Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

3 Obat Giring Merpati Tradisional (Cara Meracik & Pemberian)

Obat Giring Merpati Tradisional

Obat Giring Merpati Tradisional – Merpati yang siap diadu atau dilombakan ialah burung yang sudah giring keras dengan pasangannya. Pada dasarnya, untuk membuat Merpati giring ataupun keker keras dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, baik itu dari segi perawatan, pelatihan hingga pemberian pakannya.

Berbicara mengenai cara menggiringkan merpati menggunakan pakan, tentunya kalian bisa memanfaatkan suplemen obat berupa jamu tradisional di lingkungan sekitar. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya beberapa bahan alami tradisional tersebut memiliki kandungan atau khasiat yang cukup bermanfaat bagi burung Merpati.

Meskipun demikian, masih ada saja sebagian penghobi burung Merpati di luar sana yang belum mengetahui bagaimana cara meracik obat atau jamu tradisional tersebut. Bahkan sebagian besar orang yang masih tergolong pemula, mereka tidak mengetahui apa saja jenis bahan-bahan alami sebagai obat giring Merpati tersebut.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa jenis obat giring Merpati tradisional yang bisa didapatkan dari lingkungan sekitar. Selain itu, di bawah ini juga akan kami berikan bagaimana tata cara meracik obat atau jamu tradisional supaya Merpati bisa lebih giring keras dengan pasangannya.

Faktor Penyebab Merpati Giring Keras

Faktor Penyebab Merpati Giring Keras

Sebelum pembahasan utama mengenai daftar obat giring Merpati tradisional, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu faktor penyebab burung jenis tersebut giring keras dengan pasangannya. Adapun beberapa faktor utama penyebab Merpati giring keras tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Karakter Burung Merpati

Menurut beberapa penghobi berpengalaman, karakter dari burung Merpati sebenarnya sangat berpengaruh terhadap faktor giring keras. Dimana karakter Merpati sendiri biasanya didapatkan dari trah ataupun keturunan para induknya. Maka dari itu, jika Merpati memiliki trah yang keras, maka besar kemungkinan keturunannya memiliki karakter yang mirip.

2. Cara Perawatan Merpati

Selanjutnya tata cara perawatan juga mempengaruhi faktor giring keras burung Merpati. Usahakan untuk melakukan perawatan Merpati secara rutin seperti menyediakan kandang bersih, pakan bermutu serta tambahan suplemen guna menjaga stamina dan kesehatannya.

3. Durasi Latihan Burung

Faktor selanjutnya yaitu mengenai sesi latihan burung Merpati. Dengan melakukan latihan secara teratur dan berkelanjutan, maka karakter Merpati bisa keluar secara optimal sehingga semua potensi dapat dimaksimalkan, termasuk giring keras dengan pasangan.

4. Obat Tradisional

Seperti dijelaskan sebelumnya, suplemen seperti tambahan seperti vitamin, obat ataupun jamu juga bisa mempengaruhi tingkat giring Merpati. Dimana kalian dapat memanfaatkan bahan-bahan obat herbal tradisional untuk tetap menjaga stamina serta kesehatan burung Merpati.

Obat Giring Merpati Tradisional

Setelah mengetahui apa saja faktor pengaruh tingkat giring Merpati, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja jenis-jenis bahan alami yang dimanfaatkan sebagai obat atau jamu giring keras. Sebagaimana diketahui, bahan alami sendiri memiliki khasiat atau kandungan sangat tinggi terhadap kesehatan burung.

Di sisi lain, harganya murah dan tata cara mendapatkannya yang mudah juga menjadi keuntungan tersendiri bagi para penghobi Merpati. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik daftar obat giring Merpati tradisional di bawah ini.

1. Kuncup Daun Sirih

Kuncup Daun Sirih

Obat giring Merpati tradisional pertama yang bisa dimanfaatkan yaitu bunga atau kuncup daun sirih. Silahkan petik kuncup daun sirih berbentuk seperti tangkai dengan warna hijau agak sedikit kekuningan di lingkungan sekitar.

Sebelum diberikan ke Merpati, pastikan daun sirih dalam keadaan bersih. Tata cara pemberiannya yaitu patahkan bunga menjadi kecil-kecil, kemudian lolohkan secara langsung ke paruh Merpati. Jika terasa sulit, kalian bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan burung Merpatinya.

2. Merica

Merica

Selanjutnya yaitu ada Merica sebagai obat giring Merpati dari bahan alami. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab merica sendiri memiliki khasiat atau manfaat meningkatkan birahi sehingga bisa digunakan untuk MENGGIRINGKAN BURUNG MERPATI.

Siapkan 2 sampai 3 butir merica dalam keadaan kering. Lalu lolohkan merica tersebut ke arah paruh Merpati secara urutan. Kalian bisa memberikan merica secara rutin kepada burung Merpati minimal 1 minggu sekali.

3. Ketumbar

Ketumbar 1

Obat giring Merpati tradisional terakhir yaitu biji ketumbar. Sama seperti merica, MANFAAT KETUMBAR UNTUK MERPATI yaitu bisa meningkatkan birahi sehingga kerap digunakan untuk menggiringkan Merpati dengan pasangannya.

Di sisi lain, biji ketumbar juga memiliki khasiat atau kandungan untuk menjaga agar metabolisme tubuh Merpati tetap terjaga dengan baik. Sementara untuk tata cara pemberiannya sendiri hampir sama seperti merica, lolohkan 2 atau tiga butir ke arah paruhnya.

Cara Membuat Racikan Obat Merpati Tradisional

Cara Membuat Racikan Obat Merpati Tradisional

Di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa jenis obat giring Merpati tradisional dari bahan-bahan alami di lingkungan sekitar. Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan supaya Merpati cepat giring dengan memanfaatkan bahan alami tradisional tersebut.

Kalian bisa memanfaatkan bahan-bahan seperti kuning telur, madu murni, temulawak ataupun kunyit untuk membuat sebuah jamu. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tata cara membuat racikan obat Merpati balap tradisional.

  1. Siapkan kuning telur, madu murni, temulawak serta kunyit.
  2. Kemudian campurkan bahan-bahan tradisional tersebut hingga rata dan kental.
  3. Setelah itu, jemur adonan di bawah sinar matahari sampai setengah kering.
  4. Lalu plintir adonan setengah kering tersebut menjadi butiran pil kecil.
  5. Jika sudah, jemur kembali sampai pil adonan benar-benar kering.
  6. Silahkan berikan jamu atau obat tradisional untuk Merpati sekitar 2 hingga 3 butir setiap malamnya.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya di lingkungan sekitar masih ada bahan-bahan alami tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk membuat jamu atau obat agar Merpati giring keras. Bahkan tata cara peracikan atau pemberiannya juga terbilang mudah sehingga pemula pun bisa melakukannya.

Itulah sekiranya informasi dari Birdsny.com seputar jenis-jenis obat giring Merpati tradisional dilengkapi dengan cara peracikan hingga pemberiannya. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat burung Merpati giring keras.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Obat Burung Lovebird Sakit

Hidayat
4 min read

Obat Burung Dara

Hidayat
4 min read

Obat Katarak Burung

Hidayat
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *