Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Kutilang Emas Jantan dan Betina

Kutilang Emas Jantan dan Betina

Kutilang Emas Jantan dan BetinaPycnonotus melanicterus merupakan nama ilmiah Kutilang emas. Jenis ini sangat populer di kalangan pecinta kicau karena memiliki penampilan menarik dan pandai berbunyi.

Kutilang emas sendiri merupakan salah satu jenis dari kelompok burung Kutilang. Perbedaan paling mencolok terletak pada warna bulu, ukuran tubuh, serta suara kicauan bervariasi dan merdu.

Selain itu, antara Kutilang Emas pejantan dan betina juga ada perbedaan signifikan. Dimana untuk membedakan keduanya dapat dilakukan melalui ciri fisik maupun perilaku.

Dengan mengetahui perbedaannya dapat dijadikan sebagai acuan ketika akan membeli atau menjual Kutilang Emas. Uraian lengkap terkait ciri dan harga Kutilang Emas bisa sobat simak langsung pada penjelasan di bawah ini.

Tentang Kutilang Emas

Tentang Burung Kutilang emas

Saat ini, kutilang emas memiliki daerah persebaran mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Bali. Bahkan, Kutilang emas juga menyebar luas ke luar negeri, yaitu Asia selatan terutama di wilayah India.

JENIS BURUNG KUTILANG Emas lebih memilih untuk tinggal di pepohonan rimbun. Karena, menurut beberapa peneliti menjelaskan bahwa Kutilang Emas merupakan burung pemalu.

Di habitat aslinya sering terlihat berkelompok, biasanya terdiri dari 5 ekor kutilang emas. Sering kali terdengar suara kicauan merdu, terdapat kemungkinan jenis ini termasuk tipe petarung.

Dengan karakter yang dimilikinya membuat pemilik sering membawanya ke arena perlombaan kicauan. Selain dilombakan, suara kicauannya juga dapat dijadikan sebagai masteran untuk jenis burung lainnya.

Ciri Ciri Burung Kutilang Emas

Ciri Ciri Burung Kutilang Emas

Kepemilikan suara kicau merdu bervariasi hanya dapat dikeluarkan oleh kutilang emas jantan. Sehingga, apabila sobat ingin membeli di ombyokan, pastikan terlebih dahulu sobat sudah mengetahui ciri-cirinya.

Kutilang emas jantan dan betina memiliki perbedaan yang dapat diketahui dengan mudah melalui ciri fisiknya. Untuk mengetahui selengkapnya, silahkan sobat simak pembahasan berikut ini.

Kutilang Emas Jantan

Burung Jantan

Berikut ini adalah ciri fisik Kutilang Emas berjenis kelamin jantan.

  • Ukuran tubuh jantan lebih kecil
  • Warna bulu kontras mengkilap
  • Jambul berwarna hitam
  • Memiliki variasi kicauan
  • Tulang pubis rapat dan menonjol
  • Gerakannya jantan lincah
  • Bagian janggutnya berwarna merah cerah

Kutilang Emas Betina

Burung Betina

Berikut ini adalah ciri fisik Kutilang Emas berjenis kelamin betina.

  • Ukuran tubuh lebih besar
  • Warna bulu kuning kecoklatan
  • Tidak memiliki jambul hitam
  • Kicauan lebih monoton dan berulang-ulang
  • Tulang pubis melebar dan rata
  • Lebih suka berdiam diri

Untuk lebih memastikan jenis kelamin yaitu dengan cara samakan dengan menerapkan beberapa ciri di atas. Sehingga sobat tidak salah pilih pada saat akan membelinya di pasar burung.

Harga Kutilang Emas Jantan dan Betina

Harga Burung Kutilang Emas

Setelah mengetahui ciri-ciri pembeda antara jantan dan betina, tentunya sobat membutuhkan informasi mengenai harga Kutilang Emas. Oleh karena itu, saya akan membagikan informasi harga Kutilang Emas berdasarkan usia serta jenis kelaminnya.

Kutilang EmasKisaran Harga
Jantan AnakanRp 75.000 – Rp 85.000
Jantan DewasaRp 100.000 – Rp 150.000
Betina AnakanRp 50.000 – Rp 80.000
Betina DewasaRp 75.000 – Rp 120.000

Kisaran harga di atas bisa digunakan sebagai acuan saat membeli Kutilang Emas di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Mengingat Kutilang Emas hanya terdapat di beberapa daerah saja, kemungkinan besar di wilayah tertentu harga jualnya lebih tinggi.

Kesimpulan

Meskipun termasuk jenis monomorfik, Kutilang Emas jantan dan betina tetap saja memiliki perbedaan seperti di atas. Semoga informasi demikian dapat menambah wawasan serta ilmu mengenai dunia kicauan.

Jadi untuk dapat membedakan kutilang emas jantan dan betina lihatlah dari jarak dekat. Jika memungkinkan sobat bisa melihatnya dari depan sangkar agar lebih jelas.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai Kutilang Emas jantan dan betina. Memiliki perbedaan untuk dijadikan acuan penting pada saat kalian akan membeli burung tersebut di pasar ombyokan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Burung Kicau Termahal

Hidayat
4 min read

Rumus Persilangan Kenari

Hidayat
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *