Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

14 Ciri Kenari Jantan Umur 3 Bulan : Fisik, Karakter & Perilaku

Ciri Kenari Jantan Umur 3 Bulan

Ciri Kenari Jantan Umur 3 Bulan – Seperti diketahui, Kenari merupakan salah satu jenis burung finch. Dengan paras cantiknya tersebut membuat Kenari banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Selain itu, harganya yang terjangkau dan pola perawatan hariannya yang tidak terlalu sulit juga membuat burung ini semakin diminati.

Biasanya burung Kenari jantan akan mulai mengeluarkan suara kicauannya pada saat mereka memasuki usia atau umur dewasa, yaitu kurang lebih sekitar 5,6 bulan. Hal tersebut juga sebenarnya tergantung pada kecerdasan Kenari sendiri dalam berkicau. Bahkan terdapat juga beberapa jenis Kenari yang sudah berkicau pada saat mereka umur 3 bulan.

Berbicara mengenai Kenari jantan umur 3 bulan, ternyata masih banyak orang khususnya bagi pemula di luar sana yang masih kebingungan mengenai bagaimana cara untuk mengenalinya. Padahal sebenarnya untuk mengenali Kenari jantan umur 3 bulan dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, entah itu dari segi bentuk tubuh, garis paruh, bentuk pen hingga perilakunya.

Nah, apabila kalian berencana membeli Kenari jantan bakalan untuk perlombaan, ada baiknya pastikan terlebih dahulu bahwa burung tersebut berkelamin jantan. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ciri Kenari jantan umur 3 bulan dilengkapi tips merawatnya.

Kenari Jantan Umur 3 Bulan

Sebelum membahas poin utama mengenai ciri Kenari jantan umur 3 bulan lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana Kenari yang sudah berumur 3 sampai 5 bulan sendiri dapat dikatakan masih muda atau biasanya disebut dengan Kenari paud di kalangan para kicau mania.

Supaya Kenari jantan umur 3 bulan tersebut bisa berkicau sampai gacor, tentunya dibutuhkan adanya pola perawatan harian serta pemberian pakan yang benar. Namun, pada intinya supaya bisa membuat suara kicau Kenari merdu, tentunya pada pemilik ataupun pemelihara harus terus memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya.

Ciri Kenari Jantan Umur 3 Bulan

Ciri Kenari Jantan Usia 3 Bulan

Setelah mengetahui sebutan untuk Kenari jantan usia 3 bulan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana ciri fisik hingga karakteristiknya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengenali Kenari jantan umur 3 bulan dapat dilihat dari beberapa hal, mulai dari bentuk tubuh, garis paruh, alat kelamin hingga tingkah lakunya.

Memang benar bahwa untuk membedakan Kenari jantan dan betina saat masih berusia 3 bulan cukup sulit. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa mereka tidak memiliki perbedaan sama sekali. Nah, daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai ciri Kenari jantan umur 3 bulan.

1. Bentuk Tubuh Kenari Jantan

Ciri Kenari jantan umur 3 bulan pertama bisa dilihat dari segi fisik atau karakteristiknya, entah saat bertengger ataupun dari segi postur tubuhnya. Untuk ukuran tubuh Kenari jantan umur 3 bulan sendiri lebih besar ketimbang betina. Selain itu, Kenari juga biasanya akan terlihat lebih gagah dan tegak ketika sedang bertengger.

2. Garis Paruh Kenari Jantan

Kemudian ciri selanjutnya untuk mengenali Kenari paud yaitu dilihat dari garis paruhnya. Dimana garis paruh Kenari jantan umur 3 bulan sendiri biasanya sejajar dengan tengah mata. Namun, perlu diingat bahwa cara ini sebenarnya tidak terlalu akurat. Pasalnya semua jenis burung Kenari pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing.

3. Pen Kenari Jantan

Cara mengenali Kenari jantan umur 3 bulan berikutnya yaitu menganalisa secara langsung pen atau alat kelaminnya. Untuk Kenari jantan sendiri mempunyai alat kelamin atau dubur tergolong cukup besar, lebar serta menonjol. Sementara untuk Kenari betina umur 3 bulan biasanya memiliki alat kelamin lancip dan lebih kecil.

4. Perilaku Kenari Jantan

Ciri Kenari jantan umur 3 bulan terakhir yaitu dilihat dari segi tingkah laku atau perilaku kesehariannya. Dimana Kenari paud tersebut biasanya akan jauh lebih aktif untuk ngeriwik ketimbang berkicau, bahkan sejak usianya masih 1 bulan. Selain itu, Kenari jantan umur 3 bulan juga cengkeramannya kuat karena kakinya kokoh.

Tips Merawat Kenari Jantan Umur 3 Bulan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah ciri Kenari jantan umur 3 bulan mulai dari bentuk fisik, karakteristik hingga perilakunya. Nah, selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips merawat Kenari jantan umur 3 bulan.

  • Mandikan Kenari sebanyak 2 kali dalam seminggu.
  • Sebelum dimandikan, embun Kenari terlebih dahulu selama 30 menit sampai 1 jam.
  • Berikan Kenari pakan EF kemudian dimasteri dengan cara dikerodong di dalam sangkar.
  • Berikan Kenari pakan utama seperti milet sesuai takarannya.
  • Berikan juga Kenari sayuran seperti sawi putih, sawi hijau ataupun kangkung.
  • Berikan Kenari telur burung puyuh yang direbus sebanyak 3 kali dalam seminggu secara rutin.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Kenari jantan memiliki bentuk lebih besar dan gagah ketimbang betina sejak mereka masih berusia 3 bulan. Selain itu, perbedaan paling menonjol selanjutnya yaitu ada pada alat kelaminnya. Dimana Kenari jantan memiliki alat kelamin lebih besar ketimbang betina.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri Kenari jantan umur 3 bulan dari segi fisik, karakteristik hingga tingkah lakunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli Kenari jantan umur 3 bulan di pasaran.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.