Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

25 Cara Mengatasi Cendet Mbagong & Penyebabnya!!

Cara Mengatasi Cendet Mbagong
Advertisements

Cara Mengatasi Cendet Mbagong – Seperti diketahui, burung Cendet atau Pentet memang pada dasarnya selalu menarik perhatian. Terlebih lagi Cendet sendiri mempunyai sifat fighter yang selalu menjaga daerah kekuasaannya dari burung lain. Akan tetapi, tidak semua penggemar Cendet mengerti bagaimana pola perawatan hariannya dengan baik dan benar.

Pada musim hujan atau dingin, biasanya burung Cendet kerap mengembangkan bulunya atau biasa disebut mbagong. Hal tersebut tentunya menjadi kerugian tersendiri bagi pemilik Cendet karena kinerjanya biasanya akan menurun, bahkan lebih parahnya lagi mereka tidak akan mengeluarkan bunyi sama sekali alias macet bunyi.

Advertisements

Perlu diketahui, Cendet mbagong tentunya dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena kesalahan perawatan harian ataupun karena kesalahan pemberian pakannya. Sebenarnya, semua permasalahan pada burung Cendet dapat diatasi apabila pemiliknya mengerti bagaimana tahapan-tahapannya, termasuk masalah mbagong atau miyik.

Oleh sebab itu, jika diantara kalian mengalami permasalahan serupa terkait Cendet mbagong, ada baiknya pahami bagaimana cara mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini membantu membahas secara tuntas bagaimana cara mengatasi Cendet mbagong dilengkapi sejumlah penyebab permasalahannya.

Penyebab Cendet Mbagong

Penyebab Cendet Mbagong

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi Cendet mbagong berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Secara garis besar, terdapat berbagai macam faktor yang menyebabkan Cendet mbagong atau miyik, meskipun sudah dewasa.

Dimana beragam faktor penyebab Cendet mbagong tersebut dapat berasal karena pola perawatan harian salah ataupun karena pemberian pakannya tidak benar. Adapun beberapa penyebab burung Cendet mbagong tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Advertisements

1. Pemberian Pakan Cendet Tidak Teratur

Pemberian pakan yang tidak teratur atau tidak memenuhi standar nutrisi bisa menjadi penyebab pertama mengapa Cendet bersikap mbagong. Hal ini tentunya dikarenakan Cendet kekurangan nutrisi atau bahkan dapat defisiensi mineral serta vitamin.

2. Kesalahan Dalam Pemberian Pakan Cendet

Penyebab Cendet mbagong selanjutnya yaitu karena kesalahan dalam pemberian pakannya. Seperti diketahui, Cendet mempunyai adaptasi berupa paruh bercagak guna mendukungnya sebagai predator. Mangsa hariannya biasanya yaitu seperti kadal, ikan kecil serta burung kecil. Apabila menu hariannya hanya voer ataupun jangkrik saja, maka kemungkinan besar naluri predatornya akan hilang.

3. Cendet Mengalami Masa Menjelang Mabung

Kemudian Cendet akan mengalami atau menjelang masa mabung juga biasanya akan menunjukan perilaku mbagong. Dimana pada masa menjelang mabung umumnya Cendet akan menunjukan sikap miyik atau manja, memakan jangkrik dengan porsi banyak, warna bulu kusam, jatuh bulu hingga mata melotot.

4. Cendet Bersifat Manja

Apabila kalian kerap memberikan pakan langsung dari tangan, maka Cendet akan cenderung bersifat manja, seperti pemberian jangkrik. Selain itu, kebiasaan buruk seperti menggoda Cendet dan melambaikan tangan di depannya juga bisa menjadikannya semakin manja.

5. Cendet Sakit

Penyebab terakhir Cendet mbagong yaitu karena mereka mengalami gangguan atau permasalahan kesehatan. Dimana pada keadaan tersebut, dapat dipastikan Cendet akan ngedrop. Hal ini umumnya ditandai dengan gejala seperti Cendet tidak mau makan, mata mengecil atau sayu hingga fisiknya terlihat tidak sehat.

Cara Mengatasi Cendet Mbagong

Cara Mengatasi Burung Cendet Mbagong
Advertisements

Setelah mengetahui apa saja penyebab Cendet mbagong atau miyik, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Pada dasarnya, cara mengatasi burung Cendet mbagong mungkin tidak akan jauh berbeda seperti saat mengatasi Kacer mbagong.

Dimana apabila pola perawatan harian serta pemberian pakan Cendet dilakukan secara benar, maka kemungkinan sikap mbagong secara perlahan akan hilang. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara mengatasi Cendet mbagong berikut ini, entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Cendet

Cara mengatasi Cendet mbagong pertama yaitu mencukupi kebutuhan asupan nutrisi setiap harinya. Cobalah untuk menambahkan porsi makan Cendet setiap harinya. Dimana makanan yang baik untuk Cendet atau Pentet ialah voer yang memiliki kandungan protein sedang serta cacing setiap dua kali seminggu.

2. Terapi Mandi Malam

Cara mengatasi Cendet mbagong atau miyik selanjutnya yaitu melakukan terapi mandi pada malam hari. Pemandian Cendet ini tidak perlu dilakukan sampai tubuh basah kuyup, namun cukup semprotkan air sedikit saja. Selanjutnya silahkan gantung sangkar Cendet di dekat cahaya lampu supaya cepat kering. Kemudian jangan lupa untuk memberikan jangkrik ataupun ulat.

3. Gantung Cendet di Tempat Sepi

Menggantung sangkar atau kandang Cendet di tempat sepi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi burung bersikap mbagong. Hal ini dikarenakan nantinya Cendet tidak akan merasa terganggu dengan suasana bising di sekitarnya sehingga mereka bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang.

4. Lakukan Terapi Full Kerodong

Cara selanjutnya yaitu melakukan terapi full kerodong pada sangkar Cendet. Setelah seluruh sangkar tertutup oleh kain kerodong, kemudian gantunglah di tempat sepi. Tujuan dilakukannya terapi full kerodong yaitu supaya Cendet tidak sering berinteraksi bersama manusia sehingga sifat manjanya bisa hilang. Sebagai informasi tambahan, cara ini juga sebenarnya dapat dilakukan apabila kalian hendak mengatasi Cendet kelabakan.

5. Berikan Cendet Jangkrik

Memberikan pakan jangkrik dengan porsi banyak juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi Cendet mbagong. Tujuannya yaitu agar Cendet merasa puas serta tidak lagi merengek saat melihat pemiliknya. Selain itu, pemberian jangkrik porsi banyak juga bertujuan supaya kebutuhan protein Cendet tercukupi.

6. Lakukan Terapi Kejut

Lakukan terapi kejut pada Cendet supaya kebiasaan mbagong atau miyik tidak berkelanjutan. Maksud dari terapi kejut ini yaitu untuk memberikan efek trauma kepada Cendet setiap kali mereka akan berperilaku mbagong. Cara melakukannya yaitu seperti menyemprotkan air dingin (air es) atau menggebrak sangkarnya ketika Cendet menunjukan sikap mbagong.

7. Berikan Pakan Berkualitas

Memberikan pakan berkualitas juga menjadi rekomendasi cara mengatasi Cendet mbagong selanjutnya. Pastinya pakan berkualitas akan membuat Cendet tercukupi dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Dengan begitu, maka Cendet tidak akan lagi meminta makanan dengan manja.

8. Berikan Pakan Ekstra Fooding (EF)

Selain memberikan pakan utama berkualitas, kalian juga bisa mengatasi Cendet mbagong dengan memberikan pakan esktra fooding (EF). Adapun beberapa jenis EF yang bisa diberikan untuk mengatasi Cendet mbagong diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Belalang
  • Kadal kecil
  • Cicak
  • Jangkrik
  • Orong-orong
  • Ikan-ikan kecil
  • Daging mentah
  • Katak kecil

9. Lakukan Pengembunan

Cara mengatasi Cendet mbagong terakhir yaitu dengan melakukan terapi pengembunan. Dimana terapi pengembunan ini dapat dilakukan saat pagi hari, yaitu sekitar pukul 5. Pasalnya, udara di waktu tersebut memang sangat menyegarkan, terlebih lagi ketika musim hujan.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mengatasi Cendet mbagong sebenarnya dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Namun, akan lebih baik jika kalian hendak mengatasi Cendet mbagong, saran kami sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa penyebab permasalahannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Cendet mbagong dilengkapi penyebabnya, entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi burung Cendet atau Pentet bersikap mbagong.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *