Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kacer & Cara Paling Aman!

Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kacer

Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kacer – Seperti diketahui, Kacer merupakan salah satu jenis burung hias ataupun burung peliharaan yang memiliki banyak penggemar di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Kacer sendiri mampu mengeluarkan suara kicauan yang unik dan merdu sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Akan tetapi, untuk mendapatkan performa maksimal dari burung Kacer, tentunya dibutuhkan adanya pola perawatan harian dan pemberian pakan yang baik dan benar dari para pemiliknya. Selain itu, melakukan perawatan tambahan seperti memandikannya menggunakan air garam juga bisa menjadi salah satu pilihan perawatan yang perlu dipertimbangkan.

vitamin burung

Mungkin bagi sebagian orang yang sudah tergolong senior di dalam dunia kicau mania memahami bahwa terdapat berbagai macam khasiat yang akan didapatkan ketika memandikan Kacer dengan air garam. Namun sayangnya, masih ada beberapa pemula yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai bagaimana tata cara melakukannya.

Oleh karena itu, apabila kalian berencana memandikan Kacer kesayangan menggunakan air garam, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat mandi air garam untuk Kacer dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal melakukannya.

Kandungan Nutrisi Air Garam

Kandungan Nutrisi Garam

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat mandi air garam untuk Kacer lebih lanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada bumbu atau penyedap rasa makanan tersebut. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik daftar kandungan gizi di dalam garam berikut ini.

  • Yodium.
  • Phospor.
  • Cobalt.
  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Zinc atau Seng.
  • Sulfur atau Belerang.
  • Chlor.
  • Magnesium.
  • Mangan.
  • Tembaga.
  • Natrium.
  • Flour.

Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kacer

Manfaat Mandi Air Garam Untuk Burung Kacer

Salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan air garam sebagai media untuk memandikan burung Kacer yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai apa saja manfaat mandi air garam untuk Kacer, entah itu Kacer tipe dingin maupun tipe panas.

1. Membersihkan Tubuh Kacer

Manfaat mandi air garam untuk Kacer pertama yaitu membantu memberikan efek bersih yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan air biasa. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya mandi air garam mampu meluluhkan kotoran karena mempunyai sifat mampu menyerap cairan di sekitarnya.

2. Menjaga Kesehatan Bulu Kacer

Karena kebersihan tubuh Kacer selalu terawat, maka dapat dipastikan bahwa kesehatan bulu Kacer juga akan terjaga. Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa kesehatan bulu Kacer menjadi hal penting untuk diperhatikan. Sebab bulu Kacer yang sehat juga akan menunjang penampilannya.

3. Mengatasi Rasa Gatal Kacer

Membantu mengurangi dan mengatasi rasa gatal pada bagian kulit dan bulu juga menjadi salah satu manfaat mandi air garam untuk Kacer. Hal ini dikarenakan air garam bisa dijadikan sebagai antiseptik untuk mengatasi rasa gatal. Ketika Kacer terbebas dari rasa gatal, maka tentunya mereka akan lebih nyaman di dalam sangkar.

4. Memberikan Kenyamanan Pada Kacer

Masih berkaitan pada poin sebelumnya, terapi mandi air garam bagi Kacer bermanfaat untuk memberikan kenyamanan pada burung, terutama ketika mereka sedang mengalami proses pertumbuhan bulu. Dimana kondisi nyaman tersebut akan menjadikan Kacer tidak mudah stres ketika mengalami masa pertumbuhan bulu.

5. Menjaga Fungsi Kerja Otot Kacer

Khasiat terapi mandi air garam untuk Kacer tidak hanya berkaitan tentang kebersihan saja, namun mandi air garam juga mampu menguatkan fungsi otot dan tulang. Selain itu, mandi air garam juga bisa mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh serta mengatur tingkat kelembaban pada sarang burung Kacer.

6. Menambah Daya Tahan Tubuh Kacer

Selanjutnya manfaat mandi air garam untuk Kacer terakhir yaitu dapat dijadikan sebagai cara dalam menjaga sistem kekebalan dan daya tahan tubuhnya. Seperti halnya manfaat garam untuk Merpati, memandikan Kacer dengan air garam ternyata mampu menambah sistem kekebalan tubuhnya sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Cara Memandikan Kacer dengan Air Garam

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat mandi air garam untuk Kacer berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal memandikan Kacer menggunakan air garam.

Pertama-tama, kalian harus menaburkan garam secukupnya terlebih dahulu ke dalam air yang ada di dalam kandang keramba sampai larut. Setelah itu, silahkan masukkan burung Kacer ke dalam kandang keramba tersebut dan biarkan agar mereka mandi sampai puas.

Selain melalui kandang keramba, proses terapi mandi air garam Kacer juga sebenarnya bisa dilakukan melalui cepuk atau wadah air minumnya. Tata cara melakukannya yaitu taburkan garam secukupnya ke dalam cepuk air minum Kacer lalu aduk hingga larut terlebih dahulu.

Kemudian cara berikutnya yaitu masukkan cepuk ke dalam kandang dan biarkan Kacer mandi di dalam wadah air minum tersebut. Sebaiknya lakukan terapi mandi air garam untuk Kacer ini pada saat pagi hari. Setelah dimandikan, angin-anginkan Kacer terlebih dahulu, lalu jemur di bawah sinar matahari.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat mandi air garam untuk Kacer dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal melakukannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan terapi mandi air untuk Kacer kesayangan di rumah.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.