Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Modal Ternak Puyuh Petelur 500 Ekor

Modal Ternak Puyuh Petelur 500 Ekor

Modal Ternak Puyuh Petelur 500 Ekor – Sebenarnya, usaha ternak atau pun budidaya burung juga cukup menjanjikan. Salah satu jenis burung yang bisa dijadikan sebagai ladang usaha yaitu puyuh petelur.

Karena, sejak usia 45 hari sudah bisa menghasilkan telur, setiap hari bertelur satu butir. Coba bayangkan apabila menghasilkan telur hingga usianya kurang lebih selama 18 bulan atau 1,5 tahun.

Dapat dipastikan usaha puyuh itu tidak sekecil telurnya, tapi akan lebih besar dengan memperoleh gaji setiap hari. Dengan modal ternak minim, akan mendapatkan keuntungan yang datang setiap harinya.

Bahkan peternak akan tetap mendapatkan gaji harian, meski kalian hanya memeliharanya selama 4 jam. Nah, jika kalian berminat untuk beternak, maka kalian memerlukan ilmunya terlebih dahulu.

Modal Ternak Puyuh Petelur 500 Ekor

Menangkarkan puyuh memang sudah menjadi tren beberapa tahun belakangan, bahkan hingga saat ini. Namun, tidak sedikit peternak yang mengalami kegagalan, dikarenakan minimnya pengetahuan serta beberapa faktor lain.

Jadi, indukan dan pakan merupakann modal paling berpengaruh menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam usaha budidaya jenis tersebut. Untuk mendapatkan keuntungan serta terhindar dari kegagalan, silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

Modal Ternak Puyuh Petelur

Modal Biaya Ternak Burung Puyuh Petelur

Jika kalian ingin beternak dengan modal 500 ekor, maka kalian membutuhkan budget sebesar Rp 8.000.000. Jumlah modal tersebut sudah termasuk untuk pembelian 500 ekor, 3 kandang, serta tempat makan dan minum selama 1 bulan.

Untuk memudahkan kalian dalam menghitung beberapa modal sebenarnya dalam usaha budidaya dengan jumlah indukan 500 ekor. Silahkan kalian bisa simak tebel berikut ini.

Biaya Tetap

Modal tetap adalah salah satu anggaran yang harus disediakan oleh kalian selama masa beternak. Jadi, sebisa mungkin kalian tidak menggunakan modal tetap tersebut, agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

KebutuhanModal
Bahan + pembuatan kandang ternakRp 2.000.000
Indukan berjumlah 500 ekor x @7000Rp 3.500.000

Biaya Variabel

Kemudian, terdapat pula modal variabel untuk kelangsungan produktivitas, yaitu meliputi anggaran pakan serta obat atau vitamin untuk meminimalisir kebangkrutan.

KebutuhanModal
Pakan ternakRp 1.000.000
Obat dan vitaminRp 500.000
TotalRp 7.000.000

Biaya Tak Terduga

Kalian juga harus memperhatikan modal pengeluaran tidak terduga. Untuk menghitung jumlah biaya tak terduga ini bisa memotong sekitar 10% dari total penghasilan keselutruhan.

Biaya Pengeluaran

Sedangkan untuk modal pengeluaran ini biasanya juga dibutuhkan perhitungan matang. Hasil pendapatan indukan sekitar 500 ekor ini kira-kira bisa mencapai Rp 7.700.000.

Bibit Puyuh Peterlur

Bibit Puyuh Petelur

Apabila anggaran tersebut sudah tersedia, maka langsung saja membeli bibit petelur. Kalian bisa memilih modal atau calon indukan atau bibit berkualitas, tidak memiliki riwayat sakit, mudah terserang virus dan lain sebagainya.

Tujuan pemilihan bibit petelur sendiri untuk meminimalisir faktor kegagalan seperti yang sudah saya terangkan diatas. Bibit petelur merupakan faktor terpenting yang perlu diutamakan peternak.

Selain itu, CARA TERNAK PUYUH selanjutnya yaitu terkait dengan menentukan usia serta jenis kelamin bibit petelur per-ekor. Jadi, cara ini harus melakukan sebaik mungkin dalam pemilihan bibit unggul.

Kandang Ternak

Kandang Ternak

Kemudian, mempersiapkan kandang bertujuan untuk tempat bertelur setiap harinya. Peternak juga akan merasa lebih mudah saat mengambil telur.

Ukuran Kandang Ternak

Ukuran Kandang Ternak

Tentukan pula ukuran kandang, sekiranya bisa menampung sekitar 500 ekor. Biasanya peternak membuat kandang berukuran sekitar tinggi 40 cm, panjang 100 cm dan lebar 50 cm.

Buat kandang senyaman mungkin, berguna untuk meningkatkan produktivitasnya. Serta tidak lupa untuk memasukan bibit secukupnya, jangan terlalu padat atau sekitar 50 ekor.

Bahan Kandang Ternak

Bahan Kandang Ternak

Untuk pembuatannya lebih baik berbahan dasar atau modal dalam bentuk kayu atau baja ringan, agar dapat menjaga kestabilan suhu antara 20 hingga 25 derajat celcius.

Sehingga, dapat dipastikan indukan akan tetap sehat, meskipun suhu diluar kandang sedang tidak baik. Apalagi seperti sekarang ini dengan cuaca tidak menentu.

Sediakan Penerangan

Sediakan Penerangan

Penerangan juga modal yang diperlukan supaya menjaga kehangatan bibit di dalam kandang penangkaran. Silahkan bisa menggunakan lampu bertenaga 60 watt, untuk pagi dan malam hari.

Selain berguna sebagai penerangan, lampu 60 watt tersebut memiliki kegunaan lainnya yaitu menyetabilkan suhu di dalam kandang ternak.

Pakan dan Minum

Pakan dan Minum

Jenis MAKANAN PUYUH petelur sendiri yaitu dapat dibagi menjadi dua bentuk yaitu seperti tepung dan juga pelet. Pemberian pakan tersebut berguna untuk memenuhi nutrisi tambahan.

Modal selanjutnya yaitu suplemen menjadi penunjang produktivitasnya. Disarankan untuk melakukan pemberian suplemen organik yang tidak memiliki dampak buruk. Terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu cukup panjang.

Jumlah pemberian pakan yaitu disesuaikan berdasarkan jumlah aman, supaya tidak kekurangan asupan pakan, sesuaikan pula dengan berat badannya.

Waktu pemberian dalam sehari dapat dilakukan selama dua kali, yaitu pagi dan sore hari. Namun, ketersediaan air minum harus selalu ada, supaya kebutuhkan cairan induk peterlur dapat terpenuhi.

Keuntungan Ternak Puyuh Petelur

Keuntungan Ternak Puyuh Petelur

Setelah mengetahui bagaimana cara budidaya serta modal yang harus dikeluarkan pada jumlah bibit sekitar 500 ekor, maka akan mendapatkan keuntungan bersih yaitu sebesar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 rupiah perhari.

Dengan menyediakan bibit atau indukan dengan jumlah modal 500 ekor harus mengeluarkan modal biaya lebih besar. Terutama terletak pada modal kandang dan pakan selama belum bisa bertelur.

Setelah bisa memproduksi telur, maka ia bisa menanggung sendiri biaya pakannya. Bagi senior yang sudah lama bergelut dengan dunia ternak puyuh petelur pastinya mempercayai bahwa modal akan kembali setelah beberapa bulan selanjutnya.

Kesimpulan

Jadi, jumlah keuntungan bersih yaitu seperti semua pendapatan kotor dikurangi modal variabel, itulah penghasilan bersih yang didapatkan. Sebagai contoh :

Rp 3.825.000, – Rp 1.500.000,- = Rp 2.325.000,-

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai modal ternak puyuh petelur 500 ekor. Lengkap beserta semua rincian biaya dan keuntungan bersih dari usaha beternak. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *