Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Menurunkan Birahi Kenari

cara menurunkan birahi kenari

Cara Menurunkan Birahi Kenari – Perlu kamu ketahui kenari merupakan salah satu burung yang sejak dahulu banyak digemari oleh kicau mania. Warnanya yang indah dan menawan membuat setiap orang tertarik untuk memeliharanya. Kenari Juga memiliki banyak jenis seperti penjelasan kami pada artikel JENIS BURUNG KENARI.

Selain warna, kenari juga memiliki suara kicau yang sangat merdu dan berirama. Oleh karena itu banyak orang menggunakan kenari sebagai guru vokal untuk burung kicau lainnya seperti murai batu, cucak ijo, kacer, dan lainnya.

Namun perlu kamu ketahui bahwa kenari juga memiliki birahi yang bisa terjadi kapan saja. Nah birahi tersebut juga bisa menimbulkan permasalahan untuk kenari jika terlalu tinggi. Birahi terlalu tinggi akan membuat kenari terlihat galak saat bertemu sesama jenisnya.

Hal tersebut membuat performa kenari menjadi menurun dan parahnya bisa di diskualifikasi saat diikutkan perlombaan. Oleh karena itu kenari yang memiliki birahi tinggi harus segera diturunkan agar memiliki performa yang bagus kembali.

Cara Menurunkan Birahi Kenari

Kenari yang memiliki birahi tinggi dalam jangka waktu lama juga bisa merubah karakternya menjadi jinak terhadap manusia. Sebab kenari birahi tinggi umumnya akan terlihat jinak pada saat tangan kita dimasukkan kedalam sangkar. Selain itu sayap kenari juga akan turun ketika memiliki birahi terlalu tinggi layaknya sedang dimandikan. Maka dari itu kenari yang memiliki birahi berlebihan harus segera diturunkan. Nah dibawah ini kami sudah jelaskan cara cara untuk menurunkan birahi kenari dengan mudah.

1. Menggunakan Pakan Rendah

Menggunakan Pakan Rendah

Maksud dari pakan rendah yaitu pakan yang mengandung nutrisi rendah. Sebab pakan rendah akan membantu menurunkan birahi pada kenari. Jika kamu masih tetap menggunakan pakan tinggi, maka birahinya tidak akan menurun melainkan akan semakin tinggi.

2. Berikan Timun Sebagai EF

Berikan Timun Sebagai EF Kenari

Cara berikutnya yaitu gunakan timun sebagai EF harian untuk membantu menurunkan birahi. Sebab timun memiliki kandungan nutrisi sangat baik untuk menurunkan birahi. Alangkah baiknya kamu juga memberikan sayur sawi putih untuk cemilan lainnya.

3. Jemur Kenari Untuk Menurunkan Birahi

Jemur Kenari Untuk Menurunkan Birahi

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa kenari over birahi tidak boleh dijemur. Namun itu tidak sepenuhnya benar, sebab kenari birahi juga butuh sinar matahari untuk menghangatkan tubuh. Tetapi penjemuran kenari over birahi tidak boleh terlalu lama, yaitu sekitar 10 sampai 15 menit saja itu sudah cukup.

4. Embun Kenari di Malam Hari

Embun Kenari di Malam Hari

Cara selanjutnya yaitu embun kenari pada malam hari. Kamu bisa melakukan cara ini pada pukul 9 sampai 11 malam. Selain embun, kamu juga harus semprot embun kenari pada setiap sisi badannya sebanyak 1 kali. Hal ini bertujuan agar kenari kembali segar sehingga seiring berjalannya waktu birahinya akan menurun.

5. Kenari Non Umbar

Kenari Non Umbar

Arti dari non umbar yaitu kenari jangan diumbar terlebih dahulu. Sebab kenari over birahi akan memiliki suhu tubuh panas. Jadi jika diumbar akan menaikkan suhu tubuhnya dan semakin over birahi. Maka dari itu sebaiknya kenari birahi jangan diumbar terlebih dahulu hingga birahinya kembali stabil.

Kesimpulan

Itulah cara cara untuk menurunkan birahi pada kenari yang dapat kamu lakukan. Namun pastinya setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menurunkan birahi kenari. Oleh karena itu jangan heran jika cara yang kami jelaskan berbeda dengan lainnya. Kamu juga harus konsisten dalam melakukan cara ini agar birahi kenari tubuh dengan jangka waktu singkat. Jika cara tersebut tidak efektif, maka kamu bisa menggunakan cara lainnya. Sekian penjelasan dari Birdsnya.com sampaikan dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *