Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

3 Ukuran Kandang Ternak Murai Batu yang Ideal : Sederhana & Minimalis

Ukuran Kandang Ternak Murai Batu
Advertisements

Ukuran Kandang Ternak Murai Batu – Bagi kalian pecinta burung, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Murai Batu. Dimana kicauan super merdu yang seringkali dinyanyikan Murai Batu membuat eksistensi salah satu jenis burung peliharaan tersebut semakin tinggi di kalangan kicaumania.

Banyak para kicaumania yang rela merogoh sejumlah uang mereka demi mendapatkan seekor Murai Batu yang mampu mengalunkan kicauan nyaringnya. Maka dari itu, tak heran jika saat ini sudah mulai banyak pembudidaya Murai Batu yang sukses dan mampu meraup keuntungan cukup besar.

Advertisements

Berbicara mengenai usaha budidaya atau ternak Murai Batu, tentunya terdapat berbagai macam hal penting yang perlu diperhatikan, termasuk tentang ukuran kandangnya. Pasalnya, pembuatan kandang ternak Murai Batu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, dalam hal ini yaitu tidak terlalu sempit ataupun terlalu luas.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian berencana membuka usaha atau bisnis budidaya Murai Batu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa ukuran standar kandangnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ukuran kandang ternak Murai Batu untuk semua jenis.

Peluang Usaha Ternak Murai Batu

Peluang Usaha Ternak Murai Batu

Belakangan ini, tidak sedikit pecinta Murai Batu yang menyalurkan hobinya menjadi sebuah usaha atau bisnis yang cukup menjanjikan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Murai Batu sendiri masih eksis di berbagai macam pasar burung dan selalu menjadi incaran kicaumania.

Harga burung Murai Batu yang terbilang cukup fantastis dengan target pasar yang menjanjikan menjadikan cukup banyak orang mencoba untuk menangkarnya. Hal tersebut juga sudah terbukti oleh sejumlah pembudidaya atau peternak Murai Batu yang mengaku mendapatkan omset hingga puluhan juta setiap bulannya.

Advertisements

Nah, jika kalian memang benar-benar ingin masuk ke dalam dunia ternak Murai Batu, tentunya perlu mengetahui beberapa teknik khusus dalam menangkarnya. Perlu diingat, proses pembudidayaan Murai Batu tidak hanya memperhatikan kualitas dan kesehatan burung saja, namun juga tempat mereka untuk bereproduksi dan beristirahat, yaitu kandang ternak.

Tahapan Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kandang ternak menjadi faktor penting ketika hendak membudidayakan Murai Batu. Pada intinya, peternak wajib menyediakan sebuah tempat bagi Murai Batu seperti halnya dengan habitat aslinya. Oleh sebab itu, sebelum membahas ukuran standar kandang ternak Murai Batu lebih lanjut, berikut kami berikan tahapan-tahapan pembuatannya.

1. Pilih Lokasi Kandang Ternak

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan ketika hendak membuat kandang ternak Murai Batu yaitu penentuan lokasinya. Dimana hal ini nantinya akan memengaruhi faktor kenyamanan burung. Secara garis besarnya, letakkan kandang ternak Murai Batu di dalam rumah. Sebaiknya hindari lokasi ramai dengan tingkat kebisingan tinggi.

2. Menentukan Ukuran Kandang Ternak

Ukuran kandang ternak Murai Batu juga menjadi salah satu komponen penting perlu diperhatikan. Setelah menentukan lokasi kandang ternak Murai Batu, maka selanjutnya kalian tinggal mengestimasikan berapa ukuran kandang yang tepat dalam membudidayakan salah satu jenis burung peliharaan tersebut.

Sebenarnya, semakin luas dan besar kandang ternak maka tingkat kenyamanan Murai Batu juga akan semakin tinggi. Namun, jika lokasi tidak cocok untuk membuat kandang luas, maka kalian bisa membuat kandang ternak Murai Batu minimalis pada kondisi tersebut. Atau kalian juga bisa membuatnya menjadi bersusun.

3. Memperhatikan Bahan Dasar Pembuatan Kandang Ternak

Dalam pembuatan kandang ternak Murai Batu yang ideal, kalian akan membutuhkan beberapa bahan baku seperti kayu, tembok, genteng atau asbes dan kawat. Jika kandang ternak Murai Batu berada di luar rumah, silahkan buatlah dengan cara ditempelkan pada dinding. Sementara untuk atapnya bisa menggunakan asbes atau genteng.

4. Buat Desain Kandang Ternak

Kandang ternak Murai Batu sederhana biasanya mempunyai desain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Namun, pada dasarnya kandang ternak Murai Batu minimal memiliki dua pintu yang terletak di bagian atas dan bawah. Pintu bagian atas berfungsi untuk memberi serta mengganti pakan dan air minum, sedangkan pintu bagian bawah digunakan untuk membersihkan kandang ternak.

5. Buat Kondisi Nyaman di Dalam Kandang Ternak

Tahapan terakhir dalam membuat kandang ternak Murai Batu yaitu tinggal memperhatikan kenyamanan di dalamnya. Selain kebersihan, kalian juga pastinya perlu menyediakan lampu bohlam untuk penerangan sekaligus mampu menghangatkan seisi kandang ternak pada saat malam hari ataupun ketika cuaca terasa dingin.

Ukuran Kandang Ternak Murai Batu

Ukuran Standar Kandang Ternak Murai Batu
Advertisements

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana tata cara ataupun tahapan membuat kandang ternak untuk burung Murai Batu. Cukup berbeda dengan ukuran kandang umbaran Murai Batu, bentuk dan ukuran kandang ternak nantinya akan sangat berpengaruh pada kesehatan serta produktivitas Murai Batu.

Memang benar bahwa ukuran kandang ternak yang luas dan besar akan membuat Murai Batu menjadi lebih nyaman. Akan tetapi, kandang ternak Murai Batu yang terlalu besar justru akan menyebabkan Murai Batu terlalu banyak terbang sehingga energinya akan cepat tekuras dan sulit untuk bereproduksi.

Begitu pula sebaliknya, apabila kandang ternak terlalu kecil maka akan menyebabkan Murai Batu stress sehingga menghambat kelancaran proses reproduksinya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian ukuran ideal kandang ternak Murai Batu, mulai dari kandang kecil, sedang sampai besar.

  • Kandang ternak kecil mempunyai ukuran panjang 60 cm, lebar 60 cm serta tinggi 60 cm.
  • Kandang ternak sedang mempunyai ukuran panjang 100 cm, lebar 200 cm serta tinggi 200 cm.
  • Kandang ternak besar mempunyai ukuran panjang 200 cm, lebar 200 cm serta tinggi 300 cm.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ukuran ideal kandang ternak Murai Batu dilengkapi dengan tahapan-tahapan pembuatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuka peluang usaha budidaya Murai Batu.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.