Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Ketumbar Untuk Merpati (Cara & Waktu Pemberian)

Manfaat Ketumbar Untuk Merpati

Manfaat Ketumbar Untuk Merpati – Sebagaimana diketahui, saat ini di pasaran memang sudah tersedia cukup banyak vitamin atau obat buatan yang digunakan sebagai jamu untuk burung Merpati. Dimana beberapa vitamin tersebut dimanfaatkan agar performa Merpati bisa lebih maksimal dalam perlombaan.

Akan tetapi, terdapat beberapa orang mengklaim bahwa beberapa vitamin tersebut dapat menimbulkan efek samping kepada Merpati. Oleh sebab itu, tak jarang pula beberapa penghobi Merpati enggan menggunakan vitamin buatan, bahkan ada yang lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami.

Berbicara mengenai jamu sebagai vitamin burung Merpati, ketumbar mungkin menjadi salah satu bahan alami yang memiliki kandungan atau khasiat cukup tinggi. Hal ini bisa dibuktikan dari pengalaman beberapa orang yang memberikan ketumbar untuk Merpati supaya kekebalan tubuhnya lebih terjaga.

Sama seperti halnya KHASIAT GULA MERAH UNTUK MERPATI, ketumbar juga sebenarnya memiliki cukup banyak manfaat jika tata cara pemberiannya dilakukan sesuai prosedur. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat ketumbar untuk Merpati dilengkapi tata cara pemberiannya.

Manfaat Ketumbar Untuk Merpati

Salah satu alasan mengapa burung Merpati kerap diberikan vitamin atau jamu yaitu supaya performanya bisa lebih maksimal jika hendak mengikuti perlombaan. Di sisi lain, pemberian vitamin seperti ketumbar ini juga diperlukan guna menjaga daya tahan tubuh Merpati supaya tetap bugar dan sehat.

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketumbar pada dasarnya memiliki segudang kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk burung Merpati. Agar lebih jelasnya, berikut adalah manfaat ketumbar untuk Merpati, baik itu Merpati jantan ataupun betina.

1. Meningkatkan Stamina Merpati

Manfaat Ketumbar Meningkatkan Stamina Merpati

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam ketumbar yaitu zat besinya tergolong sangat tinggi. Dimana zat besi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan stamina burung merpati. Jadi, pemberian ketumbar cukup penting untuk dilakukan ketika Merpati hendak mengikuti perlombaan.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat ketumbar untuk Merpati selanjutnya yaitu bisa menjadi ramuan atau jamu ketika hendak membuat peredaran darahnya menjadi lebih lancar. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh, pastinya akan membuat Merpati menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan Birahi

Meningkatkan Birahi

Ketumbar juga memiliki manfaat untuk meningkatkan birahi Merpati seperti halnya merica. Birahi sendiri ialah keadaan dimana kesiapan fisik untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Oleh sebab itu, beberapa orang kerap MENGGIRINGKAN MERPATI DENGAN MERICA ataupun ketumbar karena mampu meningkatkan birahi.

4. Menghangatkan Tubuh Merpati

Menghangatkan Tubuh Merpati

Berbicara mengenai makhluk hidup, burung Merpati juga pastinya merasakan rasa panas serta dingin layaknya manusia. Maka dari itu, biji ketumbar bisa dimanfaatkan menjadi salah satu alternatif untuk menghangatkan tubuh Merpati, terutama pada musim dingin atau penghujan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat ketumbar lainnya untuk kesehatan burung Merpati yaitu mampu mengatasi serta memperkuat daya tahan tubuh. Jadi, pemberian biji ketumbar pada burung Merpati ini bisa membuatnya menjadi lebih sehat dan bertahan hidup lebih lama.

6. Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Perlu kalian ketahui, menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh menjadi hal yang sangat penting ketika memelihara burung Merpati. Oleh sebab itu, kalian bisa memberikan biji ketumbar untuk Merpati supaya dapat memperbaiki serta menjaga kestabilan metabolisme tubuhnya sehingga tidak mudah terserang penyakit.

7. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Menurut sebuah penelitian para ahli di laboratorium, ekstrak biji ketumbar mampu menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh Merpati. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ketumbar sendiri memiliki sifat antibakteri alami yang mampu mencegah bakteri-bakteri jahat berkembang di makanan.

8. Membuat Merpati Menjadi Lebih Rajin

Membuat Merpati Menjadi Lebih Rajin

Manfaat biji ketumbar terakhir untuk Merpati yaitu membuatnya bisa menjadi lebih rajin. Sebab, ada kalanya burung menjadi malas sehingga mereka tidak maksimal saat mengikuti sebuah perlombaan. Oleh karena itu, pemberian ketumbar juga dapat menjadi salah satu CARA AGAR MERPATI TURUN KENCENG saat sedang mengikuti perlombaan.

Cara Pemberian Ketumbar Untuk Merpati

Cara Pemberian Ketumbar Untuk Merpati

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja khasiat ataupun manfaat biji ketumbar untuk burung Merpati. Selanjutnya kalian juga sebenarnya harus mengerti bagaimana cara yang benar dalam memberikan ketumbar untuk Merpati, baik itu Merpati jantan ataupun betina.

Pertama-tama, kalian perlu mempersiapkan 2 sampai 3 butir biji ketumbar dalam keadaan kering. Setelah semuanya sudah siap, silahkan berikan biji ketumbar tersebut kepada Merpati dengan cara memasukkannya ke dalam paruh. Lakukan cara tersebut secara perlahan-lahan.

Setelah semua biji ketumbar sudah dimakan, silahkan simpan burung Merpati ke dalam kandang gelap tertutup sampai sore hari. Penyimpanan Merpati di dalam kandang gelap ini bertujuan supaya mereka bisa beristirahat dengan tenang.

Kalian bisa memberikan ketumbar kepada burung Merpati tersebut minimal 1 sampai 2 kali seminggu. Namun, perlu diingat bahwa pemberian biji ketumbar tidak melebihi dari 3 butir. Pasalnya jika pemberian berlebihan, maka dapat menimbulkan efek panas kepada Merpati.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya ketumbar memiliki banyak khasiat atau manfaat bagi kesehatan Merpati. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi penghobi Merpati balap untuk memberikan ketumbar secara rutin supaya kesehatannya tetap terjaga.

Demikian penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat ketumbar untuk Merpati dilengkapi dengan cara pemberian hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan biji ketumbar untuk Merpati.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *