Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

3 Cara Memberi Makan Ikan Nila yang Masih Kecil

Cara Memberi Makan Ikan Nila yang Masih Kecil
Advertisements

Cara Memberi Makan Ikan Nila yang Masih Kecil – Ketika hendak menekuni pembenihan ikan nila, maka hal pertama kali yang harus kalian ketahui yaitu tentang perbedaan antara jantan dan betina. Setelah itu, kalian juga pastinya harus mengetahui bagaimana cara pembenihan ikan nila yang benar sampai akhirnya menghasilkan larva yang banyak.

Dimana proses pembudidayaan ikan nila hingga siap jual sendiri tak lepas dari beberapa hal penting, mulai dari kolam pendederan sampai jenis makanan atau pakannya. Apabila salah dalam pemberian pakan pada ikan nila yang masih kecil, tentunya akan berdampak kurang baik untuk kedepannya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Advertisements

Secara garis besarnya, untuk saat ini jenis makanan yang diberikan untuk ikan nila masih kecil ditentukan berdasarkan umur atau usianya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap bertambahnya ukuran dan umur ikan nila mempunyai nama-nama yang berbeda dan perlakuan berbeda pula dalam pemberian pakannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana untuk membudidayakan ikan nila mulai dari benih hingga siap jual, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara pemberian pakannya. Nah, untuk membantunya kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara memberi makan ikan nila yang masih kecil berdasarkan umurnya.

Jenis Pakan Ikan Nila yang Masih Kecil

Jenis Pakan Ikan Nila yang Masih Kecil

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pemberian makan ikan nila perlu memperhatikan kandungan nutrisi yang tepat, entah itu dari segi pakan ikan alami maupun pakan ikan buatan. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara memberi makan ikan nila yang masih kecil lebih lanjut, berikut kami berikan daftar beberapa jenis pakannya.

  • Tumbuhan azolla.
  • Daun talas.
  • Kangkung.
  • Cacing sutera.
  • Lumut.
  • Kutu air.
  • Artemia.
  • Dedak.
  • Sisa nasi.
  • Ampas kelapa.
  • Pelet.

Cara Memberi Makan Ikan Nila yang Masih Kecil

Tata Cara Memberi Makan Ikan Nila yang Masih Kecil
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa jenis pakan ikan nila sesuai dengan kandungan gizi dan nutrisinya, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu bagaimana tata cara pemberiannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, sebenarnya saat ini pemberian makan ikan nila yang masih kecil dilakukan sesuai dengan usia ataupun umurnya.

Advertisements

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab setiap pertumbuhan ikan nila nantinya membutuhkan adanya jenis pakan yang tepat, entah itu dari segi nutrisi maupun gizinya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan mengenai cara memberi makan ikan nila yang masih kecil berdasarkan umurnya di bawah ini.

Ikan Nila Masih Kecil Baru Menetas

Cara memberi makan ikan nila yang masih kecil pertama yaitu diperuntukkan bagi ikan yang baru menetas. Dimana ikan nila ini bisa disebut juga sebagai Larva dengan ukuran sekitar 0.5 cm sampai 0.7 cm. Pemberian jenis pakan untuk Larva ikan nila sendiri sebaiknya lebih diutamakan terhadap kandungan protein yang tinggi seperti Rotifera sp, Moina sp dan Daphnia sp yang mengandung zooplankton.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 10 Hari

Kemudian setelah mereka memasuki usia 10 hari, maka ikan nila tidak lagi disebut Larva, melainkan Kebul. Biasanya, ikan nila Kebul mempunyai ukuran panjang sekitar 1.5 cm. Sementara untuk cara pemberian makan ikan nila yang masih kecil ini sebenarnya sama seperti saat masih berumur Larva.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 20 Hari

Masih sama seperti ikan nila yang masih kecil sebelumnya, usia ikan nila saat memasuki 20 hari juga disebut sebagai Kebul, namun dengan ukuran lebih panjang yaitu sekitar 2.5 cm. Selain itu, dari segi perlakuan Kebul juga sama seperti usia 10 hari sehingga untuk jenis makanannya yaitu serupa dengan Larva.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 25 Hari

Untuk ikan nila yang masih kecil berumur 25 hari mempunyai nama berbeda, yakni Gabar. Secara garis besarnya, Gabar mempunyai ukuran panjang tubuh sekitaar 2.8 cm serta tinggi 0.8 cm. Jika dilihat dari segi jenis pakannya, maka Gabar sebaiknya diberikan makan berupa pelet serbuk dengan kandungan protein 20%-30% sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 30 Hari

Cara memberi makan ikan nila yang masih kecil selanjutnya yaitu dilakukan saat mereka memasuki usia 30 hari dengan panjang tubuh 3 cm serta tinggi 1 cm. Masih disebut dengan Gabar, ikan nila yang masih kecil ini bisa diberi makan jenis pelet serbuk berupa F-999 / PF-1000.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 35 Hari

Kemudian ikan nila akan masuk ke dalam tahap atau proses pertumbuhan selanjutnya pada umur 35 hari. Masih sama seperti sebelumnya, ikan nila yang masih kecil ini disebut sebagai Gabar dengan ukuran panjang 4 sampai 4.5 cm. Karena perilakunya sama seperti tahap sebelumnya, maka pemberian jenis pakannya juga berupa pelet serbuk.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 40 Hari

Ketika ikan nila yang masih kecil memasuki usia 40 hari, maka tata cara memberi makan atau pakannya juga sama seperti saat seperti sebelumnya, yaitu serbuk pelet. Masih disebut dengan Gabar, namun ikan nila yang masih kecil tersebut mempunyai ukuran tubuh sedikit lebih besar, yaitu memiliki panjang sekitar 5 cm.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 45 Hari

Pada saat ikan nila yang masih kecil memasuki umur 45 hari atau disebut dengan nama Belo, maka panjang tubuhnya akan bertambah menjadi 5.5 cm sampai 6 cm. Pemberian pakan Belo jumlahnya harus 3% dari bobot tubuhnya. Selain itu, kadar protein yang terkandung dalam pakan yaitu 20%-30% supaya laju pertumbuhan benih bisa cepat besar.

Kalian bisa memberi makan ikan nila yang masih kecil berumur 45 hari ini dengan pelet F-999 / PF-1000 sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Sebagai informasi tambahan, benih ikan nila yang disebut Belo mempunyai ukuran mulai dari 5 cm sampai 8 cm atau mulai umur 45 hingga 70 hari.

Ikan Nila Masih Kecil Umur 100 Hari

Cara memberi makan ikan nila yang masih kecil terakhir yaitu dikhususkan ketika mereka sudah mencapai usia 100 hari. Dimana ikan nila ini biasanya mempunyai panjang tubuh sekitar 8 cm sampai 12 cm. Karena pada usia tersebut termasuk sudah dewasa, maka kalian juga bisa memberikan pakan olahan seperti daun pepaya agar ikan nila cepat besar.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar tata cara memberi makan ikan nila yang masih kecil berdasarkan umurnya, entah itu dari segi pakan alami maupun buatan. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberi makan ikan nila yang masih kecil.

Sumber gambar : gdm.id, pinhome.id

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *