11 Jenis Ikan Pemakan Lumut & Kotoran di Kolam & Kaca Akuarium

Jenis Ikan Pemakan Lumut Kotoran di Kolam Kaca Akuarium

Jenis Ikan Pemakan Lumut – Sebagai pemelihara Kolam Ikan maupun Akuarium, pastinya kalian selalu menjaga kebersihan nya dengan cara membilas maupun membersihkan nya secara rutin. Lalu tahukah kalian bahwa Kolam maupun Akuarium ternyata bisa dibersihkan oleh Ikan-Ikan tertentu.

Jadi ada beberapa jenis Ikan pemakan lumut dan kotoran yang bisa dimanfaatkan sebagai pembersih lumut dan kotoran pada kaca-kaca Akuarium atau dinding Kolam. Penasaran apa saja jenis Ikan pemakan lumut tersebut? Simak terus artikel ini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Dengan adanya Ikan jenis nantinya kalian tidak perlu lagi repot membersihkan Kolam, Akuarium dan tempat Ikan lainnya. Ikan-Ikan jenis ini siap membersihkan lumut dari lokasi-lokasi tersebut sekaligus menjadikannya sebagai ladang mencari makan.

Bahkan Ikan-Ikan jenis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media terapi penyakit kulit pada kaki maupun tangan. Baiklah, daripada semakin penasaran langsung saja simak informasi selengkapnya mengenai jenis Ikan pemakan lumut dan kotoran berikut ini.

Jenis Ikan Pemakan Lumut

Jenis Ikan Pemakan Lumut

Bagi yang memelihara Ikan Koi atau Ikan Hias lainnya di dalam Kolam pastinya kondisi Kolam harus selalu bersih. Sebab, Ikan-Ikan jenis itu sangat rentan penyakit ketika kondisi tempat tinggal tidak bersih. Bahkan ketika Kolam Koi kotor dan dipenuhi lumut, hal itu bisa mengakibatkan Ikan Koi di dalamnya mati.

Selain di Kolam, terkadang ada juga orang yang memelihara Ikan di dalam Akuarium dimana hal tersebut juga mewajibkan pemilik untuk menjaga kebersihan Akuarium. Nah, bagi yang malas membersihkan Kolam atau Akuarium, coba gunakan beberapa Ikan pemakan lumut dibawah ini untuk bantu-bantu membersihkan tempat Ikan :

1. Corydoras

Ikan Corydoras

Jenis Ikan pemakan lumut yang pertama adalah Corydoras. Ikan jenis ini masih satu keluarga dengan Ikan Lele (Subfamily Coradinae). Habitat asli dari Ikan Coryodoras adalah wilayah perairan di Amerika Selatan. Ikan ini memiliki ukuran yang relatif kecil, yaitu hanya sekitar 120 mm (1,2 cm).

Meski begitu, Ikan Corydoras bisa hidup berdampingan dengan jenis Ikan lainnya baik di dalam Kolam maupun di dalam Akuarium. Sedangkan untuk makanan nya, Ikan jenis ini bisa bertahan hidup dengan cara memakan lumut serta kotoran yang terdapat di Kolam atau Akuarium.

2. Twig Fish

Ikan Twig Fish

Selain itu, kami juga memiliki Ikan jenis Twig Fish atau Whiptail Catfish dengan nama latin Farlowella Acus. Namun Ikan jenis ini cenderung hidup di dalam Akuarium, dengan begitu kalian yang memelihara Ikan hias di Akuarium, kami sarankan untuk memelihara juga jenis Ikan pemakan lumut yang satu ini supaya kebersihan Akuarium tetap terjaga.

Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 20 cm hanya dengan memakan lumut serta alga pada Akuarium. Meski begitu, kami sarankan untuk tetap memberinya suplemen nutrisi setidaknya 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

3. Brushmouth

Jenis Ikan Pemakan Lumut Brushmouth

Selain kedua jenis Ikan diatas, ada juga jenis Ikan pemakan lumut lainnya yaitu Ikan Brushmouth atau lebih dikenal dengan nama Ikan Sapu-Sapu. Ikan ini bisa kalian pelihara di Akuarium maupun di dalam Kolam. Ikan Brushmouth sendiri cukup aktif sebagai Ikan pemakan lumut, meskipun biasanya Ikan ini lebih sering menghabiskan hari-harinya dengan bersandar di kaca, dinding kolam maupun Hardscape Aquascape.

4. Bristlenose Plecos

Ikan Bristlenose Plecos

Ikan Bristle Nosed Pleco atau Bristlenose Plecos juga merupakan salah satu jenis Ikan pemakan lumut yang cukup sering dicari pemelihara Kolam Koi. Perawatan ini bisa dibilang sangat mudah, sebab kalian hanya perlu memberinya pelet ganggang. Selebihnya, Ikan Bristlenose Plecos ini bakal memenuhi kebutuhan makanan nya dengan cara mencari lumut, kotoran, alga dan ganggang di sekitar Kolam.

5. Siamese Flying Fox

Ikan Pemakan Lumut Siamese Flying Fox

Siamese Flying Fox merupakan jenis Ikan yang masuk ke dalam kerabat Ikan Mas (Cyprinidae). Ikan ini sangat mudah ditemukan di perairan Tropis, khususnya di Asia Tenggara. Selain memiliki bentuk fisik yang menarik, salah satu jenis Ikan pemakan lumut ini juga kerap dipilih oleh para pecinta Ikan hias untuk membantu membersihkan lumut, alga bahkan kotoran yang berada di Kolam atau Akuarium.

Namun penting diketahui bahwa Ikan ini bisa bersahabat dengan jenis Ikan apapun kecuali Red Tailed Shark. Selain itu, Ikan Siamese Flying Fox juga lebih baik jika dipelihara pada Akuarium dengan volume air diatas 75 liter.

6. Siamese Algae Eater

Ikan Siamese Algae Eater

Selain Siamese Flying Fox, ada juga jenis Ikan pemakan lumut lainnya dan masih kerabat dengan Ikan sebelumnya, yaitu Siamese Algae Eater. Sesuai dengan namanya, Ikan ini sangat gemar memakan alga. Selain itu, Ikan Siamese Algae Eater juga bisa menjadi pemakan lumut, kotoran, cacing pipih dan ganggang jika di lokasinya tidak tersedia alga.

7. Chinesse Algae Eater

Ikan Pemakan Lumut Chinese Algae Eater

Kemudian ada juga Ikan CAE (Chinesse Algae Eater) yang termasuk ke dalam jenis Ikan pemakan lumut dan alga. Namun perlu diketahui bahwa peran Ikan ini sebagai pemakan lumut hanya berlaku ketika masih kecil saja.

Sebab ketika Ikan CAE sudah besar, dia akan bersifat lebih agresif. Oleh karena itu, kami sarankan bagi kalian yang memelihara Ikan ini, sebaiknya pisahkan dengan jenis Ikan lainnya. Jika tidak, Ikan CAE dewasa bakal membahayakan keberadaan Ikan lain di sekitarnya.

8. Platy

Ikan Platy

Ikan Platy merupakan jenis Ikan Omnivora alias pemakan segala, termasuk lumut, alga, cacing pipih bahkan kotoran. Karena sifatnya yang tidak agresif, maka Ikan jenis ini sangat aman untuk diletakkan bersama jenis Ikan lainnya, baik di dalam Akuarium maupun di dalam Kolam.

9. Molly

Jenis Ikan Pemakan Lumut Molly

Kemudian ada juga jenis Ikan pemakan lumut bernama Ikan Molly. Ikan jenis ini masuk dalam kategori Ikan hias, karena tampilan fisiknya yang memang bagus. Disamping itu, Ikan Molly juga siap memakan segala, termasuk lumut, kotoran dan juga alga. Sama seperti Ikan Siamese Flying Fox, jika ingin memelihara Ikan Molly, sebaiknya siapkan terlebih dahulu Akuarium berkapasitas air 75 liter.

10. Otocinclus Affinis

Ikan Otocinclus Affinis

Ikan OTO atau Ikan Otocinclus Affinis juga masuk dalam kategori atau jenis Ikan pemakan lumut. Ikan yang memiliki nama latin Otocinclus SP ini juga termasuk Ikan dengan karakteristik tidak agresif alias cinta damai.

Dengan begitu, kalian bisa memelihara nya di dalam Kolam Koi maupun Akuarium bersama dengan jenis Ikan lainnya. Namun yang paling, Ikan ini akan berperan sebagai pemakan lumut serta semua kotoran yang menempel, sehingga kebersihan tempat tetap terjaga.

11. Bunglon Pasir

Jenis Ikan Pemakan Lumut Bunglon Pasir

Terakhir ada jenis Ikan pemakan lumut bernama Bunglon Pasir. Ikan ini cocok dipelihara oleh kalian yang memiliki Ikan hias air alur di dalam Akuarium. Sebagai Ikan pemakan lumut, Bunglon Pasir bakal memakan semua lumut, alga, ganggang bahkan kotoran di dalam Akuarium dimana jika dibiarkan bisa mengganggu kesehatan Ikan hias di dalamnya.

Daftar Harga Ikan Pembersih Lumut & Kotoran

Setelah menyimak beberapa jenis Ikan diatas, pastinya kalian sudah punya pilihan ingin membeli jenis Ikan yang mana. Jika begitu, maka sebelumnya kalian harus mengetahui berapa harga per ekor dari masing-masing ikan diatas.

Berikut telah kami siapkan tabel berisi daftar harga Ikan pembersih lumut, mulai dari yang paling sampai dengan paling mahal :

Jenis Ikan Pemakan LumutHarga
Ikan MollyRp. 5.000
Ikan BrushmouthRp. 5.000
Ikan Siamese Algae EaterRp. 6.000
Ikan Siamese Flying FoxRp. 7.500
Ikan CAERp. 10.000
Ikan PlatyRp. 15.000
Ikan Twig CatfishRp. 15.000
Ikan Bristlenose PlecosRp. 30.000
Ikan Otocinclus AffinisRp. 30.000
Ikan Bunglon PasirRp. 35.000
Ikan CorydorasRp. 45.000

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Birdsny.com mengenai jenis-jenis Ikan yang memakan kotoran, ganggang, alga bahkan lumut. Ikan-ikan diatas kami rasa wajib dipelihara oleh kalian para pecinta Ikan hias. Selain membantu menjaga kebersihan Kolam dan Akuarium, kebanyakan dari Ikan-ikan diatas juga bisa hidup rukun dengan berbagai jenis Ikan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.