Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

3 Cara Menggiringkan Merpati dengan Merica (Pemberian & Pelatihan)

Cara Menggiringkan Merpati dengan Merica

Cara Menggiringkan Merpati dengan Merica – Sebelum burung Merpati mengikuti perlombaan, terdapat beberapa latihan yang akan dilakukan oleh pemiliknya. Salah satu latihan yang penting untuk dilakukan yaitu dengan menjinakkan atau menggiringkan Merpati dengan pasangannya.

Seperti diketahui, sebenarnya masa giring burung Merpati dapat diatur sesuai keinginan pemiliknya. Dimana cara mengatur masa giring Merpati tersebut bisa dilakukan melalui berbagai macam metode, entah itu menggunakan pelatihan khusus ataupun menggunakan bahan-bahan alami seperti merica.

Bagi yang sudah berpengalaman, mungkin menggiringkan burung Merpati dengan menggunakan bahan alami sudah menjadi hal biasa. Akan tetapi, bagi para pemula pemanfaatan bahan-bahan alami seperti merica sebagai jamu bisa menjadi hal sangat menarik untuk dipelajari.

Namun sayangnya, tidak semua orang mengerti bagaimana cara melatih Merpati supaya giring keras dengan memanfaatkan merica. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tata cara menggiringkan Merpati dengan merica, baik itu yang sudah jodoh ataupun belum jodoh.

Manfaat Merica Untuk Merpati

Manfaat Merica Untuk Merpati

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menggiringkan Merpati dengan merica lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Mungkin khasiat bahan-bahan alami seperti merica tidak akan jauh berbeda seperti MANFAAT GULA MERAH BAGI MERPATI.

Sebagaimana diketahui, merica sendiri di kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk menghangatkan tubuh manusia. Hal itu juga sebenarnya berlaku untuk berbagai macam jenis burung, salah satunya Merpati. Selain itu, berikut adalah manfaat merica lainnya untuk Merpati.

  • Menghangatkan tubuh.
  • Peredaran darah menjadi lancar.
  • Membuat Merpati menjadi lebih rajin.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
  • Meningkatkan birahi Merpati.

Cara Menggiringkan Merpati dengan Merica

Perlu diingat, pada dasarnya pemanfaatan merica untuk menggiringkan burung Merpati ini berlaku baik itu yang sudah jodoh ataupun belum jodoh. Jika kalian masih bingung bagaimana CARA MENJODOHKAN MERPATI, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tahapan-tahapannya.

Sementara untuk cara menggiringkan Merpati dengan pasangan menggunakan merica sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Karena pemilik hanya perlu memberikan beberapa butir merica ke Merpati secara langsung. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tata cara menggiringkan burung Merpati dengan memanfaatkan merica.

1. Siapkan 3 Butir Merica

Siapkan 3 Butir Merica

Cara menggiringkan Merpati dengan merica pertama yaitu mempersiapkan 2 sampai 3 butir merica. Sebelum melanjutkannya, pastikan bahwa merica tersebut sudah dalam keadaan kering.

2. Berikan Merica ke Merpati

Berikan Merica ke Merpati

Langkah selanjutnya yaitu tinggal memberikan merica ke burung Merpati. Kalian bisa memberikannya dengan cara melolohkan 3 butir merica ke arah paruh Merpati secara perlahan. Alasan mengapa hanya memberikan merica 3 butir saja yaitu supaya tidak menimbulkan efek terlalu panas.

3. Simpan Merpati di Dalam Kandang

Simpan Merpati di Dalam Kandang

Setelah pemilik berhasil memberikan merica, sebaiknya simpan merpati di kandang gelap tertutup (besek) sampai sore hari. Penyimpanan ini bertujuan supaya Merpati bisa menjalin hubungan dengan pasangan sehingga bisa lebih giring keras di keesokan harinya.

Tips Melatih Merpati Agar Cepat Giring

Tips Melatih Merpati Agar Cepat Giring

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mengggiringkan Merpati dengan merica, baik itu sudah berjodoh ataupun belum. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dan trik melatih Merpati supaya cepat giring dengan pasangannya. Adapun tips-tips tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Pertama-tama, cabut telur Merpati.
  2. Kemudian umbar burung Merpati seharian supaya mereka tidak merasa kehilangan karena telurnya sudah diambil.
  3. Keesokan harinya, mandikan Merpati jantan dan betina sampai basah kuyup. Manfaat memandikan pasangan Merpati ini yaitu supaya birahinya stabil dan cepat giring.
  4. Setelah itu, jemur Merpati sampai semua bulunya kering.
  5. Terakhir, masukkan Merpati ke kandang serta beri makan dan minum seperti biasa.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa merica sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kondisi kesehatan burung Merpati, terutama untuk meningkatkan birahi. Dengan meningkatnya birahi, maka bisa dipastikan bahwa nantinya sepasang Merpati akan lebih giring keras.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara menggiringkan Merpati dengan merica, baik itu yang sudah jodoh ataupun belum. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran ketika hendak menggiringkan sepasang Merpati.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *