Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Burung Murai Batu

Jenis Burung Murai Batu

Jenis Burung Murai Batu – Jika kamu salah satu penghobi burung maka kamu tidak asing dengan burung murai bukan? Yaa burung ini merupakan salah satu burung favorit yang sering dipelihara oleh kalangan penggemar burung kicau.

 Burung murai identik dengan tubuh berwarna oren dan hitam pekat serta bercak putih pada bagian ekornya. Selain itu burung murai batu juga memiliki ekor yang panjang dan bahkan hingga berukuran 30 cm untuk jenis tertentu. Ekornya juga merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki burung murai dan tidak semua jenis burung memiliki ciri keunikan tersebut.

Murai batu juga merupakan salah satu burung kicau yang memiliki harga jual cukup mahal hingga puluhan juta rupiah. Biasanya orang menilai burung murai batu melalui mental yang dimiliki, volume suara, gaya bertarung, dan jenis. Berbicara tentang jenis, burung murai batu sebenarnya memiliki beberapa jenis yang sudah tersebar di Indonesia.

Jika kamu merupakan salah satu orang awam dalam dunia burung murai batu, alangkah baiknya kamu mengetahui macam-macam jenis burung murai batu yang sering dipelihara oleh kicau mania. Nah jika kamu penasaran dengan jenis jenis murai batu, maka simak saja artikel ini hingga selesai.

Jenis Burung Murai Batu

Burung Murai Batu merupakan salah satu burung sulit dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya. Nah salah satu cara untuk membedakan jenisnya berada pada bulu ekor bagian bawah. Pada bulu ekor bagian bawah biasanya memiliki pola warna berbeda. Lalu untuk mengenal jenis-jenis Burung Murai Batu maka dibawah ini adalah beberapa jenis murai batu yang biasa dipelihara oleh pecinta burung.

1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

Burung Murai ini adalah burung khas dari Nusantara berhabitat di daerah pegunungan. Jenis burung murai ini memiliki ekor sangat Panjang hingga 30 cm ketimbang dengan jenis burung murai lainnya dan juga merupakan salah satu burung murai terbaik. Murai Batu Medan merupakan salah satu burung favorit dan sering dipelihara oleh penggemar burung kicau karena ekornya. Burung ini tersebar di Pulau Sumatra dan Kalimantan atau pun di beberapa tempat di Pulau jawa. Biasanya untuk murai ini biasanya memiliki pola ekor berupa ada strip hitam tegas dari pangkal membelah ekor secara horizontal/ kadang juga membentuk huruf U.

2. Murai Batu Nias

Murai Batu Nias

Murai Nias merupakan jenis burung murai batu berasal dari Nias, Sumatra Utara. Sama seperti burung murai lainnya. Jenis murai nias juga memiliki suara lantang dan memiliki kicau yang khas. Hanyalah postur tubuh murai nias lebih kecil dari murai lainnya serta memiliki karakter sulit untuk stabil. Murai Nias juga dijuluki dengan nama tatohuai ditempat asalnya. Untuk mengetahuinya biasanya murai batu nias memiliki pola ekor bulu hitam dari pangkal hingga ujung ekor/terkadang ada titik putih di ujung ekor.

3. Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung

Murai lampung ini merupakan salah satu jenis murai aduan yang sering di ikut sertakan dalam perlombaan. Murai Lampung ini memiliki tubuh tidak jauh berbeda dengan murai batu medan. Burung murai ini memiliki ekor lebih pendek dan suara lantang. Karena ekornya pendek itu murai ini jadi memiliki stamina bagus. Karena itu murai ini adalah burung favorit untuk dipakai dalam perlombaan.

4. Murai Batu Borneo

Murai Kalimantan

Jenis burung murai batu kalimantan juga sering disebut dengan Murai Batu Borneo berasal dari Kalimantan. Burung murai batu kalimantan memiliki ekor pendek yaitu berkisar antara 8 sampai 13 cm saja. Burung murai kalimantan bukan primadona untuk di ikutkan perlombaan karena burung ini memiliki suara yang kurang jernih.

5. Murai Batu Irian

Murai Irian

Di Indonesia burung murai irian bisa kamu temui di Sumatra, Jawa, dan juga Bali. Burung murai Irian memiliki warna bulu hijau pualam yang berbeda dari murai lainnya. Burung murai irian juga memiliki postur tubuh mungil dan memiliki Panjang mencapai 35 cm dari kepala hingga ujung ekor.

6. Murai Batu Sabang

Murai Batu Sabang

Burung murai batu sabang adalah burung berasal dari kota Sabang, Aceh. Burung murai batu sabang merupakan burung yang terbilang langka dan juga memiliki ekor panjang hingga 20 cm disertai ekor lebar membuat harga jualnya menjadi mahal.

7. Murai Batu Jawa

Murai Jawa

Murai Jawa juga termasuk jenis murai yang terbilang langka. Karena itu jarang ada orang mengikut sertakan dalam perlombaan. Murai Jawa juga memiliki keunikan tersendiri yaitu jika mengeluarkan suara, bulu dan kepala maka akan berdiri dengan tegak.

8. Murai Batu Bengkulu

Murai Bengkulu

Selanjutnya yaitu berjenis murai batu bengkulu. Murai batu jenis bengkulu memiliki postur tubuh besar dan tegak serta mempunyai ekor pendek, namun ada juga sebagian memiliki ekor panjang. Biasanya murai batu bengkulu dibandrol dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 4 juta.

9. Murai Batu Lampung Super

Murai Lampung Super

Murai batu lampung super sebenarnya memiliki karakter sama dengan murai batu lampung, yaitu memiliki mental besar. Namun yang membedakan yaitu murai batu lampung super memiliki ekor lebih panjang dibandingkan dengan murai lampung. Untuk harganya juga lebih mahal dibandingkan murai lampung, yaitu sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta rupiah untuk satu ekornya.

10. Murai Batu Bordan

Murai Batu Bordan

Jenis terakhir yaitu murai batu bordan. Bordan merupakan jenis murai batu yang dihasilkan pada perkawinan silang antara murai batu medan dan murai batu borneo. Perpaduan tersebut membuat murai batu bordan menjadi mempunyai kualitas bagus.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis jenis burung murai batu yang sering dipelihara oleh kicau mania versi Birdsnya.com sampaikan. Kami hanya menyampaikan jenis jenis murai batu yang sering dipelihara saja. Untuk harga juga bisa berbeda-beda tergantung kualitas pada burung murai tersebut. Kamu bisa mengetahui harga dari berbagai jenis murai batu secara lengkap pada artikel HARGA BURUNG MURAI Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan dan semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu semua.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *