Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Meloloh Lovebird

Cara Meloloh Lovebird

Cara Meloloh Lovebird – Sebagai peternak burung Lovebird pastinya harus mengetahui bagaimana cara pemberian pakan yang baik dan benar. Sebab, jika terdapat suatu kesalahan dalam hal ini, dapat membuatnya terluka.

Anakan Lovebird yang masih perlu di loloh sendiri memiliki fisik cukup rapuh, serta rentan sekali mengalami cidera. Terutama pada bagian paruh dan juga leher, jadi sobat dapat melolohnya dengan pelan.

Jadi, dalam hal ini perlu belajar bagaimana cara meloloh anakan Lovebird dengan baik dan benar. Terdapat banyak sekali cara untuk meloloh, diantaranya yaitu menggunakan sendok, spet, atau tangan secara langsung.

Apakah kalian sudah dapat melolohnya, agar tidak menyakiti fisik Lovebird anakan? Jika belum, langsung simak beberapa tips atau metode untuk memberi makan anakan yang baik dan benar.

Cara Meloloh Lovebird Baru Menetas

Anakan Lovebird Baru Menetas

Cara pertama yaitu menggunakan sendok. Pastinya sendok yang akan digunakan juga berukuran kecil, agar tidak terlalu susah untuk memasukan makanan ke paruhnya.

Jika menggunakan sendok terlalu berbahaya, maka gunakan alat lainnya. Hal terpenting dalam meloloh anakan Lovebird baru menetas adalah kesabaran dan konsisten.

Peralatan Meloloh

Peralatan

Sebelum masuk ke bagian bagaimana cara meloloh yang baik dan benar, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

  • Spet atau Spuit.
  • Pentil bertekstur lentur.
  • Sendok kecil.
  • Termometer.
  • Wadah pakan.
  • Tisue, untuk membersihkan sisa makanan.
  • Inkubator.

Itulah beberapa peralatan yang perlu disiapkan untuk membuat bubur loloh sendiri. Jika pembuatannya dilakukan secara mandiri, jadi dapat memilih bahan-bahannya sendiri. Pastikan bahan pembuatan nantinya harus bersih dan juga memiliki kandungan gizi yang cukup.

Tahapan Meloloh

Tahapan Meloloh

Jika sudah memperisiapkan beberapa peralatan diatas, maka selanjutnya mulai masuk dalam tahapan meloloh. Untuk lebih jelasnya, maka langsung ikuti beberapa tahapan di bawah ini.

  1. Cara meloloh pertama yaitu menyiapkan bubur loloh terlebih dahulu.
  2. Kemudian, cairkan bubur menjadi sedikit kental.
  3. Jika sudah, masukan bubur ke alat spet.
  4. Ambil burung lolohan tersebut, masukan pelan-pelan bagian karet pentil pada paruh burung.
  5. Jika lolohan sudah membuka paruhnya, maka cara selanjutnya adalah memasukan bubur pada paruhnya.
  6. Apabila sisa makanan banyak menempel pada bulu halusnya, langsung saja bersihkan menggunakan tisue.
  7. Memberi pakan poda anakan Lovebird berusia 0 sampai 5 hari, biasanya sobat dapat meloloh sekitar 4 hingga 5 jam sekali.
  8. Jika sudah berumur 10 hari keatas, maka cara pemberiannya dapat dilakukan sebanyak 4 kali sehari.
  9. Lakukan metode tersebut hingga Lovebird mandiri.
  10. Apabila sudah selesai, letakan kembali lolohan tersebut ke dalam inkubator.

Itulah beberapa cara atau langkah-langkah untuk dapat diikuti, silahkan lakukan pemberian pakan sesuai aturan dan juga porsinya. Hal tersebut bertujuan agar lolohan tidak mati, lalu memiliki tumbuh kembang cukup baik.

Cara Membuat Pakan Untuk Meloloh Anakan Lovebird

Cara Membuat Pakan

Nah, setelah sobat memberi makan anakan Lovebird, maka perlu mengetahui apa saja jenis pakan yang bagus untuk mempercepat pertumbuhannya. Untuk lebih jelasnya, maka simak langsung pembahasan selengkapnya berikut ini.

  1. Jenis pakan yang cocok untuk Lovebird anakan sendiri dapat sobat peroleh dengan mudah, biasanya tersedia di kios pakan burung terdekat. Namun, jika masih merasa kesulitan saat membelinya secara online, juga dapat membuatnya dengan cara sendiri.
  2. Untuk mengetehui apa saja komposisi pakan lolohan tinggi nutrisi, maka langsung simak beberapa jenis pakan terbaik sebagai berikut.
  3. Siapkan beberapa bahan untuk meracik pakan lolohan Lovebird, diantaranya seperti padi, milet, apel, telur, cangkang telur, serta minyak zaitun.
  4. Aduk beberapa bahan tersebut hingga tercampur merata. Jika tidak mau ribet, maka caranya yaitu mengunakan blender untuk menghaluskan beberapa bahan tersebut.
  5. Jika semua bahan sudah menjadi bubuk, lalu menjemur atau memasukan ke dalam oven.
  6. Setiap ingin meloloh, silahkan ambil secukupnya saja racikan tersebut.
  7. Jika sudah tidak digunakan, simpan kembali ditempat rapat dan juga kering.

Nah, di atas ini merupakan beberapa tahapan dalam cara pembuatan pakan lolohan. Tujuannya membuat dengan bahan dasar tersebut juga dikarenakan banyaknya kandungan didalanya mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Namun, jika waktu cukup padat kesibukan, maka bisa juga membelinya langsung di kios pakan burung terdekat. Tersedia dengan nama BUBUR LOLOHAN BINTANG ABADI, dalam kemasan siap konsumi.

Kesimpulan

Jadi, untuk memberikan pakan dengan cara meloloh yaitu membutuhkan peralatan khusus, seperti halnya spet, sendok kecil, dan lain sebagainya. Kemudian, silahkan bisa melakukan tahapan dengan waktu sesuai.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara meloloh Lovebird baru menetas, pastinya memerlukan tahapan yang baik dan benar. Sehingga paruhnya tidak terluka. terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *