Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jebakan Burung Terbaik

Jebakan Burung Terbaik

Jebakan Burung Terbaik – Memiliki burung kicauan sebagai hewan peliharaan tentunya dapat dijadikan sebagai hobi yang yang menyenangkan. Apalagi dengan suara kicauan serta tampilan fisik yang cukup menarik.

Suara kicauan merdunya dipercaya mampu memberikan suasana relaksasi bagi pemiliknya. Maka dari itu, peminat hobi burung kembali naik dan menjadi tren beberapa bulan belakangan ini.

Dari sekian banyak peminatnya, terdapat beberapa diantaranya memilih untuk memikat burung. Biasanya pemikat di alam liar memiliki peralatan jebakan burung sendiri-sendiri.

Jadi, dari berbagai macam alat tebakan burung terbaik memiliki manfaat dan kegunaan yang sama sebenarnya. Akan tetapi, memiliki keunikan dan juga bentuk yang berbeda-beda.

Jebakan Burung Terbaik Sederhana

Jebakan Burung Terbaik Sederhana

Terdapat beberapa jenis jebakan terbaik, bisa untuk dijadikan pilihan saat ingin memikat di alam bebas. Agar lebih jelas, silahkan bisa simak beberapa jebakan diantaranya yaitu seperti :

1. Jebakan Pulut

Pulut

Jebakan terbaik pertama memiliki keunikan tersendiri, yaitu mengandalkan kelengketan pulut. Biasanya tukang pikat membuat jebakan tersebut menggunakan getah dan diolah terlebih dahulu sebelum digunakan.

Biasanya bahan dasar pembuatan pulut yaitu dari getah pepohonan seperti dari kayu jati, karet dan lainnya. Lalu, ada pula penggunaan lem khusus untuk pembuatan yang biasanya terdapat di kios burung ataupun toko peralatan.

Langkah terbaik untuk melakukannya yaitu melilitkan pulut ke bilah penjebakan. Sehingga pada saat menginjak bisa langsung lengket dan terperangkap pada pulut penjebakan.

Kelebihan

Terdapat beberapa kelebihan saat menggunakan jebakan terbaik tersebut, diantaranya seperti bahan pembuatan mudah dicari, pembuatannya mudah, simple, lebih praktis saat digunakan, dan juga harga untuk satu ons pulut yaitu sekitar Rp 75.000 an.

Kekurangan

Namun, kekurangan menggunkanan jebakan pulut yaitu dapat membuat bulu menjadi rontok atau tercabut. Burung terkena jebakan pulut juga sangat mudah sekali terkena stress, sebab burung sangat sensitif saat terkena jebakan pulut.

2. Jebakan Sangkar

Sangkar

Jebakan terbaik kedua yaitu menggunakan sangkar khusus untuk penjebakan. Biasanya sangkar tersebut memiliki ukuran bervariasi tergantung dari kegunaan, sebagai media penjebakan sesuai jenisnya.

Jebakan ini bekerja mengggunakan daya pegas dari karet yang dikaitkan pada bagian sisi samping kandang dan pintu jebakan. Kemudian tempat bertengger diletakan untuk menahan pintu jebakan.

Pada saat menginjak tenggeran tersebut, maka pintu kandang jebakan akan menutup secara otomatis. Kemudian, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari jebakan satu ini yaitu seperti :

Kelebihan

Kelebihannya yaitu bahan pembuatan sangkar jebakan terbaik dapat diperoleh secara mudah, misalnya menggunakan sangkar yang sudah tidak terpakai dan memodifikasinya. Ataupun membelinya di kios burung terdekat, biasanya dibanderol dengan harga Rp 50.000 hingga Rp 100.000 perbuahnya.

Kekurangan

Namun, menggunakan kandang jebakan tersebut yaitu bisa melukainya, saat jebakan tidak berfungsi dengan semestinya. Saat pintu tertutup, bisa saja burung tersangkut dan menyebabkan kematian pada burung pikatan.

3. Jebakan MP3

Jebakan mp3

Kemudian terdapat pula jebakan terbaik ketiga adalah menggunakan media MP3. Jebakan tersebut mengandalkan audio atau suara burung, berguna untuk memanggil supaya mendekat dan terperangkap.

Jebakan terbaik ini sering digunakan para pemikat di alam bebas karena lebih praktis. Hanya menggunakan Hp ataupun speaker bluetooth saja, dapat memungkinkan untuk bisa menjebak burung.

Untuk kalian yang ingin menangkap jenis burung pleci, kalian mendapatkan audio tersebut biasanya harus DOWNLOAD SUARA BURUNG PLECI terlebih dahulu. Supaya bisa memudahkan saat proses penjebakan berlangsung.

Kelebihan

Kelebihan menggunakan jebakan terbaik ini yaitu sangat simple, hanya menggunakan suara burung dan juga sangkar. Dapat digunakan kapan saja dimana saja, hingga saat burung terlepas.

Kekurangan

Kekurangan penjebakan menggunakan suara burung yang tidak sesuai, maka akan membuat burung buruan bisa kabur dan menjauh dari lokasi penjebakan.

4. Jebakan Jaring

Jaring

Kemudian, terdapat pula media penjebakan terbaik menggunakan jaring. Biasanya metode ini sering digunakan para petani saat terdapat hama pemakan padinya.

Yaitu mengaitkan jaring di kedua sisi terbentang, lalu petani menggunakan suara untuk menakut-nakuti atau mengusirnya. Sehingga, saat berterbangan akan langsung tersangkut di jaring penjebakan.

Kelebihan

Saat penjebakan dilakukan, yaitu bisa mendapatkan burung berjumlah cukup banyak. Serta cara pemasangan jebakan cukup mudah, hanya dengan mengaitkan jaring di kedua sisi.

Kekurangan

Lalu, untuk kekurangannya sendiri bisa saja burung tidak tersangkut dijaring, apabila pemasangan jaring tidak tepat. Membutuhkan lahan luas untuk melakukan penjebakan menggunakan media jaring.

5. Jebakan Jontrot

Jontrot

Jebakan terbaik selanjutnya yaitu menggunakan jontrot sendiri merupakan salah satu cara paling banyak digunakan pemikat saat ini. Sebab, menggunakan media jontrot ini bisa menghasilkan burung berjumlah banyak.

Tahukah istilah jontrot? Yaitu seperti media penjebakan menggunakan burung yang lebih gacor. Sehingga, burung lain bisa mendekat dan terkena jeratan penjebakan.

Kelebihan

Jika penjebakan dilakukan saat pemikat memiliki burung terbaik atau sudah gacor serta mampu memanggil, maka dapat memungkinkan penjebakan akan berhasil.

Kekurangan

Namun, jika pemikat tidak memiliki media jontrot, maka penjebakan menggunakan metode ini bisa saja gagal. Sebab, media jontrot harus memiliki spesifikasi lebih gacor dan pemberani, jika dibandingkan dengan burung liar.

6. Jebakan Benang Nilon

Benang Nilon

Selanjutnya yaitu jebakan terbaik berbahan dasar tali, memanfaatkan simpul diikatkan ke tiang kayu. Pemasangan media penjebak sendiri bisa dilakukan dimana saja tempat burung liar sering hinggap.

Setelah tali sudah diikatkan bersimpul ke tiang, maka tancapkan kayu runcing tersebut ke tanah atau media disekitarnya. Kemudian potong bagian atas kayu agar tidak terlihat.

Gunakan batu untuk diikatkan ke bagian ujung tali melalui lubang. Sedangkan di bagian ujung tali lainnya bisa dijadikan sebagai simpul jebakan.

Letakan tali tersebut dibagian tangkringan, berfungsi untuk menahan batuagar tidak jatuh. Agar bisa berfungsi dengan baik, maka masukan sedikit bagian tangkringan ke lubang.

Nantinya saat menginjak tali, maka akan secara otomatis menarik simpul jerat. Sehingga, kakinya akan langsung terikat dan terperangkap.

Kelebihan

Penjebakan terbaik menggunakan seutas tali atau benang ini bisa berfungsi dengan normal, saat pembuatannya dilakukan dengan benar. Kemudian, alat dan bahan pembuatan dapat diperoleh secara mudah.

Kekurangan

Jebakan terbaik menggunakan nilon atau pun tali bisa mendapatkan hasil, akan tetapi membutuhkan waktu lama. Bahkan, jika penempatan jebakan salah, bisa saja tidak akan membuahkan hasil.

7. Jebakan Botol Bekas

Botol Bekas

Jebakan terbaik yang terakhir yaitu terbuat dari botol bokas. Cara pembuatannya cukup sederhana, silahkan siapkan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu.

Alat serta bahan dibutuhkan diantaranya yaitu seperti botol bekas, dua baut, gantungan baju, solder, gergaji kecil, kawat pengikan, kemudian pakan kegemaran burung liar.

Untuk membuatnya, lakukan pemotongan gantungan baju terlebih dahulu, bentuklah sesuai pola ukuran botol bekas. Lalu, buatlah dua lubang kecil pada kedua sisi samping botol yang digunakan.

Potong bagian bawah botol bekas untuk nantinya digunakan sebagai pintu masuk burung. Bagian bawah botol diikatkan ke gantungan baju yang sudah disiapkan sebelumnya.

Ikatlah menggunakan kawat, supaya tidak mudah terlepas saat terkena perlawanan burung nantinya. Kemudian, berikan sedikit pakan burung liar agar mau mendekat.

Seletah masuk dan memberikan beban berat didalam media penjebakan, maka akan secara otomatis pintu akan tertutup. Burung bisa terperangkap menggunakan jebakan dari botol bekas.

Kelebihan

Untuk pembuatanya cukup sederhana, yaitu seperti menggunakan alat serta bahan seadanya. Serta dapat digunakan dimana saja, karena ukurannya yang kecil atau minimalis, sehingga mudah dipindahkan.

Kekurangan

Jika pembuatan mengalami kesalahan sedikit saja, bisa menyebabakan jebakan tidak bekerja dengan maksimal. Membutuhkan peralatan cukup banyak untuk membuat jebakan berukuran kecil.

Akhir Kata

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai sederet jebakan burung terbaik. Lengkap beserta cara pembuatan, penggunaan, kelebihan dan kekurangan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *