Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Manfaat Pelet Lele Untuk Burung Cendet : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Pelet Lele Untuk Burung Cendet

Manfaat Pelet Lele Untuk Burung Cendet – Cendet merupakan salah satu jenis burung yang tergolong cukup mudah sekali diperoleh serta memiliki kualitas suara yang bagus apabila dirawat dengan baik dan benar. Dimana Cendet sendiri termasuk ke dalam salah satu jenis burung yang jenis pakan utama di habitat aslinya adalah serangga.

Akan tetapi, pada saat dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, burung pemakan serangga ini kerap diberikan voer untuk dijadikan sebagai pakan utamanya. Sementara untuk serangga seperti jangkrik dan jenis ekstra fooding (EF) lainnya diberikan hanya sebagai makan tambahan burung Cendet saja.

Berbicara mengenai pakan tambahan, sebenarnya saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis EF yang bisa diberikan sebagai pelengkap kebutuhan dan asupan nutrisi jenis burung peliharaan, salah satunya yaitu pelet lele. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jenis pakan tambahan tersebut memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh burung Cendet.

Maka dari itu, jika kalian berencana memberikan burung Cendet pakan pelet lele, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat pelet lele untuk burung Cendet dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Pelet Lele

Kandungan Nutrisi Pelet Lele

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat pelet lele untuk burung Cendet berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sejumlah kandungan nutrisinya. Adapun beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam pakan pelet lele tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Protein.
  • Lemak.
  • Fiber (serat).
  • Kadar air.

Manfaat Pelet Lele Untuk Burung Cendet

Manfaat Pelet Lele Untuk Cendet

Seperti dijelaskan sebelumnya, pelet lele mengandung cukup banyak protein. Hal ini bertujuan supaya pertumbuhan lele bisa lebih cepat. Dimana kadar protein di dalam pakan pelet lele tersebut yaitu bisa mencapai 23% sampai 35%.

Sementara untuk voer burung Cendet hanya mengandung protein kurang lebih sekitar 14% hingga 18% saja. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap beberapa manfaat pelet lele untuk burung Cendet.

1. Menambah Stamina Burung Cendet

Manfaat pelet lele untuk Cendet pertama yaitu mampu menambah serta meningkatkan stamina burung. Pelet lele tersebut mampu membuat burung Cendet ngotot sehingga bisa mengeluarkan performa ngedur di lapangan. Maka dari itu, pelet lele kerap diberikan kepada burung Cendet ketika mereka hendak mengikuti kontes ataupun perlombaan.

2. Membuat Burung Cendet Rajin Bunyi

Kemudian pelet lele bermanfaat untuk membuat burung Cendet menjadi rajin bunyi dan gacor. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya semua kebutuhan asupan burung Cendet terpenuhi oleh pelet lele sehingga mereka akan merasa senang. Jadi, pelet lele juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatasi Cendet mbagong.

3. Membuat Burung Cendet Lebih Aktif

Seperti sudah disinggung sebelumnya, pelet lele mampu membuat stamina burung Cendet menjadi meningkat atau bertambah. Manfaat tersebut juga pastinya akan sangat terasa bagi burung Cendet, karena mereka biasanya akan menunjukan perilaku jauh lebih aktif dari sebelumnya. Dengan tingkah laku aktif burung Cendet tersebut bisa menjadikan kekebalan tubuhnya semakin meningkat.

4. Menghemat Pemberian Jangkrik

Manfaat pelet lele bagi burung Cendet terakhir yaitu untuk menghemat pemberian jangkrik sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF). Pasalnya, pelet lele dapat dijadikan sebagai pakan tambahan untuk menggantikan fungsi jangkrik. Selain itu, harga pelet lele di kios atau toko juga cenderung lebih murah dibandingkan jangkrik.

Cara Pemberian Pelet Lele Untuk Burung Cendet

Setelah mengetahui manfaat pelet lele untuk semua jenis burung Cendet, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara serta waktu ideal pemberiannya. Seperti halnya seperti voer, pemberian pelet lele untuk burung Cendet dilakukan melalui cepuk atau wadah makanannya di dalam sangkar.

Untuk porsi atau jumlah pemberian pelet lele sendiri secukupnya saja dalam keadaan kering. Apabila pemberian pelet lele untuk burung Cendet dilakukan pada saat musim hujan, maka kalian harus sering-sering menggantinya. Hal ini dikarenakan pelet lele mudah sekali jamuran apabila terkena air hujan.

Efek Samping Pelet Lele Untuk Burung Cendet

Efek Samping Pelet Lele Untuk Burung Cendet

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat pelet lele untuk burung Cendet dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya. Meskipun pelet lele sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh burung Cendet, namun tetap saja bahwa jenis pakan tambahan tersebut memiliki efek samping negatif.

Dimana jika pemberian pelet lele sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding untuk Cendet berlebihan, maka bisa membuat burung mengalami over birahi. Hal ini dikarenakan pelet lele mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bisa membuat birahi burung Cendet cepat naik.

Meskipun demikian, sebenarnya saat ini masih ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi burung Cendet over birahi, salah satunya yaitu menggunakan terapi full kerodong. Selain itu, pastikan bahwa pemberian pelet lele untuk Cendet dilakukan dalam keadaan kering. Sebab, jika pelet lele basah maka pakan tersebut akan mengalami jamuran dan berisiko menimbulkan penyakit bagi Cendet.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini pelet lele bisa dijadikan sebagai pakan tambahan bagi burung Cendet untuk menggantikan jangkrik. Akan tetapi, pastikan pemberian pelet lele untuk burung Cendet dilakukan dalam keadaan kering dan sesuai dengan porsinya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat pelet lele untuk burung Cendet dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan pelet lele untuk burung Cendet.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.