Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi – Kenari merupakan salah satu burung banyak peminatnya. Biasanya orang memelihara kenari untuk dijadikan guru vokal untuk burung kicau lainnya. Namun ada juga yang memelihara kenari untuk di ikut sertakan dalam perlombaan.

Kenari juga memiliki berbagai macam jenis seperti penjelasan kami pada artikel JENIS BURUNG KENARI dan setiap jenisnya juga memiliki keunggulan berbeda-beda. Selain itu kenari juga memiliki warna bulu berbeda-beda sehingga membuatnya indah dan menawan.

Bunyinya sangat merdu dan memiliki suara kristal merupakan salah satu kelebihan dari kenari. Namun memelihara kenari juga tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya kamu akan mengalami kendala pada saat memeliharanya. Salah satu kendala sering dialami saat memelihara kenari yaitu macet bunyi atau tidak mau berbunyi.

Macet bunyi merupakan hal yang sering menjadi kendala pada saat memelihara kenari. Untuk orang awam pasti kebingungan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu pada artikel ini kami akan menjelaskan cara cara untuk mengatasi kenari macet bunyi.

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Kenari macet bunyi pasti ada sebabnya, contohnya yaitu saat selesai dikawinkan atau karena mabung. Memang tidak semua kenari macet bunyi disebabkan oleh kedua hal tersebut, namun kebanyakan memang itulah menjadi pokok permasalahannya. Jika kamu beranggapan bahwa kenari macet bunyi itu tidak bisa kembali berbunyi seperti sebelumnya itu sebenarnya salah. Sebab kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menerapkan cara cara dibawah ini.

1. Embun Kenari Macet Bunyi Di Pagi Hari

1. Embun Kenari Macet Bunyi Di Pagi Hari

Cara pertama yaitu embun kenari macet bunyi secara rutin di padi hari. Hal ini dikarenakan udara di pagi hari masih sejuk dan segar sehingga lebih cepat merangsang kenari untuk cepat bunyi kembali. Lakukanlah cara ini setiap jam 5 pagi hingga jam 8 pagi itu sudah cukup.

2. Memandikan Kenari Setiap Pagi

Memandikan Kenari Setiap Pagi

Cara selanjutnya yaitu memandikan kenari rutin setiap hari pada pukul 8 pagi. Untuk kenari yang susah untuk mandi kamu bisa mengatasi dengan cara menyemprot. Ini bertujuan agar kenari memiliki badan segar kembali. Jika keadaannya sudah mulai membaik, maka kenari biasanya akan mandi sendiri di dalam wadah minumnya.

3. Berikan EF Bergizi Secara Rutin

Berikan EF Bergizi Secara Rutin

Berikutnya yaitu berikan EF bergizi secara rutin. Kamu bisa menggunakan telur puyuh, sawi putih, buah apel, jagung, dan lainnya. EF ini sangat berguna untuk pertumbuhan kenari karena memiliki banyak gizi. Bukan hanya untuk kenari macet bunyi saja, kenari gacor juga wajib diberikan EF.

4. Memancing Dengan Suara Kenari Betina

Memancing Dengan Suara Kenari Betina

Ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi kenari macet bunyi, yaitu memancing kenari menggunakan suara kenari betina birahi. Otomatis birahi kenari macet bunyi akan naik dan bisa merangsang agar kembali bunyi seperti sebelumnya. Kamu juga bisa menggabungkan keduanya selama 1 hari.

5. Memancing Dengan Kenari Gacor

Memancing Dengan Kenari Gacor

Selain menggunakan suara betina, kamu juga harus memancingnya menggunakan suara kenari jantan gacor. Caranya yaitu letakkan kenari gacor disamping kenari macet bunyi berjarak 1 meter dengan di skat menggunakan kerobong. Nantinya kenari bisa mendengarkan suaranya namun tidak saling melihat sehingga membuat mentalnya kembali pulih.

6. Menggunakan Metabolis Selama Terapi

Menggunakan Metabolis Selama Terapi

Cara terakhir yaitu meneteskan metabolis kedalam wadah minuman kenari. Jika kamu sudah melakukan cara ke lima namun belum berhasil juga, kamu bisa menerapkan cara ini kepada kenari macet bunyi. Sebab metabolis sendiri dibuat khusus untuk mengatasi kenari macet bunyi supaya dapat kembali bunyi seperti sebelumnya.

Kesimpulan

Itulah cara cara mengatasi kenari macet bunyi versi Birdny.com sampaikan. Namun pada proses ini kamu harus sabar, sebab mengembalikan kenari macet bunyi itu sedikit lama sekitar 2 minggu hingga 1 bulan lebih tergantung kondisi kenari tersebut. Mungkin saja cara kami berbeda dengan lainnya, sebab setiap orang memiliki cara masing-masing dan itu pun tidak masalah. Kamu bisa memilih manakah cara yang akan kamu terapkan. Sekian penjelasan dari kami dan selamat mencoba.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Batman

Hidayat
4 min read

Umur Lovebird Ngekek Panjang

Hidayat
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *