Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Ciri Ciri Kenari F1 yang Bagus & Tips Merawatnya!

Ciri Ciri Kenari F1 yang Bagus

Ciri Ciri Kenari F1 yang Bagus – Sebagaimana diketahui, Kenari merupakan salah satu jenis burung yang digemari oleh para kicaumania. Terdapat cukup banyak faktor yang menyebabkan burung Kenari banyak diminati, salah satunya yaitu karena mereka mampu menirukan suara kicauan yang ada di lingkungan sekitarnya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, burung Kenari sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, termasuk Kenari F1. Dimana Kenari F1 sendiri merupakan anakan hasil dari perkawinan silang antara Kenari lokal dengan Kenari impor jenis Yokshire yang sudah terkenal sebagai Kenari terbaik dan terindah di dunia.

vitamin burung

Menariknya lagi, Kenari F1 juga bagus apabila dijadikan sebagai indukan sehingga ada beberapa orang yang menyilangkan kembali Kenari F1 dengan Yokshire lalu menghasilkan F2. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya pemula yang belum mengetahui bagaimana ciri-ciri Kenari F1.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana hendak membeli dan memelihara Kenari F1, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja karakteristik ataupun ciri-cirinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ciri ciri Kenari F1 yang bagus, mulai dari segi fisik, kesehatan hingga tingkah lakunya.

Seputar Kenari F1

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ciri ciri Kenari F1 yang bagus berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dalam silsilah burung Kenari, terdapat cukup banyak jenis dan kode yang diberikan kepada anakan burung tersebut, salah satunya yaitu Kenari F1.

Dimana Kenari F1 ialah anakan hasil dari perkawinan silang antara Kenari lokal dengan Kenari impor jenis Yokshire. Pembudidayaan Kenari jenis ini dilakukan untuk mendapatkan Kenari kualitas bagus, pasalnya Yokshire terkenal sebagai Kenari terbaik dan terindah di dunia, sementara Kenari lokal mempunyai kekuatan mumpuni dalam bertahan hidup.

Ciri Ciri Kenari F1 yang Bagus

Ciri Ciri Burung Kenari F1 yang Bagus

Setelah mengetahui sekilas pengertian atau silsilah Kenari F1, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja ciri-ciri ataupun karakteristiknya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik ciri ciri Kenari F1 yang bagus untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan ataupun lomba (kontes) di bawah ini.

1. Kaki Lebih Tinggi

Ciri Kenari F1 yang bagus pertama yaitu mempunyai kaki lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Kenari lokal ataupun jenis lainnya. Dimana kaki lebih tinggi ini akan mempermudanya untuk bergerak, berlari serta terbang. Hal ini dikarenakan badannya akan menjadi lebih ringan sehingga langkah menjadi lebih cepat.

2. Pundak dan Dada Bidang

Kemudian ciri selanjutnya yaitu pundak dan dada Kenari F1 lebih lebar serta bidang ketimbang jenis lainnya. Hal ini disebabkan karena dampak dari rumus persilangan Kenari yang dilakukan dari indukan terbaik, dimana kondisi tubuh Yokshire yang berbadan cukup besar disadur oleh anakan F1. Sementara dada bidangnya merupakan kolaborasi Kenari Yokshire dengan Kenari lokal.

3. Pandai Bertarung

Selain dilihat dari bentuk fisiknya, ciri ciri Kenari F1 yang bagus juga bisa dilihat dari segi perilaku ataupun tingkah lakunya. Dimana Kenari F1 dinilai mempunyai tingkat kepandaian dalam bertarung. Namun, untuk dapat mewujudkan itu semua, dibutuhkan adanya perawatan dengan baik dan benar oleh para pemiliknya.

4. Mudah Untuk Dijinakkan

Kenari F1 juga sebenarnya termasuk ke dalam kategori mudah untuk dijinakkan. Jadi, apabila mendapatkan hibah burung Kenari F1 dari kerabat, maka tidak akan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya patuh kepada kalian. Bahkan kalian juga tidak akan terganggu oleh kerewelannya, karena Kenari F1 juga sangat kalem dan mudah dirawat sejak awal.

5. Tingkat Adaptasi Tinggi

Memiliki tingkat adaptasi tinggi menjadi salah satu ciri Kenari F1 yang bagus berikutnya. Dengan adanya sifat tingkat adaptasi tinggi tersebut tentunya akan membuat Kenari F1 tidak mudah stres. Menariknya lagi, mereka biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk beradaptasi, namun tergantung dengan kondisi di lingkungan sekitarnya.

6. Terlihat Lebih Sangar

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Kenari F1 mempunyai postur tubuh besar dan tinggi sehingga membuatnya tampak terlihat lebih sangat serta gagah. Kegagahan dari Kenari F1 juga sebenarnya bisa dilihat dari bulu halus di area matanya. Bulu halus tersebut akan tumbuh cukup panjang dan biasanya dikenal dengan istilah mbarong.

7. Mudah Berkembang Biak

Ciri ciri Kenari F1 yang bagus terakhir yaitu mudah untuk berkembang biak. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis anakan Kenari atas perkawinan silang dari Kenari F1 dengan jenis lainnya. Tentunya perkawinan silang tersebut juga akan memberikan keturunan yang bagus pula.

Tips Perawatan Kenari F1

Selain harus mengetahui apa saja ciri ciri Kenari F1 yang bagus, kalian juga sebenarnya harus mengetahui bagaimana tata cara perawatannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai tata cara perawatan Kenari F1 supaya bisa mengeluarkan suara kicauan terbaiknya.

  • Lakukan pengembunan pada saat pagi hari, yaitu pada pukul 5 sampai 6 pagi.
  • Selalu jaga kebersihan kandang.
  • Lakukan pemandian minimal 2 atau 3 hari sekali.
  • Lakukan juga penjemuran selama 1 sampai 2 jam sehari setelah dimandikan.
  • Selalu berikan Kenari F1 pakan berkualitas.
  • Lakukan penkrodongan Kenari F1 pada saat malam hari.

Harga Kenari F1 yang Bagus

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri ciri Kenari F1 yang bagus mulai dari segi fisik, perilaku hingga kesehatannya. Apabila ingin memilih Kenari F1 sebagai burung peliharaan di rumah, pastinya kalian harus menyiapkan anggaran dana tidak sedikit.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya harga Kenari jenis ini sedikit lebih mahal ketimbang Kenari jenis lainnya. Dimana besaran harga Kenari F1 di pasaran Indonesia sendiri sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada tempat serta lokasi pembeliannya.

Untuk Kenari F1 yang masih bahan ombyokan dan berusia kurang lebih di bawah 4 bulan, maka pada penjual akan membanderolnya dengan harga mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 600.000 untuk jantan dan Rp 300.000 untuk betina. Sementara untuk Kenari F1 kategori remaja, biasanya berada di angka Rp 700.000 hingga Rp 900.000.

Berbeda lagi dengan Kenari f1 yang sudah gacor dan masuk ke dalam kategori dewasa mapan serta sudah siap diturunkan ke arena lapangan gantangan, harganya akan jauh lebih mahal. Sebagai bahan gambaran, harga Kenari F1 gacor saat ini berada di kisaran Rp 1.500.000 sampai Rp 4.000.000.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri ciri Kenari F1 yang bagus mulai dari bentuk tubuh, warna bulu, suara hingga tingkah lakunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli Kenari F1 di pasaran.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.