Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo

Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo

Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo – Cucak ijo merupakan salah satu burung kicau yang pada saat ini sulit ditemukan pada habitatnya. Sebab banyaknya orang yang rela pergi ke dalam hutan hanya untuk menangkap cucak ijo hidup-hidup.

Semua itu dilakukan hanya demi mendapatkan sejumlah uang karena HARGA BURUNG CUCAK IJO yang terbilang cukup mahal. Sesuai namanya, cucak ijo memiliki bulu berwarna hijau di seluruh tubuhnya kecuali pada bagian bawah paruhnya. Untuk cucak ijo jantan akan memiliki bulu berwarna hitam pekat, sedangkan yang betina akan berwarna kuning cerah.

Cucak ijo juga merupakan salah satu burung yang sering meramaikan dalam sebuah perlombaan, terutama pada sebuah event besar. Namun ada banyak perihal perlu diperhatikan pada cucak ijo, salah satunya yaitu birahinya. Karena cucak ijo merupakan makhluk hidup pasti akan memiliki birahi.

Namun sebagian orang masih beranggapan bahwa menurunkan birahi cucak ijo itu sulit. Nah jika memang begitu, maka disini kami akan membantu kamu semua tentang cara cara menurunkan birahi cucak ijo. Langsung saja perhatikan penjelasan kami dibawah ini.

Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo

Cucak ijo merupakan burung yang birahinya cepat naik. Oleh karena itu kamu harus selalu memperhatikan agar birahinya tetap stabil. Karena birahi terlalu tinggi akan membuat cucak ijo malas berbunyi. Cucak ijo dengan birahi tinggi akan ditandai dengan bulunya mengembang dan menjulurkan lidahnya. Jika cucak ijo milikmu memiliki karakter begitu maka birahinya terlalu tinggi dan harus segera diturunkan kembali. Agar dapat menurunkan birahi cucak ijo, kamu bisa melakukan cara cara dibawah ini.

1. Hentikan Pemberian Pisang Untuk Cucak Ijo

Hentikan Pemberian Pisang Untuk Cucak Ijo

Cara menurunkan birahi pertama yaitu jangan berikan pisang untuk cucak ijo. Sebab pisang dipercaya memiliki gizi yang dapat membuat birahi cucak ijo bertambah tinggi. Oleh karena itu jangan berikan pisang selama cucak ijo memiliki birahi tinggi. Untuk penggantinya kamu bisa memberikan buah pepaya untuk makanan sehari-harinya.

2. Mandikan Cucak Ijo Secara Rutin

Mandikan Cucak Ijo Secara Rutin

Selanjutnya yaitu untuk menurunkan birahinya cucak ijo harus sering dimandikan secara rutin. Jika sebelumnya cucak ijo mandi selama 1 minggu 2 kali, maka sekarang kamu harus memandikannya setiap hari pada pagi, sore, dan malam hari. Sebab hal ini bisa meredakan birahi cucak ijo dengan cepat.

3. Jangan Jemur Cucak Ijo Birahi Terlalu Lama

Jangan Jemur Cucak Ijo Birahi Terlalu Lama

Jika normalnya kamu menjemur cucak ijo selama 1 jam, maka sekarang kamu harus menguranginya menjadi 5 sampai 10 menit saja. Sebab cucak ijo over birahi memiliki suhu panas tubuh tinggi dan jika proses jemur cucak ijo terlalu lama maka akan semakin menaikkan birahinya.

4. Lakukan Pengembunan di Pagi Hari

Lakukan Pengembunan di Pagi Hari

Pengembunan merupakan salah satu tahapan yang sangat dianjurkan untuk menurunkan birahi cucak ijo. Sebab embun di pagi hari akan membuat tubuhnya menjadi segar dan menurunkan birahinya secara perlahan. Usahakan kamu melakukan proses ini pada pukul 05.00 hingga 06.00 dan setelah itu angin-anginkan.

5. Jangan Berikan EF Serangga

Jangan Berikan EF Serangga

Saat cucak ijo sedang birahi sebaiknya jangan berikan EF serangga seperti jangkrik, belalang, dan sebagainya. Sebab EF tersebut memiliki kandungan gizi tinggi sehingga akan membuat birahi cucak ijo semakin tinggi. Untuk penggantinya kamu bisa berikan ulat bambu atau cacing tanah yang sudah dipotong hingga birahinya kembali stabil.

6. Lakukan Proses Pengumbaran

Lakukan Proses Pengumbaran

Cara terakhir yaitu lakukan pengumbaran untuk cucak ijo yang memiliki birahi tinggi. Sebab ini akan membantu cucak ijo untuk olahraga dan menurunkan birahinya. Lalukan proses ini pada pagi hari setelah cucak ijo selesai di embun agar badannya masih segar karena udara pagi hari. Kamu juga bisa memandikan cucak ijo pada saat sedang di umbar.

Kesimpulan

Itulah cara cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu menurunkan birahi cucak ijo. Namun kamu harus konsisten dalam merawatnya agar cucak ijo dapat stabil kembali seperti sebelumnya. Namun kamu juga tidak boleh berpatokan kepada satu cara saja. Sebab setiap cucak ijo pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Sekian informasi dari Birdsny.com sampaikan dan selamat mencoba.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Menjodohkan Merpati

Hidayat
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *