Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tips Agar Murai Batu Punya Mental

Tips Agar Murai Batu Punya Mental

Tips Agar Murai Batu Punya Mental – Jika kamu merupakan salah satu penghobi burung kicau, pasti saat ini sudah tidak asing lagi dengan murai batu. Murai batu merupakan salah satu burung primadona yang banyak digemari dan dipelihara oleh penghobi kicau mania.

Murai batu dikenal karena suaranya sangat lantang dan merdu serta mempunyai ekor panjang hingga 30 cm untuk jenis-jenis tertentu. Untuk dapat mengetahui jenis murai batu, kamu bisa mempelajari melalui artikel JENIS BURUNG MURAI BATU.

Selain itu murai batu juga merupakan salah satu burung memiliki tipikal petarung. Oleh karena itu setiap murai batu harus memiliki mental tinggi dan hal ini sangat penting dimiliki pada murai yang biasanya diikutkan dalam perlombaan.

Berbicara tentang mental, murai batu juga perlu perawatan khusus agar nantinya memiliki mental bagus. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba berbagi ilmu kepada kamu semua tentang tips tips perawatan murai batu agar punya mental bagus.

Tips Agar Murai Batu Punya Mental

Memang sejak lahir murai batu sudah memiliki mental petarung, namun mental tersebut bisa hilang seketika pada saat bertemu murai batu lainnya yang memiliki mental lebih tinggi. Hal tersebut juga membuat murai batu tidak mau berbunyi stabil seperti sebelumnya. Dibawah ini kami sudah jelaskan tips tips agar murai batu kamu punya mental bagus.

1. Tempatkan Murai Batu Ditempat Ramai

Tempatkan Murai Batu Ditempat Ramai

Tips pertama yaitu menempatkan murai batu pada tempat ramai, misalnya lalu lalang orang sekitar atau di pinggir jalan. Tips tersebut bisa dilakukan pada saat murai batu sedang dijemur pada pagi hari sambil diawasi. Hal ini bertujuan agar mental murai batu semakin bagus serta terbiasa pada lingkungan keramaian. Tips ini juga sangat penting diterapkan pada murai batu yang sering diikutkan perlombaan. Karena saat di perlombaan akan sangat ramai sehingga mentalnya tidak down.

2. Menempelkan Dengan Burung Kecil

Menempelkan Dengan Burung Kecil

Tips kedua yaitu menempelkan murai batu dengan burung kecil lainnya. Selain berguna untuk masteran, murai batu juga akan merasa terusik karena suara yang dikeluarkan. Hal tersebut juga berguna untuk menaikkan mental dan emosi murai batu sehingga pada saat sudah besar akan memiliki mental tinggi dan tebal.

3. Menyendirikan Murai Batu

Menyendirikan Murai Batu

Yang dimaksud menyendirikan murai batu yaitu jangan sampai murai batu tersebut melihat atau mendengar suara dari murai batu lainnya. Tips ini merupakan salah satu cara saat pembentukan mental murai agar mendapatkan mental bagus. Lakukan tips ini untuk rawatan harian hingga mental murai batu sudah jadi.

4. Selalu Pindahkan Gantungan Sangkar

Selalu Pindahkan Gantungan Sangkar

Tips selanjutnya yaitu memindahkan gantungan sangkar secara berkala. Misalnya yaitu ketika minggu pertama murai batu digantung pada teras rumah, maka minggu berikutnya pindahkan gantungan ke tempat lainnya. Tips tersebut bertujuan agar murai batu punya mental tinggi dan terbiasa nyaman dimanapun.

5. Selalu Menggoda Burung Dengan Suara

Selalu Menggoda Burung Dengan Suara

Tips satu ini bertujuan agar murai batu terpancing pada suara yang kita keluarkan sehingga mulai terusik dan membuat mentalnya menjadi keluar. Hal ini bisa terlihat saat kamu memancingnya menggunakan suara siulan atau gertakan suara lainnya murai batu akan mulai memainkan ekornya dan mengeluarkan suara tembakan andalannya.

Kesimpulan

Begitulah Tips yang dapat kami sampaikan agar murai batu kamu punya mental petarung bagus. Namun tips tersebut harus dilakukan secara konsisten agar hasilnya maksimal. Memang sejak lahir murai sudah punya mental petarung, namun tips ini bertujuan agar mentalnya semakin tinggi dan bagus sehingga dapat tampil secara maksimal saat diikutkan lomba. Sekian informasi dari Birdsnya.com dan selamat mencoba.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *