Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Beternak Kenari

Cara Beternak Kenari

Cara Beternak Kenari – Kebanyakan sobat kicau pecinta burung Kenari pastinya memiliki penangkaran sendiri. Mereka meluangkan sedikit waktunya untuk beternak, disela-sela melombakan burung Kenari.

Mengapa kebanyakan orang lebih suka ternak burung kenari? Karena, ternak burung Kenari ini memang bisa dilakukan dengan mudah, serta bisa dilakukan dengan modal yang sedikit.

Ada yang menggunakan sistem koloni, atau mengawinkan banyak burung dalam sebuah kandang berukuran besar. Dengan cara ini maka peternak bisa mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu, ada juga cara beternak dengan sistem poligami, yaitu dengan menyiapkan satu pejantan dan banyak betina. Sehingga, pejantan bisa mengawini beberapa betina dalam sekali proses beternak.

Cara Beternak Kenari

Beterna burung kicauan saat ini memang bisa dibilang sangat menjanjikan. Namun, dengan alasan kalian melakukan dengan cara yang baik dan benar.

Cara Beternak Kenari Mudah Untuk Pemula

Cara Beternak Kenari Mudah Untuk Pemula

Untuk pemula atau baru belajar beternak pastinya memerlukan beberapa tips dan cara yang baik. Maka dari itu, kalian bisa simak beberapa metode atau cara beternak Kenari yaitu seperti berikut ini.

Ternak Sistem Koloni

Cara Ternak Koloni

Cara beternak Kenari, langkah pertama dapat kalian lakukan ini adalah menggunakan sistem koloni. Beberapa hal yang bisa kalian simak untuk melakukan cara beternak dengan menggunakan sistem koloni diantaranya :

Menyiapkan Kandang

Langkah awal yang bisa kalian lakukan adalah dengan menyiapkan kandang terlebih dahulu. Buatlah kandang yang sesuai kapasitas burung Kenari yang akan kalian ternakan. Biasanya, jika akan melakukan sistem ini maka akan membutuhkan kandang dengan ukuran yang cukup luas. Setidaknya dengan ukuran 10 x 10 x 8 m, berbentuk seperti persegi panjang.

Buatlah kondisi di dalam kandang senyaman mungkin, atau bisa juga membuat situasi yang mirip dengan habitat aslinya di alam liar. Dengan hal tersebut maka burung Kenari akan lebih mudah untuk burung melakukan kembangbiak.

Kalian juga harus membuat kandang koloni yang memungkinkan burung bisamenerima sinar matahari secara langsung. Hal tersebut bertujuan agar burung tetap sehat dan tidak mengalami kegemukan atau obesitas. Karena, sinar matahari ini memiliki peran penting dalam cara beternak Kenari.

Pilih Indukan

Kemudian, kalian bisa mulai memilih calon indukan jantan yang sudah siap untuk dikawinkan. Selain itu, kalian jugua harus memilih burung sehat, berkualitas, dan memiliki warna bulu cantik. Sama saja dengan burung Kenari betina, pilih burung yang sudah siap kawin. Dengan kondisi tubuh sehat, tidak cacat, dan sudah siap kawin.

Pemberian Pakan

Pakan adalah kebutuhan pokok yang harus diperhatikan dalam beternak burung Kenari. Jenis pakan berkualitas ini berguna untuk meningkatkan produktifitas burung Kenari. Sehingga, burung bisa melakukan perkawinan dengan baik, serta dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Pemberian Vaksin atau Mulitivitamin

Jika kalian masih merasa kebingungan karena ternak yang kalian lakukan kurang memuaskan? Kalian bisa coba dengan memberikan vaksin atau mutivitamin, agar burung dapat bereproduksi dengan baik. Kemudian, dengan hal tersebut, maka akan membuat indukan mengeluarkan telur yang berkualitas.

Kelebihan Ternak Sitem Koloni

Kelebihan

Dengan melakukan ternak BURUNG KENARI dengan sistem koloni ini pastinya akan mendapatkan hasil maksimal. Berikut ini adalah kelebihan atau keunggulan dari cara ternak sistem koloni.

  1. Ternak sistem koloni lebih praktis, karena kalian tidak perlu menjemur kenari di setiap pagi hari.
  2. Dengan menggunakan metode ini, pastinya akan menghemat waktu pemberian pakan. Karena, pemberian ini bisa dilakukan satu kali saja pada satu kandang ternak.
  3. Tidak perlu repot mencarikan jodoh. Karena, burung akan memilih jodohnya sendiri.
  4. Burung menjadi lebih sehat dan lincah, serta terbang lebih leluasa di dalam kandang koloni tersebut.

Kekurangan Ternak Sistem Koloni

Kekurangan

Setiap kelebihan pastinya terdapat kekurangan. Ternak menggunakan sitem koloni ini juga memiliki kekurangan tersendiri, diantaranya adalah :

  1. Kenari jantan akan lebih mudah lelah, karena mengawini beberapa betina sekaligus.
  2. Berseiko akan bertarung, sebab semuanya dapat saling berinteraksi dalam 1 kandang.
  3. Lebih berpotensi terganggu saat berproduksi.
  4. Jika salah satu burung mengalami sakit, maka akan mudah menularkan virus ke burung sehat lainnya,
  5. Sulitnya mengontrol satu burung, seperti burung yang akan bertelur ataupun akan mengalami mabung.

Itulah beberapa cara beternak burung Kenari. Dari berbagai cara di atas pastinya akan mendapatkan hasil yang berlipat ganda, apalagi menggunakan sistem poligami. Hanya dengan menyiapkan satu pejantan tangguh dan dikawinkan dengan beberapa betina siap kawin lainnya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan mengenai beberapa halh mengenai cara beternak Kenari. Seperti menggunakan sistem koloni, agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *