizoral ini satu butir per hari dalam kurung waktu seminggu, korep nantinya sudah mulai rontok dan sembuh atau hilang.

Hanya saja obat korep satu ini memiliki efek pada ayam, di mana nantinya kondisi stamina ayam akan menurun dan tidak optimal seperti sediakala. Guna membangkitkan atau memulihkannya ada bisa mengasih suplemen seperti Nizoral, Formico dan Ketosonasol sesuai dosis dan aturan pakai.

Akhir Kata

Demikian kiranya pembahasan terkait cara mengobati atau menyembuhkan korep pada ayam aduan dengan bawang putih paling ampuh dan cepat sembuh yang dapat birdnsy.com sajikan di atas. Semoga dengan adanya pembahasan terkait cara mengobati korep dengan bawang putih bisa bermanfaat bagi para pemilik ayam yang alami masalah serupa.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.