Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Manfaat Garam Untuk Merpati : Cara Pemberian & Efek Samping

Manfaat Garam Untuk Merpati

Manfaat Garam Untuk Merpati – Sebagaimana diketahui, garam merupakan salah satu jenis bumbu penyedap rasa yang biasa digunakan untuk berbagai macam masakan. Bahkan selain berfungsi sebagai penyedap rasa, ternyata garam juga berguna sebagai bahan pengawet makanan, peningkat tekstur pada makanan serta sebagai sumber nutrisi bagi tubuh.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia saja, namun garam juga memiliki cukup banyak khasiat untuk beberapa jenis burung peliharaan, termasuk Merpati. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya garam sendiri mempunyai sejumlah kandungan nutrisi, gizi hingga mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Merpati.

vitamin burung

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar penggemar Merpati di luar sana khususnya bagi para pemula yang merasa kebingungan mengenai bagaimana tata cara pemberiannya. Secara garis besarnya, pemberian garam untuk Merpati dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, tergantung pada tujuan pemberiannya itu sendiri.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana memberikan garam untuk menunjang kesehatan tubuh Merpati, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat garam untuk Merpati dilengkapi dengan waktu dan cara pemberian beserta efek sampingnya.

Kandungan Mineral Garam

Kandungan Mineral Garam

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang menganggap bahwa garam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Merpati yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi, gizi beserta mineral di dalamnya. Maka dari itu, sebelum membahas manfaat garam untuk Merpati lebih lanjut, berikut akan kami berikan sejumlah kandungan mineral di dalamnya.

  • Yodium.
  • Phospor.
  • Cobalt.
  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Zinc atau Seng.
  • Sulfur atau Belerang.
  • Chlor.
  • Magnesium.
  • Mangan.
  • Tembaga.
  • Natrium.
  • Flour.

Manfaat Garam Untuk Merpati

Manfaat Garam Untuk Burung Merpati

Setelah mengetahui beberapa kandungan mineral di dalam garam, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaatnya bagi burung Merpati. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah manfaat garam untuk semua jenis burung Merpati di bawah ini.

1. Membersihkan Tubuh Merpati

Ketika hendak merawat Merpati, garam sangat bermanfaat untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran dan semua kuman yang menempel. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya garam sendiri mengandung beberapa senyawa yang mampu membunuh mikro organisme jahat di tubuh Merpati.

2. Menjaga Kesehatan Bulu Merpati

Kemudian manfaat garam untuk Merpati selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan bulu-bulunya. Hampir sama seperti pada poin sebelumnya, ternyata garam memiliki sejumlah kandungan mineral dan senyawa yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan bulu Merpati.

3. Memberikan Rasa Nyaman Pada Merpati

Khasiat garam untuk Merpati juga tidak hanya dua poin yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dimana beberapa orang juga sudah membuktikan bahwa air garam mampu membuat atau memberikan kenyamanan bagi Merpati.

4. Mengatasi Rasa Gatal Pada Merpati

Mengatasi rasa gatal juga menjadi salah satu manfaat garam selanjutnya untuk burung Merpati. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa pemakaian air garam untuk dijadikan sebagai antiseptik memang telah dilakukan sejak dari dulu. Hal tersebut juga berlaku untuk Merpati, yaitu mengatasi rasa gatal.

5. Menjaga Fungsi Otot Merpati

Perlu diketahui, otot merupakan salah satu komponen penting pada tubuh, termasuk bagi burung Merpati. Terlebih lagi jika kalian memelihara Merpati dengan tujuan untuk mengikuti kontes ataupun perlombaan. Oleh karena itu, berikanlah garam secukupnya supaya fungsi otot Merpati tetap terjaga.

6. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat garam terakhir untuk Merpati yaitu mampu menambah sistem kekebalan tubuhnya. Seperti halnya manfaat kencur untuk Merpati, garam juga diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

Cara Pemberian Garam Untuk Merpati

Setelah mengetahui sejumlah manfaat garam untuk semua jenis burung Merpati, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pemberiannya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, sebenarnya tata cara pemberian garam untuk Merpati dapat dilakukan tergantung pada tujuannya.

Apabila pemberian garam dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh Merpati dari kotoran ataupun bakteri, kalian hanya perlu membutuhkan semprotan dan air secukupnya. Setelah itu, campurkan garam ke dalam air kemudian semprotkan ke kandang atau sangkar serta tubuh Merpati.

Jika ingin memberikan garam untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Merpati, kalian juga hanya perlu mencampurkannya ke dalam air minum di dalam sangkar. Namun, pastikan kalian memberikan porsi atau takaran garam yang dicampurkan ke dalam air minum Merpati tidak berlebihan.

Efek Samping Garam Untuk Merpati

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat garam untuk Merpati beserta cara hingga waktu ideal pemberiannya. Sebagai informasi tambahan, apabila kalian memberikan garam terlalu berlebihan, maka hal tersebut akan membuat Merpati menjadi cepat haus.

Ketika Merpati kekurangan cairan, maka kondisi tersebut biasanya akan menyebabkan kerusakan pada organ dalam, salah satunya yaitu ginjal. Bahkan lebih parahnya lagi, apabila pemberian garam dilakukan secara berlebihan, maka akan membuat Merpati mati.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat garam untuk Merpati semua jenis dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan garam untuk Merpati peliharaan di rumah.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.