Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Burung Kutilang

Jenis Burung Kutilang

Jenis Burung Kutilang – Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis burung Kutilang, diantaranya seperti jenis biasa, Jawa, Wilis, Sutra, Emas dan masih banyak lagi. Jenis paling banyak dijumpai adalah kutilang biasa.

Sebab, keberadaannya dapat ditemukan dengan mudah, serta cara mendapatkannya cukup sederhana. Untuk perawatannya pun dapat dibilang cukup mudah, bahkan bagi pemula sekalipun.

Habitat aslinya yaitu biasanya di kebun-kebun, pekarangan, semak belukar, ladang rumput hingga pesawahan. Biasanya hidup berkelompok dengan jenis burung liar lainnya.

Lali, makanan utama dari kutilang ini adalah buah-buahan lunak, seperti buah pepaya atau pisang. Namun, mereka juga suka makan berbagai jenis seserangga, misalnya saja ulat, jangkrik, hingga kroto.

Jenis Jenis Burung Kutilang atau Merbah

Jenis Burung Kutilang atau Merbah

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Kutilang, terdapat beberapa jenis yang harus kalian ketahui. Supaya dapat menambah wawasan atau ilmu, silahkan bisa simak baik-baik beberapa jenis dianataranya seperti :

1. Kutilang Zebra

Jenis Burung  Kutilang Zebra

Jenis pertama dinamakan zebra karena memiliki bulu bermotif seperti zebra pada bagian leher hingga dadanya. Pada bagian pipi memiliki bulu berwarna orange berkombinasi dengan warna coklat.

Kemudian memiliki bulu cantik serta menarik berbintik putih pada bagian sayapnya. Warna mencolok hanya dimiliki oleh pejantan, sedangkan untuk betina memiliki warna cenderung memudar.

Diantara kedua jenis kelamin tersebut memiliki paruh berwarna orange kemerahan. Lebih menariknya lagi, mereka bisa menghabiskan sisa hidupnya hingga berusia 3 – 15 tahun.

2. Kutilang Jawa

Kutilang Jawa

Dari namanya saja sudah dapat ditebak asal dari jenis ini, pastinya dari kepulauan Jawa. Jenis ini banyak sekali ditemukan, bahkan bisa terhindar dari kepunahan.

Warna bulunya pada bagian kepala serta ekornya yaitu hitam, punggungnya abu-abu. Bulu pada bagian perut serta dadanya yaitu abu-abu kecoklatan, serta memiliki noda putih di kedua sisi pipinya.

Jenis ini dapat hidup hingga 10 tahun lamanya, tergantung dari pola perawatannya. Mudah sekali untuk dijinakan serta merupakan jenis paling setia ketika sudah berhasil dijinakan.

3. Kutilang Emas

Jenis Burung Kutilang Emas

Burung kutilang yang tubuhnya di dominasi warna kuning ini memang sering diperlombaan. SUARA BURUNG KUTILANG emas ini sangat merdu, tapi masih sama dengan jenis lainnya.

tergolong memiliki banderol cukup murah, jika dibandingkan beberapa burung kicauan lainnya yang suaranya gacor. Memelihara jenis kutilang emas atau cucak kuning ini pastinya tidak mengecewakan.

4. Kutilang Sutra

Jenis Burung Kutilang Sutra

Jenis ini juga dikenal memiliki suara kicauan merdu, serta sering dilatih untuk memenangkan ajang perlombaan. Biasanya mudah ditemukan pada daerah pegunungan, dataran tinggi, perbukitan atau di dalam hutan tropis.

Mereka hidup secara berkelompok dan pemimpin kelompoknya memiliki suara kicauan paling lantang. Kutilang sutra terkenal bermental pemberani, serta memiliki suara kicauan yang merdu.

5. Kutilang Kapur

Jenis Burung Kutilang Kapur

Untuk jenis kelima juga memiliki banyak peminat, yaitu kutilang kapur. Kelebihannya yaitu memiliki tubuh berukuran lebih besar, jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Postur tubuh besarnya membuat suara kicauannya lebih terdengar lebih lantang. Harga satu ekornya yaitu masih cukup tinggi dipasaran, yaitu mencapai Rp 140.000.

6. Kutilang Jambul

Kutilang Jambul

Kutilang asal negara Thailand ini memiliki ciri khas jambul berwarna hitam di atas kepalanya, warna merah pada tenggorokannya, dan warna putih kecoklatan pada bulu dadanya.

Panjang tubuhnya yaitu sekitar 20cm diantara sesama jenisnya, penampilan kutilang jambul tergolong sangat baik. Karena, corak bulunya paling menarik serta memiliki sebutan lain yaitu merbah jambul.

7. Kutilang Wilis

Kutilang Wilis

kutilang wilis lebih populer dengan nama cucak rengganis, cucak gunung, serta cucak wilis. Termasuk dalam salah satu endemic yang habitatnya berada pada ketinggian 800 hingga 3000mdpl.

Populasi kutilang wilis semakin menipis akibat rusaknya habitat asli serta kurangnya minat masyarakat yang menangkarkan. Sehingga, bisa dibilang termasuk jenis langka dan harganya menjadi tinggi.

Itulah beberapa jenis-jenisnya yang lebih terkenal di Indonesia, sejak dahulu hingga sekarang. Tahukah kalian mengenai jenis dengan harga termahal? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Burung Kutilang Termahal di Indonesia

Jenis Kutilang Sutra

Dari sekian banyaknya jenisnya, terdapat salah satu diantaranya merupakan kutilang terbaik dengan jumlah peminat lebih banyak di Indonesia. Jenis diantaranya yaitu seperti :

Burung Kutilang Sutra

Burung Kutilang Termahal di Indonesia

Jenis ini memiliki harga paling mahal diantara sekian banyaknya jenis yang ada di Indonesia. Ternyata pengaruh tingginya harga tersebut, dikarenakan jenis sutra memiliki kualitas lebih bagus.

Penampilannya yang cantik karena dihiasi oleh bulu-bulu berwarna hijau. Lalu, pada bagian atas kepala terdapat bulu halus berwarna kehitam mengkilap.

Kutilang Sutra juga dianggap memiliki suara kicauan yang bagus, serta bisa dijadikan sebagai burung masteran. Pastinya memiliki tonjolan serta ritme pas untuk segala jenis burung kicauan.

Manfaat Memelihara Burung Kutilang

Manfaat Memelihara Jenis Burung Kutilang

Kemudian, pemeliharaan burung kutilang juga memiliki manfaat tersendiri, untuk lebih jelasnya silahkan kalian bisa langsung simak pembahasan selengkapnya pada ulasan berikut.

1. Pengusir Hama Tikus

Burung Kutillang sebagai Pengusir Hama Tikus

Terdapat beberapa keuntungan saat kalian memiliki burung kicauan tersebut. Karena, dapat dijadikan sebagai satpam untuk menjauhkan hama tikus dari rumah sobat.

Suaranya yang nyaring mampu mengusir hama seperti tikus, ular, kelalawar dan lain sebagainya. Maka dari itu, peminatnya kian meningkat beberapa bulan belakangan ini.

2. Sebagai Alaram

Sebagai Alaram

Kemudian, saat kalian memiliki burung kicauan yang satu ini, pastinya akan mudah bangun lebih awal. Suara kicauannya yang begitu merdu pada pagi hari dapat dijadikan sebagai alaram untuk kalian bisa bangun lebih awal.

Biasanya mulai berkicau pada pagi hari sekitar pukul 05.00 hingga 06.00. Pastinya akan sangat membantu sekali untuk kalian yang ingin bangun lebih awal dari biasanya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kalian rasakan ketika memiliki burung kutilang. Ternyata selain memiliki manfaat tersebut, jenis burung kicau ini memiliki banyak mitos tersendiri.

Mitos Memelihara Burung Kutilang

Mitos Memelihara Burung Kicauan

Terdapat beberapa mitos yang bermunculan untuk pemelihara burung Kutilang. Meskipun beritanya masih simpang siur, masih saja ada seseorang yang memepercayai mitos tersebut, diantaranya yaitu seperti.

Membawa Keberuntungan

Membawa Keberuntungan

Jika memelihara burung kutilang dan sudah berkicau, maka pemilik rumah akan mendapatkan kebaikan bertubi-tubi, terutama dalam pekerjaan. Pemilik akan dihormati oleh orang sekitar, apapun keadaannya.

Bisa dibilang menjadi alat untuk tolak bala bagi pemiliknya. Namun, itu hanyalah kepercayaan orang-orang tertentu saja, terutama para orang tertua di pulau jawa.

Merusak Suara Kicauan Burung Lain

Merusak Suara Kicauan Burung Lain

Dalam beberapa ajang perlombaan kicau burung, kutilang seringkali dianggap pengganggu atau perusak. Terutama pada saat burung kicau lain dipertemukan dengan burung tersebut.

Suara kicau kutilang mampu mengganggu kemampuan kicau burung tersebut. Pasalnya, suara kicau kutilang dianggap ‘mati’ oleh sebagian besar kalangan penghobi burung kicau.

Menyandingkan kutilang dengan burung kicau lain, akan membuat suara kicau burung lain menjadi tak maksimal. Sehingga, untuk mengatasinya yaitu dengan cara tidak menempatkan berdampingan.

Akhir Kata

Demikian informasi dari birsny.com mengenai jenis burung kutilang yang banyak diminati di Indonesia. Memiliki jumlah populasi paling banyak diantara jenis burung kicau lain, pastinya jauh dari kepunahan. Terimaksih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *