Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Ciri Burung Trucuk Jantan

Ciri Ciri Burung Trucuk Jantan

Ciri Ciri Burung Trucuk Jantan – Merbah cerukcuk memiliki nama latin Pycnonotus goiaver, merupakan salah satu jenis burung kicau dari famili Pycnonotidae. Jenis burung ini memiliki banyak sekali julukan, bahkan berbeda-beda disetiap daerahnya.

Dari suku orang sunda biasa menyebutnya dengan cica, cucak, cerukcuk atau jogjog. Kemudian, orang jawa menyebutnya terucuk, cerocokan, mengikuti dari suara kicauan khasnya pada saat berterbangan di alam liar.

Saat ini, burung trucuk semakin naik daun, terutama untuk yang sudah gacor, ngeroll atau roppelan. Harga yang ditawarkan penjual untuk satu ekornya cukup mahal, jika sudah gacor biasanya dibanderol sekitar Rp 150.000.

Namun, harga tersebut bukanlah menjadi patokan, bisa saja berbeda-beda setiap daerahnya tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Apakah diantara kalian sudah ada yang memelihara jenis burung kicauan satu ini?

Ciri Ciri Burung Trucuk Jantan Prospek

Ciri Burung Trucuk Jantan Prospek

Untuk memelihara trucuk, pastikan kalian memilih dengan jenis kelamin jantan. Sebab, memiliki suara kicauan lebih bervariasi, serta vokal lebih keras, jika dibandingkan dengan betina.

Kemudian, terdapat pula beberapa perbedaan atau ciri-ciri khusus pada trucuk jantan. Kalian perlu mengetahuinya supaya tidak salah pilih ketika membeli trucukan ombokan di pasar burung.

Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara melihat ciri-ciri trucuk jantan? Jika belum, maka kalian bisa langsung simak baik-baik ulasan selengkapnya seperti berikut ini.

1. Postur Tubuh

Ciri Ciri Burung Trucuk Jantan dari Postur Tubuh

Ciri-ciri trucuk jantan pertama yaitu dapat dilihat melalui postur tubuhnya. Ukuran tubuhnya lebih besar, panjang, serta memiliki postur dada bidang atau lebih tegap.

Dari postur tubuhnya saja sudah bisa dipastikan si jantan memiliki suara kicauan yang lebih keras, serta bisa ropell atau ngerol dengan durasi yang lebih panjang.

2. Kepala

Ciri Ciri Burung Trucuk Jantan dari Kepala

Ciri selanjutnya yaitu terdapat beberapa helai rambut berwarna hitam di bagian atas kepalanya, serta terdapat bulu menyerupai mahkota atau jambul. Biasanya jambul hitam tersebut akan berdiri tegak saat berkicau.

Kemudian, jika dilihat dengan saksama mengenai ukuran kepalanya, pejantan memiliki ukuran lebih besar, serta terlihat lebih kotak jika dibandingkan dengan trucuk betina.

3. Ekor

Ciri Ciri Burung Trucuk Jantan dari Ekor

Silahkan kalian perhatikan dengan teliti pada bagian ekornya, yaitu memiliki bulu berwarna abu-abu dan mencolok, serta ukurannya lebih panjang jika dibandingkan dengan betina.

Jika kalian menemukan ciri-ciri tersebut, maka dapat dipastikan bahwa trucukan tersebut berjenis kelamin jantan. Lalu, trucuk jantan tersebut bisa mengeluarkan suara kicauan lebih bervariasi.

4. Lingkar Mata

Ciri ciri burung trucuk Jantan dari Lingkar Mata

Terdapat pula lingkar mata berwarna hitam, tebal, serta tampak membulat. Hal tersebut merupakan salah satu ciri-ciri pejantan, perlu kalian teliti pada saat memilihnya di ombyokan.

Jadi, klep pada area sekeliling mata trucuk juga bisa dijadikan sebagai ciri khas pejantan. Kemudian, untuk betinanya yaitu memiliki bentuk cenderung lonjong, tipis, serta warnanya sedikit memudar.

5. Mata

Mata

Selanjutnya yaitu ciri-ciri trucukan jantan jika dilihat dari matanya. Trucuk jantan memiliki mata melotot, bulat, dan tatapanya tidak sayu. Hal tersebut dapat diartikan bahwa ia memiliki mental yang bagus atau prospek.

6. Warna Bulu

Warna Bulu 2

Ciri-ciri trucuk jantan yaitu memiliki bulu lembut di bagian telinga yang lebih menonjol keluar. Kemudian, warna pada bagian dadanya yaitu nampak lebih gelap, jika dibandingkan dengan betina.

Untuk ciri khas warna bulu trucuk jantan secara keseluruhan yaitu didomiasi warna putih, abu-abu, coklat dan juga hitam. Semua warna tersebut terlihat lebih cerah mencolok.

7. Suara

Suara Trucuk

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa trucuk jantan memiliki suara kicau lebih bervariasi, cokal keras, serta dapat berkicau ropell panjang. Untuk mengetahui bagaimana suaranya, silahkan DOWNLOAD SUARA BURUNG TRUCUK gacor terlebih dahulu.

Sedangkan untuk betina juga bisa berkicau ropell, akan tetapi tidak sepanjang durasi trucuk jantan. Maka dari itu, kalian harus seteliti mungkin dalam membedakkannya, agar tidak salah beli.

8. Paruh

Paruh 1

Ciri-ciri trucuk jantan juga bisa dilihat dari bagian paruhnya. Biasanya bentuk paruhnya yaitu terlihat lebih tebal, lurus, panjang, serta kuat. Jika kalian menemukan trucukan dengan ciri seperti itu, maka dapat diartikan pada saat berkicau suaranya sangat melengking.

Itulah ciri-ciri trucukan jantan berkualitas, yaitu dilihat dari bagian fisiknya. Namun, dapat dipastikan juga trucuk pilihan kalian memenuhi kategori di atas, maka bisa saja memiliki mental bagus serta suara kicauannya lebih bervariasi.

Cara Memilih Burung Trucuk Jantan Berkualitas

Cara Memilih Burung Trucuk Jantan Berkualitas

Setelah kalian mengetahui mengenai ciri-ciri trucuk jantan, maka kalian juga harus tahu terkait bagaimana cara memilih trucukan jantan berkualitas. Nah, jika kalian belum mengetahuinya, silahkan langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Tidak Takut Manusia

Tidak Takut Manusia

Jika kalian ingin memiliki trucukan, maka kalian bisa memilih yang sudah lama dirawat, meskipun di dalam kandang ombyokan. Dapat dipastikan trucukan tersebut sudah tidak takut dengan keberadaan manusia disekitar sangkarnya.

Hal tersebut juga bertujuan untuk menghindarkan dari terjadinya bocok atau luka disebabkan terlalu sering menabrak jeruji sangkar. Bahkan, jika tidak segera diatasi akan membuatnya mengalami stress dan menyulitkan untuk lebih cepat bunyi.

2. Memiliki Bulu Rapi

Memiliki Bulu Rapi

Ciri-ciri trucuk jantan berkualitas selanjutnya yaitu memiliki bulu rapi. Sering terlihat merapikan bulunya, meskipun di kandang ombyokan bersama jenis lainnya.

Dapat diartikan pula trucukan dengan ciri tersebut memiliki mental bagus. Sehingga, dapat dipastikan akan lebih mudah untuk di berikan pola perawatan oleh manusia.

3. Sering Mengeluarkan Suara Panggilan

Sering Mengeluarkan Suara Panggilan

Jika trucukan tersebut sering mengeluarkan suara panggilan dan jambul diatas kepalanya terus berdiri, itulah tanda trucuk sudah mapan. Ciri tersebut menunjukan bahwa trucukan ini berkualitas, kalian bisa pilih dan masukan kandang lalu disendirikan.

Pada saat trucukan sudah beradaptasi dengan lingungan barunya atau sudah mapan biasanya akan langsung berkicau dengan sendirinya. Dapat dipastikan pula akan lebih mudah gacor dan memiliki karakter fighter yang baik pada saat bertemu lawannya.

4. Lebih Tenang dan Nafsu Makannya Tinggi

Terlihat Lebih Tenang dan Nafsu Makan Tinggi

Gerakannya yang agresif sudah mulai berkurang, serta lebih banyak terdiam dan menata bulunya. Kemudian, memiliki nafsu makan yang cukup baik, itulah ciri-ciri trucukan jantan berkualitas.

5. Sehat dan Tidak Cacat Fisik

Sehat dan Tidak Cacat Fisik

Pilihlah trucukan yang tidak mengalami cacat fisik dan sehat secara jasmani. Serta kalian bisa memilih yang memiliki postur tubuh sedikit berisi atau gemuk, jangan pilih yang badannya kurus.

Nah, itulah beberapa cara memilih trucukan jantan berkualitas. Pastinya jika trucukan memiliki beberapa ciri di atas, maka dapat dipastikan ia akan lebih mudah untuk berkicau bahkan cepat gacor.

Kesimpulan

Jadi, terdapat beberapa ciri ciri burung trucuk jantan yaitu dapat dilihat melalui bagian fisiknya. Dengan melihat beberapa ciri yang sudah saya sebutkan diatas, maka kalian akan mendapatkan burung berkualitas.

Ciri-ciri diantaranya yaitu dari postur tubuh, kepala, ekor, lingkar mata, mata, warna bulu, suara, dan paruhnya. Lengkap beserta cara memilih trucuk jantan berkualitas untuk kalian dapatkan di ombyokan.

Itulah informasi dari birdsny.com mengenai ciri-ciri burung trucuk jantan. Perhatikan beberapa bagian tubuh diatas untuk menemukan dengan kualitas baik. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *