Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Menjodohkan Merpati

cara menjodohkan merpati

Cara Menjodohkan Merpati – Seperti kita ketahui bahwa merpati merupakan salah satu hobi yang dari dulu sudah banyak peminatnya hingga saat ini. Walaupun hobi merpati membutuhkan tenaga serta pengeluaran lumayan banyak, namun semua itu bukanlah halangan bagi penghobi lainnya.

Mereka berlomba-lomba untuk melatih merpati kesayangannya hingga menjadi sebuah player. Harga merpati juga bervariasi tergantung dengan karakter terbang serta kestabilan kolong saat diterbangkan. Oleh karena itu kamu bisa memilih mana merpati yang akan memiliki karakter stabil kolong nantinya melalui CIRI MERPATI STABIL KOLONG.

Perlu kamu ketahui bermain merpati itu mengandalkan betina merpati agar pejantan mau turun saat sedang terbang. Oleh karena itu setiap merpati harus memiliki jodoh agar dapat dimainkan. Jadi jika merpati milikmu belum dijodohkan maka tidak bisa untuk dimainkan.

Untuk menjodohkan merpati sebenarnya sangatlah mudah dan praktis. Namun masih ada sebagian orang awam yang belum memahami bagaimana cara untuk menjodohkan merpati. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit ilmu kepada kamu semua mengenai cara cara untuk jodohkan merpati secara mudah.

Cara Menjodohkan Merpati

Untuk proses menjodohkan merpati itu umumnya hanya memerlukan waktu selama 3 hingga 7 hari saja. Namun ada beberapa merpati memang susah untuk dijodohkan hingga memerlukan waktu cukup lama dan bahkan ada yang sama sekali tidak mau untuk dijodohkan. Selain itu kamu juga harus memperhatikan pejantan merpati apakah mau dijodohkan dengan betina tersebut. Jika pejantan tersebut mau, maka kamu hanya perlu melakukan cara cara dibawah ini.

1. Menjemur Merpati Secara Terpisah

Menjemur Merpati Secara Terpisah

Proses menjodohkan merpati pertama yaitu jemurlah kedua merpati secara terpisah dan bersebelahan. Ini bertujuan agar kedua merpati bisa saling mengenal agar saat disatukan tidak galak. Lakukan tahap ini selama 1 hari saja.

2. Memandikan Kedua Merpati

Memandikan Kedua Merpati

Cara menjodohkan merpatig kedua yaitu memandikan kedua burung merpati hingga basah kuyup. Kamu bisa melakukan hal ini di hari kedua setelah proses pengenalan. Memandikan merpati bertujuan agar keduanya bisa melupakan pasangan yang dulu dan bisa fokus kepada pasangan saat ini.

3. Menjemur Merpati Secara Bersamaan

Menjemur Merpati Secara Bersamaan

Setelah keduanya dimandikan, selanjutnya jemur keduanya agar cepat kering. Hal ini bertujuan agar kedua merpati bisa saling berinteraksi. Namun pada proses ini kamu harus terus mengamati penjantan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan sehingga membuat betina menjadi tidak mau kawin.

4. Masukkan Merpati Kedalam Kandang

Masukkan Merpati Kedalam Kandang

Proses menjodohkan selanjutnya yaitu memasukkan kedua burung dara kedalam kandang. Usahakan kandang yang kamu gunakan memiliki ukuran besar dan didalamnya terdapat box kecil untuk rumahnya agar merpati lebih leluasa. Pada proses ini, merpati akan melakukan perkawinan didalam kandang.

Tips Menjodohkan Merpati

Setelah mengetahui cara cara untuk menjodohkan merpati, selanjutnya kami juga akan memberikan tips kepada kamu semua agar dapat menjodohkan merpati supaya lebih mudah. Tips untuk menjodohkan merpati yaitu

1. Pastikan Merpati Sudah Birahi

Pastikan Merpati Sudah Birahi

Jika merpati sudah birahi, maka otomatis pada saat menjodohkan akan sangat mudah dan cepat. Tanda merpati jantan sudah birahi yaitu akan mengeluarkan suara sembari menggembungkan seluruh bulunya. Sedangkan merpati betina yaitu akan menganggukkan kepalanya saat pejantan bersuara.

2. Pilih Betina Yang Sudah Dewasa

Pilih Betina Yang Sudah Dewasa

Tips kedua yaitu gunakan betina sudah dewasa atau sudah rampas. Tips ini bertujuan agar nantinya betina bisa bertelur secara rutin. Sebab betina yang masih muda biasanya akan tidak teratur untuk bertelur sehingga mempengaruhi kinerja dari merpati jantan.

3. Pilih Betina Berwarna Cerah

Pilih Betina Berwarna Cerah

Sebaiknya gunakan betina yang memiliki warna cerah atau unik. Hal tersebut bertujuan agar merpati jantan mudah untuk memahami betina serta melihatnya walaupun merpati jantan sedang terbang tinggi. Dengan begitu maka merpati jantan akan turun secara tepat pada betina yang tepat pula.

Kesimpulan

Begitulah cara cara mengenai proses menjodohkan merpati yang dapat Birdsny.com sampaikan. Pada proses menjodohkan, kamu bisa mengulang cara cara diatas selama beberapa hari hingga jodoh dan giring. Memang setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menjodohkan, namun itu hanya berbeda tipis saja dari cara yang kami jelaskan. Sekian informasi dari kami dan selamat untuk mencoba.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *