Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Contoh Kandang Bebek Petelur Sederhana

Contoh Kandang Bebek Petelur Sederhana
Advertisements

Contoh Kandang Bebek Petelur Sederhana – Bisnis ternak bebek petelur merupakan salah satu peluang usaha yang mampu memberikan penghasilan cukup menguntungkan. Pasalnya, pada umumnya masyarakat di pedesaan beternak bebek petelur masih menggunakan cara tradisional dengan cara memanfaatkan bahan-bahan sederhana.

Meskipun beternak bebek petelur di lahan sempit, akan tetapi jika kandang sudah memenuhi persyaratan kandang yang baik, maka hewan ternak juga bisa produksi secara maksimal. Berbeda dengan masyarakat di daerah perkotaan yang memelihara bebek petelur dengan cara intensif serta menggunakan kandang bebek modern dan mewah.

Advertisements

Berbicara mengenai beternak bebek petelur, kandang merupakan salah satu komponen penting untuk diperhatikan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kandang sendiri tidak hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat hewan ternak saja, namun juga sebagai tempat untuk memproduksi telur.

Nah, apabila diantara kalian berencana ingin membangun usaha ternak bebek petelur, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa jenis kandangnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai contoh kandang bebek petelur sederhana bagi para pemula.

Syarat Ideal Kandang Bebek Petelur

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu aspek penting supaya peternakan bebek petelur dapat berhasil, maka pembuatan kandang harus sesuai dengan syarat-syaratnya. Oleh karena itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai contoh kandang bebek petelur sederhana lebih lanjut, berikut kami berikan sejumlah syarat kandang bebek petelur yang baik.

  • Kandang bebek jauh dari pemukiman penduduk dan tidak rawan penggusuran lokasi peternakan.
  • Kandang bebek jauh dari peternakan unggas lain guna menghindari penularan penyakit.
  • Kandang bebek tidak dekat dengan keramaian ataupun kebisingan.
  • Tanah atau lahan dibangunnya kandang bebek mempunyai sistem drainase yang baik.
  • Kondisi cuaca dan iklim di sekitar kandang bebek kondusif, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin (sejuk) serta mempunyai tingkat kelembapan udara relatif yaitu 60% sampai 65%.
  • Kandang bebek mudah mendapatkan pakan dan air bersih.
  • Akses transportasi ke kandang bebek mudah.
  • Kandang bebek aman dari binatang buas.
  • Ukuran kandang harus disesuaikan dengan perkiraan jumlah bebek petelur.

Ukuran Standar Kandang Bebek Petelur

Seperti halnya pada pembuatan kandang ternak burung Murai Batu, di dalam proses pembuatan kandang bebek petelur sederhana juga harus memperhatikan ukurannya. Pasalnya, ukuran kandang bebek petelur yang terlalu kecil dapat membuat mereka stres, sedangkan jika terlalu besar bisa memakan lahan.

Advertisements

Secara garis besarnya, karena bebek petelur berukuran cukup kecil, maka para peternak akan membuat ukuran kandang minimal untuk 100 ekor bebek. Dimana kandang dengan ukuran panjang sekitar 2 meter dan lebar 2 meter sudah sangat ideal untuk 50 ekor hingga 100 ekor bebek petelur dewasa.

Akan tetapi, apabila mempunyai lebih dari 100 ekor bebek petelur dewasa, maka kalian bisa menyesuaikan ukurannya berdasarkan jumlah bebek. Pada intinya, kalian harus mempertimbangkan ukuran kandang bebek petelur supaya nantinya proses produksi bisa lebih optimal.

Contoh Kandang Bebek Petelur Sederhana

Setelah mengetahui beberapa syarat hingga ukuran ideal kandang bebek petelur sederhana, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti beberapa contoh ataupun jenis-jenisnya. Kata sederhana dalam hal ini yaitu merujuk pada pembuatan kandang bebek petelur yang menggunakan bahan-bahan seadanya di lingkungan sekitar.

Dengan kata lain, kandang bebek petelur sederhana ini sangat cocok bagi para pemula dengan modal terlalu besar ketika membuka bisnis peternakan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penjelasan mengenai sejumlah contoh kandang bebek petelur sederhana untuk 50 ekor sampai 100 ekor.

1. Kandang Bambu

Kandang Bambu

Contoh kandang bebek petelur sederhana pertama yaitu terbuat dari bambu. Ukuran dalam pembuatan kandang bebek petelur menggunakan bambu sendiri harus lebih tinggi, yaitu sekitar 1 meter atau lebih. Selain itu, usahakan untuk membuat kandang bambu cukup rapat supaya terhindar dari serangan hewan-hewan pemangsa.

Namun, perlu diingat bahwa kandang bebek petelur harus tetap mempunyai tempat untuk berlindung dari terik sinar matahari. Apabila masih terdapat sisa lahan, sebaiknya buatlah kolam atau kubangan sebagai tempat bermain agar bebek petelur tetap betah di dalam kandang.

2. Kandang Waring

Kandang Waring

Waring juga bisa dijadikan sebagai salah satu contoh bahan sederhana paling tepat ketika ingin membuat kandang bebek petelur terbuka. Waring sendiri merupakan sebuah jaring panjang dan biasanya digunakan untuk melindungi sawah dari berbagai macam gangguan hewan-hewan yang dapat merusak tanaman.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila kalian menggunakan waring sebagai salah satu bahan untuk membuat kandang bebek petelur sederhana. Meskipun waring tidak sekuat bambu, namun bahan tersebut terbilang cukup efektif dalam melindungi bebek petelur dari bahaya hewan pemangsa.

3. Kandang Dinding Tembok

Kandang Dinding Tembok

Kemudian model atau contoh kandang bebek petelur sederhana selanjutnya sebenarnya membutuhkan anggaran biaya cukup besar dalam pembuatannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya untuk membuat dinding tembok, maka dibutuhkan adanya pondasi bangunan.

Meskipun demikian, pembuatan kandang bebek petelur dari dinding tembok tergolong cukup aman dan bagus. Dimana dinding tembok nantinya dapat melindungi bebek petelur dari serangan binatang seperti ular, biawak dan paling penting bisa terhindar dari pencuri.

4. Kandang Atap Seng

Kandang Atap Seng

Di dalam proses pembuatan kandang bebek petelur sederhana, tentunya kalian juga harus memperhatikan jenis atapnya. Apabila kalian memutuskan untuk menggunakan bahan murah namun berkualitas, saran kami sebaiknya gunakanlah atap seng atau asbes.

Kalian bisa menggunakan atap seng atau asbes bekas dalam pembuatan kandang bebek petelur. Bahan material tersebut pastinya dijual dengan harga terjangkau sehingga bisa menghemat biaya pembuatan kandang. Namun, pastikan kembali bahwa atap seng tersebut dalam kondisi tidak bocor.

5. Kandang Atap Genteng

Kandang Bebek Petelur Atap Genteng
Advertisements

Contoh kandang bebek petelur sederhana terakhir yaitu menggunakan atap dari genteng tanah liat. Seperti halnya pada poin sebelumnya, sebenarnya kalian bisa lebih menghemat anggaran biaya pembuatan kandang bebek petelur dengan cara memanfaatkan genteng bekas.

Pada bagian pagar kandang bebek petelur, kalian bisa menggunakan bambu atau waring untuk melindunginya dari ancaman hewan pemangsa. Akan tetapi, pastikan kembali bahwa genteng bekas tersebut masih dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar beberapa contoh kandang bebek petelur sederhana dengan modal sedikit untuk 50 sampai 100 ekor. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memulai bisnis ternak bebek petelur bagi para pemula.

Sumber gambar : rumahmesin.com, shopee.co.id, youtube.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.