√ Pakan Alami Ikan Lele Dari Tumbuhan

Pakan Alami Ikan Lele Dari Tumbuhan
Advertisements

Pakan Alami Ikan Lele Dari Tumbuhan – Salah satu pemberdayaan masyarakat selain bekerja secara konvensional yang cukup menjanjikan yaitu dengan budidaya ikan lele. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya jumlah peternak ikan lele dari hari ke hari, serta komoditas ikan lele yang juga semakin ketat. Dengan kondisi tersebut membuat para pembudidaya ikan lele berlomba-lomba untuk menghasilkan ikan lele yang berkualitas.

Nah untuk menghasilkan ikan lele yang berkualitas tentunya banyak faktor, dan salah satunya yaitu pakan ikan. Bahkan bisa dibilang pakan ikan adalah faktor paling signifikan yang mempengaruhi hasil panen ikan lele. Selain mempengaruhi hasil panen, pemberian pakan yang sehat juga dapat mencegah berbagai penyakit yang bisa menjangkit ikan lele serta tentunya mempercepat pertumbuhan ikan lele. Sumber makanan yang sehat serta kaya protein dan menjadi pakan utama ikan lele adalah berasal dari pelet.

Advertisements

Menggunakan pelet sebagai sumber pakan utama ikan lele membuat pertumbuhan ikan menjadi sangat cepat, bahkan dalam kurun waktu dua bulan saja ikan lele sudah siap panen. Hal ini tentunya akan membuat keuntungan para pembudidaya ikan lele semakin berlipat. Tetapi yang jadi permasalahan adalah saat ini harga pelet dari hari ke hari semakin mahal, sementara harga ikan lele relatif stabil.

Kondisi seperti ini membuat para pembudidaya ikan lele mancari solusi alternatif terkait dengan pakan lele. Beberapa pembudidaya ikan lele menggunakan pakan alami ikan lele yang terbuat dari tumbuhan sebagai solusinya. Pakan alami dari tumbuhan ini memiliki manfaat serta nilai gizi yang tidak kalah dari pelet, lalu apa saja jenis pakan alami ikan lele dari tumbuhan? sesuai judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut, dikesempatan kali ini birdsny akan berbagi informasi seputar yakni pakan alami ikan lele dari tumbuhan. Biar tidak penasaran, langsung saja simak ulasanya berikut ini.

Pakan Alami Ikan Lele Dari Tumbuhan

Pakan Alami Ikan Lele Dari Tumbuhan.

Pakan alami ikan lele dari tumbuhan menjadi solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan semakin mahalnya harga pelet. Pakan alami dari tumbuhan ini bisa kita olah sendiri sebagai pakan tambahan untuk penghematan dalam budidaya ikan lele. Nah berikut adalah beberapa contoh pakan alami ikan lele dari tumbuhan yang bisa para peternak lele coba lakukan guna mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

1. Pakan Alami Dari Tumbuhan Eceng Gondok

Pakan Alami Dari Tumbuhan Eceng Gondok

Tumbuhan eceng gondok atau yang selama ini dikenal sebagai gulma ini biasanya banyak ditemui di rawa-rawa atau waduk. Pemanfaatan tumbuhan ini sebagai pakan alternatif telah dibuktikan melalui uji coba yang dilakukan oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Pakan alami dari tumbuhan eceng gondok dapat menghasilkan pakan dengan kadar protein 32% dan konvesi pakan ke daging ikan yang dihasilkan sekitar 1,6 sampai 1,7 dimana data protein tersebut merupakan kadar protein yang sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia).

Advertisements

2. Pakan Alami Dari Dedaunan

Pakan Alami Dari Dedaunan

Berikut beberapa tumbuhan yang bisa dimanfaatkan daunnya sebagai pakan alami ikan lele :

Daun Pepaya

Daun pepaya bisa dijadikan pakan alami dari tumbuhan. Selain sebagai pakan daun tumbuhan pepaya ini juga dapat meningkatkan imunitas dan kekebalan ikan lele, kemudian daun pepaya juga dapat menjaga kadar PH (tingkat keasaman) air didalam kolam. Cara pemanfaatanya cukup mudah, yakni tinggal menaruhnya di dalam kolam maka dalam beberapa hari daun akan dipenuhi oleh lumut dan selanjutnya menjadi konsumsi ikan lele.

Daun Singkong

Cara pemanfaatan daun singkong menjadi pakan alami dari tumbuhan yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu memakai air hingga mendidih, kemudian setelah mendidih diamkan sampai dingin dahulu. Selanjutnya setelah dingin, peras daun singkong kemudian rendam lagi selama setengah hari. Setelah direndam selama setengah hari, tiriskan lalu jemur hingga kering. Jika daun singkong telah kering barulah bisa dijadikan pakan alternatif ikan lele.Pakan alami dari daun singkong ini memiliki kandungan protein tinggi, tidak kalah dengan kandungan protein yang dimiliki pelet.

Daun Turi

Daun turi dikenal memiliki kandungan gizi tinggi yang tentunya sangat bagus untuk pertumbuhan ikan lele. Namun untuk memenfaatkanya sebagai pakan alami ikan lele dari tumbuhan diperlukan kehati-hatian lebih. Hal ini karena dalam daun turi tidak hanya terdapat kandungan protein saja, namun juga terkandung serat kasar yang mana serat kasar tersebut tidak bisa dicerna oleh ikan sehingga jika dikonsumsi secara langsung bisa jadi ikan akan mengalami penyumbatan pencernaan.

Cara pemanfaatan daun turi sebagai pakan alami dari tumbuhan yaitu terlebih dahulu harus menghilangkan kandungan serat kasar daun turi dengan cara melakukan fermentasi selama 48 jam. Kemudian setelah difermentasi, jemur daun turi hingga benar-benar kering untuk selanjutnya di tumbuk/digiling sampai berbentuk tepung, setelah itu barulah bisa dikonsumsi ikan lele.

Daun Lamtoro

Cara pemanfaatanya sama dengan daun turi, yaitu setelah menjadi bentuk tepung barulah diberikan ke ikan lele. Menjadi pakan alami dari tumbuhan karena daun lamtoro memiliki kandungan protein tinggi.

Batang Pohon Pisang

Pemanfaatan batang tumbuhan pisang cukup mudah, caranya yaitu dengan memotong batang pisang lalu dibersihkan hingga tidak ada lagi zat lilin. Selanjutnya taruh batang pisang pada kolam berisi air selama kurang lebih 2-3 hari. Batang pisang yang didiamkan didalam air akan memunculkan belatung/larva, nah inilah yang selanjutnya menjadi pakan alternatif ikan lele. Pakan alami dari batang pisang ini sangat direkomendasikan pada ikan lele berumur 1-2 minggu.

Sebenarnya masih banyak tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ikan lele, seperti Azolla Microphylla, kangkung dan sebagainya. Namun sebagai bukti bahwa kita bisa memanfaatkan tumbuhan sebagai pakan alami alternatif untuk ikan lele, contoh diatas saya rasa cukup.

Cara Pemberian Pakan Lele Hasil Panen Maksimal

Cara Pemberian Pakan Lele Hasil Panen Maksimal
Advertisements

Berikut cara pemberian pakan yang baik menggunakan komposisi pelet dan pakan alami dari tumbuhan :

  • Benih lele ukuran panjang 5-7 cm, berikan pakan pelet sebanyak 2 kg untuk minggu pertama
  • Benih lele deberi pakan pelet 3 kg untuk minggu kedua
  • Benih lele diberi pakan pelet sebanya 4 kg untuk minggu ketiga
  • Kemudian pada minggu keempat ikan lele sudah bisa diberi pakan alami dari tumbuhan tetapi masih harus diberi pakan pelet dengan komposisi sebagai berikut : pelet 4 kg, kangkung 1 kg, turi 2 kg, daun pepaya 2 kg, daun lamtoro 1 kg.
  • Untuk minggu kelima berikan pakan lele dengan komposisi pelet 5 kg, kangkung 2 kg, daun pepaya 2 kg, daun lamtoro 1 kg dan daun turi 2 kg
  • Kemudian minggu keenam, pelet 6 kg, kangkung 3 kg, daun lamtoro 2 kg, daun turi 3 kg dan daun pepaya 3 kg
  • Selanjutnya minggu ketujuh, pelet 8 kg, kangkung 4 kg, daun pepaya 4 kg, daun lamtoro 2 kg dan turi 4 kg
  • Untuk minggu kedelapan, pelet 20 kg, kangkung 5 kg, daun pepaya 5 kg, daun lamtoro 3 kg dan daun turi 5 kg.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai pakan alami ikan lele dari tumbuhan yang bisa birdsny bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.