Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Penyebab Ekor Kucing Bengkok & Cara Mengatasinya!

Penyebab Ekor Kucing Bengkok
Advertisements

Penyebab Ekor Kucing Bengkok – Mungkin sebagian besar dari kalian setuju bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Adapun beberapa alasan seseorang memutuskan untuk memelihara kucing sendiri diantaranya yaitu seperti bentuknya lucu serta pola tingkahnya menggemaskan.

Diantara sekian banyaknya jenis hewan peliharaan lainnya, kucing menjadi salah satu hewan paling populer dengan beraneka ragam pilihan jenis. Dalam proses memelihara kucing sendiri, pemilik kucing tentunya harus memperhatikan beberapa kondisi yang bisa terjadi pada kucingnya, salah satunya yaitu seperti ekor bengkok.

Advertisements

Perlu diketahui, ternyata kucing dengan kondisi ekor tidak normal seperti itu hanya bisa kalian temui di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi para pemula mengeluhkan bahwa mereka tidak mengerti apa yang membuat ekor kucing menjadi bengkok.

Maka dari itu, apabila diantara kalian memiliki kucing peliharaan di rumah dengan kondisi seperti di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai beberapa penyebab ekor kucing bengkok beserta tata cara ataupun solusi mengatasinya.

Penyebab Ekor Kucing Bengkok

Penyebab Ekor Kucing Bengkok 1
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi ekor kucing tidak normal tersebut sebenarnya hanya bisa ditemui di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa penyebab ekor kucing menjadi bengkok, entah itu dari faktor internal maupun eksternal.

1. Faktor Genetik Kucing

Penyebab pertama kenapa ekor kucing bengkok yaitu karena faktor keturunan ataupun genetik. Dimana kondisi tersebut menjadikan ekor bengkok bukan merupakan masalah serta menjadi keadaan normal pada kucing tertentu. Secara garis besarnya, ekor bengkok secara genetik tersebut terjadi akibat mutasi random.

Advertisements

Dengan kata lain, faktor genetik yang dimaksud ialah kucing secara alami mewarisi bentuk ekor milik indukannya. Jadi, kondisi ekor kucing bengkok karena faktor genetik ini tidak dapat diatasi serta tidak juga akan menyebabkan timbulnya beberapa kondisi berbahaya bagi kesehatan tubuhnya.

2. Respon Psikis Kucing

Selain faktor genetik, penyebab ekor kucing bengkok juga bisa dikarenakan adanya respon psikis yang ditunjukannya melalui perilaku fisik terhadap kondisi tertentu. Adapun beberapa kondisi kucing sehingga membuat ekornya menjadi bengkok tersebut diantaranya yaitu seperti kucing ingin berteman, kucing merasa terintimidasi hingga kucing dalam kondisi cemas.

3. Penyakit Kucing

Apabila beberapa hal di atas merupakan beberapa penyebab ekor kucing bengkok karena keadaan normal, namun kali ini sedikit berbeda, yaitu kelainan pada kucing. Dimana ekor bengkok akibat kondisi penyakit atau kelainan tersebut bisa terjadi karena adanya sumbatan aliran darah yang menyebabkan bagian ekor menjadi tidak teraliri oksigen sehingga selnya akan mati sebagian serta menyebabkan ekor menjadi bengkok hingga patah.

4. Ekor Kucing Patah

Adapun penyebab ekor kucing bengkok terakhir yaitu karena patahnya ekor tersebut. Dimana ekor patah ini bisa disebabkan oleh pengaruh fisik tertentu seperti akibat bertarung dengan kucing lain atau karena terlindas roda kendaraan. Patahnya ekor kucing juga bisa terjadi akibat salahnya perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya.

Cara Mengatasi Ekor Kucing Bengkok

Setelah mengetahui beberapa penyebab ekor kucing bengkok, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana tata cara ataupun solusi untuk mengatasinya. Perlu diketahui, sebenarnya tidak ada cara pasti yang bisa dilakukan untuk meluruskan ekor kucing bengkok tersebut.

Namun, jika ekor kucing bengkok karena respon psikis terhadap lingkungan sekitar, maka kalian bisa mengatasinya dengan cara memberikan ketenangan pada kucing, seperti mengelus bulu tubuhnya. Nah, ketika ekor kucing bengkok karena disebabkan oleh penyakit atau kelainan, maka sebaiknya cegah sejak dini.

Seperti halnya saat ingin mencegah gangguan organ peredaran darah kucing, kalian juga bisa mencegah terjadinya ekor bengkok dengan cara melakukan imunisasi pada anak kucing. Selain itu, supaya anak kucing bisa tumbuh kembang dengan sehat, saran kami sebaiknya berikan juga vitamin ataupun suplemen tambahan selain makanan bergizi.

Bahaya Menarik Ekor Kucing

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa penyebab ekor kucing bengkok hingga solusi mengatasinya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, mungkin alasan seseorang memelihara kucing di rumah mereka yaitu karena terlihat gemas serta lucu.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sebenarnya kalian tidak diperbolehkan untuk menarik ekor kucing secara paksa. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tulang ekor kucing merupakan perpanjangan dari tulang belakang. Dengan kata lain, di dalam ekor kucing terdapat spinal cord, medula spinalis ataupun STB (sumsum tulang belakang).

Jadi, dapat dikatakan bahwa di dalam ekor kucing terdapat cukup banyak saraf yang langsung terhubung ke otak dengan fungsi berbeda-beda. Ketika kalian menarik ekor kucing secara sembarangan, maka saraf-saraf di dalamnya juga bisa ikut tertarik dan menyebabkan beberapa hal seperti berikut ini.

  • Kucing susah buang air kecil.
  • Kucing susah buang air besar.
  • Kucing lumpuh.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar beberapa penyebab kucing ekor bengkok dilengkapi dengan cara atau solusi mengatasinya hingga bahaya menarik ekor kucing. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi kucing dengan ekor bengkok yang tidak normal.

Sumber gambar : parapuan.co

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *