Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Kenari Lokal Terbaik

Jenis Kenari Lokal Terbaik

Jenis Kenari Lokal Terbaik – Kenari Lokal bisa kita bilang telah lama menjadi primadona, di kalangan pecinta burung kicauan. Bahkan, dari dulu sampai sekarang Kenari Lokal tetap menjadi salah satu burung kontes di lapangan.

Dengan banyaknya pecinta burung Kenari Lokal ini, jumlahnya terus meningkat atau bertambah setiap tahunnya. Pernah saya jumpai pada arena perlombaan BURUNG KICAU yang melombakan jenis Kenari Lokal terbaik.

Sebenarnya burung tersebut bukan berasal dari negara Indonesia. Namun, dengan ada banyaknya peternak burung yang mengembangbiakan Kenari dengan menyilangkan berbagai jenis sehingga hadirlah burung Kenari Lokal tersebut.

Burung ini habitat aslinya adalah di kepulauan Canaria yang ada di sebelah barat Afrika. Namun, jenis Kenari yang banyak masuk ke Indonesia merupakan Kenari yang berasal dari Taiwan, Cina, dan juga Belanda.

Jenis Kenari Lokal Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Kenari Lokal Indonesia termasuk kedalam jenis kenari yang resmi di Indonesia dan di akui secara Internasional. Jenis kenari yang banyak dijumpai di lapangan kontes, hanya bisa ditemukan di indonesia. Perbedaan Kenari Lokal dan Kenari Import yang paling menonjol yaitu dari segi postur tubuhnya, postur tubuh Kenari Lokal yang lebih kecil dan ramping, dibandingkan dengan jenis Kenari Import yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Jenis Kenari Lokal

Jenis Kenari Lokal

Kenari Lokal bisa dibilang kecil-kecil caberawit. Karena, meskipun memiliki postur tubuh kecil, tetapi soal berkicau dan juga warna bulunya tetap menarik hati sobat kicau. Kenari Lokal sebenarnya bukanlah kenari kicauan yang baik dengan fighternya, tetapi biasanya hanya sebagai Kenari hias saja atau biasa disebut Kenari warna.

Tapi saat ini Kenari Lokal jutru merupakan burung yang sering dikonteskan di ajang atau lapangan kontes. Ada beberapa jenis Kenari Lokal terbaik yang akan kami sajikan untuk sobat kicau berikut ini.

1. Kenari Lokal Kuning

kuning

Meskipun kenari jenis ini disebut dengan jenis Lokal kuning, akan tetapi tidak semua bulunya berwarna kuning polos. Hal ini dikarenakan persilangan-persilangan indukan yang menyebabkan warnanya tidak teratur, bisa kita sebut hal ini menjadi mutasi warna bulu Kenari Lokal menjadi 3, yaitu kuning polos, kunig melanin, lipochrome kuning.

2. Kenari Merah

merah

Kenari jenis ini memiliki bulu dengan warna murni yaitu merah, tapi terlihat cenderung orange. Untuk jenis ini biasanya dibedakan menjadi 2 mutasi yaitu Red Factor Melanin dan juga Red Factor Lipochrome.

3. Kenari Lokal Putih

putih

Sesuai namanya burung Kenari jenis ini memiliki bulu berwarna putih. dalam mutasinya bisa kita bedakan menjadi 3 jenis yaitu Kenari Putih Dominan, Kenari Resessive Putih, Kenari Silver Faktor.

4. Kenari Lokal Sunkist

sunkist

Kenari Lokal ini memiliki warna bulu yang sama seperti jeruk sunkist. Jenis ini terlihat sangat menarik dan terlihat mewah. Soal suara juga tidak usah diragukan lagi, pastinya merdu dan juga melengking.

5. Kenari Lokal Hijau

Kenari Lokal Hijau

Kenari Lokal Hijau ini memiliki warna hitam pekat dan coklat melanin, dengan memiliki bulu yang memiliki warna dasar yaitu kuning.

6. Kenari Lokal Isabel

isabel

Kenari Lokal Isabel merupakan burung kenari dengan pigmen warna yang gelap, tetapi akan terlihat indah dan elegan.

7. Kenari Lokal Starblue

starblu

Kenari jenis ini memiliki kemiripan dengan burung gereja. Campuran warnanya yaitu antara hitam dan abu-abu. Dan membuat Kenari jenis ini sulit di bredding atau ternak, untuk menghasilkan warna serupa.

8. Kenari Lokal Panda

panda

Jenis Kenari lokal terbaik ini adalah memiliki warna seperti yang ada pada bulu hewan panda. Yaitu memiliki warna perpaduan antara hitam dan putih yang tercampur dengan membentuk seperti yang ada pada bulu hewan panda.

9. Kenari Lokal Faktor Blue

Factor Blue Jenis Kenari

Kenari ini memiliki bulu berwarna biru. Kenari jenis ini biasa terlihat pada kontes kecantikan burung. Hal ini menunjukan bahwa Kenari Lokal juga memiliki kemampuan untuk mengikuti lomba atau kontes burung tersebut.

10. Kenari Lokal Bond

Jenis Kenari Lokal bond

Kenari Lokal Bond memiliki warna yang menarik, yang mana pada umumnya adalah dari kombinasi warnanya. Selain itu, Kenari Bond Lokak tersebut memiliki suara yang lumayan bagus, panjang, rapat dan keunggulan lain akan terlihat ketika burung tersebut sudah gacor.

Akhir Kata

Semoga dengan adanya artikel kali ini yang membahas mengenai jenis Kenari Lokal terbaik di Indonesia, akan menambah pengetahuan kalian dalam membahas seputar dunia burung Kenari. Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan, terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Lovebird Berjodoh

Hidayat
3 min read

Asal Usul Lovebird Kusumo

Hidayat
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *