Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Syarat Kandang Unggas Pedaging yang Sehat & Nyaman!

Syarat Kandang Unggas Pedaging
Advertisements

Syarat Kandang Unggas Pedaging – Bagi kebanyakan peternak ayam, kandang ayam kampung mungkin masih cukup asing. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kebanyakan peternak masih memelihara ayam kampung dengan cara diumbar tanpa kandang dan dibiarkan tidur di mana pun, asalkan mereka masih pulang ke rumah.

Padahal, ketika menggunakan kandang yang baik, maka akan ada cukup banyak manfaat bisa didapatkan oleh para peternak ayam, khususnya unggas pedaging. Sama halnya seperti rumah bagi manusia, kandang bagi unggas pedaging juga sangat berguna sebagai tempat berteduh serta menghindarkan mereka dari berbagai macam bahaya.

Advertisements

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak peternak di luar sana khususnya bagi para pemula mengeluhkan bahwa mereka belum memahami bagaimana cara membuatnya. Secara garis besarnya, terdapat beberapa syarat harus dipenuhi ketika seseorang ingin membuat kandang ternak untuk ayam pedaging.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk membuat kandang unggas pedaging, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa syaratnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai syarat kandang unggas pedaging mulai dari letak, bentuk, kelembaban udara hingga ukurannya.

Fungsi Kandang Unggas Pedaging

Sebelum pembahasan poin utama mengenai syarat kandang unggas pedaging lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa fungsi ataupun kegunaannya. Selain sebagai tempat tinggal ternak unggas pedaging, kandang juga merupakan tempat bekerja pra peternak, terutama dalam hal melayani kebutuhan hidup sehari-hari seperti memberi makan dan minum.

Selain itu, kandang juga berfungsi sebagai tempat untuk mengobati unggas terserang penyakit serta membersihkan kandang dari berbagai macam kotoran. Maka dari itu, peternak harus bisa menciptakan kandang sehat dan nyaman agar hewan ternak di dalamnya merasa senang karena terhindar dari gangguan binatang.

Advertisements

Syarat Kandang Unggas Pedaging

Syarat Kandang Ternak Unggas Pedaging
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menjamin supaya ternak unggas pedaging yang dipelihara tetap dalam kondisi sehat, kandang mempunyai peranan sangat penting. Sehingga menjadikan proses pembuatan kandang unggas pedaging harus memenuhi sejumlah syarat khusus, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Letak Kandang

Syarat pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membuat kandang unggas yaitu tentang lokasinya. Dimana lokasi untuk membangun kandang sebaiknya dicari di tempat lebih tinggi daripada lingkungan sekelilingnya. Tujuannya yaitu supaya pada saat musim hujan, kandang tersebut tidak kebanjiran atau becek.

Ventilasi Kandang

Syarat selanjutnya yaitu kandang ternak unggas pedaging harus diberi ventilasi cukup agar udara bisa keluar masuk secara berkesinambungan sehingga kondisi di dalamnya selalu segar. Apabila udara di dalam kandang unggas pedaging tetap segar, maka ternak yang berada di dalamnya akan merasa nyaman dan sehat.

Sinar Matahari

Kemudian letak kandang unggas pedaging sebaiknya menghadap ke timur, agar sinar matahari terutama sinar pagi bisa masuk ke dalam kandang. Dengan begitu, ternak unggas pedaging yang dipelihara di dalamnya mendapat cukup sinar matahari dan kondisi kandang tetap kering serta tidak lembab.

Kelembaban Udara Kandang

Kemudian syarat kandang unggas pedaging selanjutnya yaitu harus memperhatikan tingkat kelembaban udaranya. Dimana ketika kelembaban udara tinggi di dalam kandang bisa berpengaruh negatif terhadap kesehatan ternak unggas pedaging. Maka dari itu, supaya kandang tidak lembab, maka konstruksi kandang harus dibuat sedemikian rupa sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang dan lantai kandang bisa selalu kering.

Pohon Pelindung

Supaya udara di sekitar kandang unggas pedaging terasa segar dan nyaman, di sekelilingnya sebaiknya ditanami pohon pelindung bermanfaat, seperti pohon kedondong, mangga, pete dan lain sebagainya. Fungsi adanya pohon pelindung di sekitar kandang unggas pedaging yaitu untuk menahan terpaan angin sehingga kandang tidak diterpa angin secara langsung.

Pondasi Kandang

Syarat pembuatan kandang unggas pedaging ideal selanjutnya yaitu dari segi pondasi bangunannya. Sebaiknya pondasi kandang dibuat berdasarkan besar kecilnya kandang. Perlu diketahui, pondasi dibuat dengan kokoh dan kuat serta bisa mencegah masuknya air ke dalam kandang.

Lantai Kandang

Seperti halnya dalam pembuatan kandang bebek petelur sederhana, lantai kandang unggas pedaging juga harus diperhatikan. Dimana syarat pembuatan lantai kandang unggas pedaging sendiri bisa dibuat dalam bentuk liter (beralas) atau berlubang (renggang).

Dinding Kandang

Selain dari segi lantai kandang, dinding kandang juga perlu diperhatikan. Dimana dinding kandang unggas pedaging harus dibuat sedemikian rupa sehingga udara dalam kandang cukup segar, nyaman dan tenang karena sinar matahari bisa masuk ke dalamnya.

Pintu Kandang

Syarat berikutnya yaitu dari segi pintu kandang unggas pedaging. Pintu kandang bisa dibuat menggunakan ukuran yang bisa dimasuki orang sehingga memudahkan dalam proses pembersihan, pengambilan telur dan lain sebagainya. Apabila kandang dibuat berpetak-petak, setiap petak kandang juga harus diberikan pintu masing-masing yang membuka ke arah dalam ruang kandang.

Luas Kandang

Syarat terakhir yang harus diperhatikan dalam membuat kadang unggas pedaging yaitu tentang luasnya. Adapun luas kandang ternak unggas pedaging harus disesuaikan dengan jumlah ternak yang akan dipelihara. Misalkan ukuran 1 meter persegi digunakan untuk 20 ekor anak ayam sampai berumur 2 bulan, sedangkan ternak ayam remaja bisa digunakan untuk 8 ekor.

Akan tetapi, sebenarnya para peternak bisa menciptakan sendiri luas kandang unggas pedaging entah itu lebih besar ataupun kecil sesuai keinginan dan kebutuhan asalkan membuat hewan ternak di dalamnya merasa hidup dengan nyaman.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar syarat kandang unggas pedaging mulai dari letak, ukuran, luas, bentuk hingga kelembaban udaranya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat kandang unggas pedaging di rumah.

Sumber gambar : majalahinfovet.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *