Jenis Jenis Ikan Channa dan Harganya : Ciri Khas & Warna

Jenis Jenis Ikan Channa dan Harganya

Jenis Jenis Ikan Channa dan Harganya – Ikan Channa (Snakehead) atau disebut juga ikan Toman sekarang ini memang lagi ramai diperbincangkan dikalangan pecinta ikan. Ikan Channa sendiri memiliki banyak sekali jenis atau spesiesnya.

Dari sekian banyaknya jenis, sebagian ada yang dimanfaatkan atau dikonsumsi, seperti misalnya ikan gabus. Dan sebagian lagi ada yang dimanfaatkan sebagai ikan hias karena keunikan dan keindahan warnanya.

Terkait harganya, ikan Channa juga tidak kalah dari ikan hias jenis lainnya, ada beberapa jenis Ikan Channa yang dibandrol dengan harga yang fantastis hingga mencapai jutaan rupiah. Semisal untuk jenis Channa Barca, dimana untuk satu ekornya dibanrol dikisaran Rp 25-50 jutaan.

Sesuai judul artikel diatas, dikesempatan kali ini birdsny akan berbagi informasi mengenai jenis jenis ikan Channa beserta dengan harganya. Jadi buat yang ingin mengetehui jenis jenis ikan Channa atau sedang mencari informasi mengenai harga dari salah satu jenis ikan Channa, simak ulasan dari birdsny tentang jenis jenis ikan Channa dan harganya berikut ini.

Jenis Jenis Ikan Channa dan Harganya

Jenis Jenis Ikan Channa dan Harganya.

Berikut ini adalah daftar jenis jenis ikan Channa beserta harganya :

1. Ikan Channa Pseudomarulius

Ikan Channa Pseudomarulius

Harganya : Rp 500.000

Merupakan jenis ikan Channa yang berasal dari semenanjung India. Meski namanya ada marulius dibelakangnya, namun jenis ikan Channa ini sangat berbeda Ikan Channa Marulius terutama dari segi ukurannya dimana (Ikan Channa Marulius memiliki ukuran lebih besar). Ikan Channa jenis ini memiliki corak dibagian punggungnya kombinasi warna coklat dan hitam totol-totol.

2. Ikan Channa Barca

Ikan Channa Barca

Harganya : Rp 25.000.000 – Rp 50.000.000

Memiliki harga lumayan mahal, bahkan merupakan jenis ikan Channa termahal menjadikan Channa Barca ini begitu populer di kalangan pecinta ikan predator. Tidak main-main harganya mencapai harga satu unit sepeda motor.

Ciri khas atau keunikan dari jenis ikan Channa ini yaitu warna abu-abu terang dengan motif totol-totol berwarna hitam, dengan sirip yang lebar dibagian punggung, perut dan ekornya. Satu ciri lagi yakni Ikan Channe Barca akan menyala seperti neon berwarna hijau tosca ketika terkena cahaya.

3. Ikan Channa Asiatica

Ikan Channa Asiatica

Harganya : Rp 800.000

Channa Asiatica merupakan jenis ikan Channa yang memiliki kombinasi warna cukup beragam, seperti abu-abu kombinasi hitam, merah kombinasi hitam dan coklat kombinasi hitam. Dari beberapa kombinasi warna tersebut, jenis ikan Channa dengan warna kombinasi merah dan hitam adalah yang paling populer, dan dikenal dengan nama Channa Asiatica Red Spotted.

4. Ikan Channa Maculata

Ikan Channa Maculata

Harganya : Rp 1.000.000

Ikan Channa jenis Maculata ini memiliki ukuran cenderung lebih besar dari Channa Asiatica, Barca dan Channa Pseudomarulius. Ciri lain dari jenis ikan Channa ini yaitu corak dan warnanya mirip ular python molurus dengan didominasi warna cokelat kombinasi motif berwarna hitam.

5. Ikan Channa Pomanensis

Ikan Channa Pomanensis

Harganya : Rp 130.000

Jika Channa Maculta mirip ular python, lain lagi dengan jenis ikan Channa Pomanensis ini. Dimana corak dan warna Channa ini mirip dengan ular derik. Ciri lain dari jenis ikan Channa Pomanensis yaitu bentuk ekornya yang menyerupai kipas lipat.

6. Ikan Channa Burmanica

Ikan Channa Burmanica

Harganya : Rp 150.000

Jika dilihat secara sekilas, jenis ikan Channa ini sama dengan Pomanensis terkait dengan corak dan warnanya, begitupun dengan bentuk sirip dan ekornya namun tingkat kecerahan warna Channa Burmanica lebih tinggi.

7. Ikan Channa Gachua

Ikan Channa Gachua

Harganya : Rp 100.000

Jenis Channa Gachua bisa dilihat melalui ciri warnanya yang cokelat gelap pada seluruh tubuhnya dan sirip serta ekor berwarna biru.

8. Ikan Channa Marulioides

Ikan Channa Marulioides

Harganya : Rp 150.000

Jenis ikan Channa satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memelihara Channa dengan tampilan gahar namun terkendala budget, sebab meski harganya lumayan miring tampilan Channa Marulioides ini sangat cantik dan sangar.

9. Ikan Channa Stewartii

Ikan Channa Stewartii

Harganya : Rp 400.000 – Rp 2.000.000

Ciri dari ikan Channa Stewartii yaitu memiliki warna biru menari kombinasi totol-totol hitamdiseluruh tubuhnya. Jika dilihat secara sekilas ditempat yang terang warna biru akan terlihat pudar tertutup warna cokelat, namun jika ditempat gelap warna biru akan menyala terang dan indah menjadikan jenis ikan Channa ini terlihat cantik.

10. Ikan Channa Argus

Ikan Channa Argus

Harganya : Rp 1.500.000

Memiliki nama lain Northen Snakehead, Channa Argus menjadi ikan terpopuler untuk kalangan pecinta ikan predator. Tampilan motif dan warnanya mirip dengan ular python reticulatos membuat jenis Argus mudah dikenali.

11. Ikan Channa Pleurophthalma

Ikan Channa Pleurophthalma

Harganya : Rp 50.000

Jenis Channa Pleurophthalma dapat diketahui dari cirinyaa yakni motif bulat-bulat dibagian kepala hingga ekor, biasanya jumlahnya ada 3-5 buah bulatan. Jenisnya sendiri ada beberapa, berwarna biru dan cokelat.

12. Jenis Ikan Channa Aurantimaculata

Ikan Channa Aurantimaculata

Harganya : Rp 750.000 – Rp 1.500.000

Ciri dari ikan Channa ini warna tubuh kecoklatan dengan kombinasi garis-garis vertikal berwarna oranye. Jenis ikan Channa ini mampu tumbuh hingga mencapai panjang 40 cm, kemudian untuk membedakan antara jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk sirip punggung dan warnanya dimana untuk ikan Channa jantan memiliki sirip punggung lebih tinggi dan warna lebih cerah.

13. Jenis Ikan Channa Micropeltes

Ikan Channa Micropeltes

Harganya : Rp 100.000

Micropeltes merupakan jenis ikan Channa yang berasal dari Indonesia. Micropeltes dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan ikan Toman. Ukuran maksimal jenis Channa ini bisa mencapai 1 meter. Tidak kalah dengan jenis lainnya, Toman juga cocok jadi hewan peliharaan, apalagi bagi yang suka jenis ikan predator.

14. Jenis Ikan Channa Bleheri

Ikan Channa Bleher

Harganya : Rp 350.000 – Rp 1.200.000

Meski harganya lebih murah dari jenis Channa Barca, namun soal kecantikan jenis Bleheri ini tidak kalah. Cirinya bisa dilihat dari tubuhnya yang warnanya merupakan kombinasi cokelat, merah, hitam dan biru, lalu untuk ekornya juga terlihat berbeda dari jenis lainnya karena ekornya lebih terlihat seperti ikan guppy.

15. Jenis Ikan Channa Diplogramma

Ikan Channa Diplogramma

Harganya : Rp 350.000

Diplogramma merupakan jenis ikan Channa yang berasal dari India. Diplogramma memiliki nama lain yakni Channa Malabar, cukup populer dikalangan pecintanya karena tampilanya yang menawan dengan pola dua garis yang menbentang dari kepala hingga ekornya dipadukan dengan motif bintik-bintik hitam bibagian punggungnya.

Jenis Ikan Yang Bisa Satu Tempat Dengan Channa

Ikan Channa merupakan jenis ikan predator yang bersifat teritorial, artinya jenis ikan ini juga masih bisa dipelihara bersamaan dengan jenis ikan lain dalam satu tempat. Nah berikut adalah beberapa contoh jenis ikan yang bisa dipelihara satu tempat dengan ikan Channa :

  • Rainbow Fish
  • Lemon Fish
  • Ramirezi Fish
  • Manfish/Angelfish
  • Dan beberapa jenis ikan lain yang memiliki sifat tenang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai jenis jenis ikan Channa dan harganya yang bisa birdsny bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.