Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Manfaat Ampas Mengkudu Untuk Ayam Petelur Ternak!

Manfaat Ampas Mengkudu Untuk Ayam Petelur
Advertisements

Manfaat Ampas Mengkudu Untuk Ayam Petelur – Selain dapat digunakan sebagai obat alternatif bagi manusia, ternyata buah mengkudu masih mempunyai segudang manfaat lain. Salah satunya yaitu sebagai sumber suplemen bagi ternak, khususnya ayam petelur.

Dimana suplemen tersebut diperoleh dari ampas buah mengkudu yang berasal dari limbah perasan sari mengkudu yang masih mengandung senyawa bioaktif polifenol dan sapolin. Untungnya, produk olahan mengkudu mempunyai permintaan pasar yang terus meningkat sehingga diperoleh limbah ampas mengkudu.

Advertisements

Melihat dari berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi di dalam ampas mengkudu tersebut menjadikan seseorang seringkali memberikannya untuk ayam petelur. Pasalnya, ampas mengkudu tersebut dinilai mempunyai sejumlah khasiat ataupun manfaat bagi ternak unggas.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin memberikan ampas mengkudu sebagai pakan tambahan bagi ayam petelur, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan memberikan sejumlah manfaat ampas mengkudu untuk ayam petelur dilengkapi cara pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Ampas Mengkudu

Kandungan Nutrisi Ampas Mengkudu

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat ampas mengkudu untuk ayam petelur lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, produk olahan mengkudu mempunyai permintaan pasar yang terus meningkat setiap tahunnya.

Hal tersebut menjadikan limbah ampas mengkudu yang meningkat dan berpotensi untuk dijadikan sebagai pakan tambahan pada ayam petelur. Pasalnya, bioaktif ampas mengkudu bisa digunakan sebagai imbuhan pakan serta bisa meningkatkan efisiensi penggunaan ransum, terutama pada ayam petelur.

Advertisements

Nantinya bobot telur dan produksi yang tinggi pada ayam petelur yang mendapatkan pemberian ampas mengkudu karena efek satu atau lebih dari senyawa bioaktif. Adapun beberapa kandungan senyawa biokatif di dalam ampas mengkudu tersebut diantaranya yaitu seperti alkaloid, bitters, flavonoids, glycosida, saponin dan tanin.

Manfaat Ampas Mengkudu Untuk Ayam Petelur

Manfaat Ampas Mengkudu Untuk Ayam Petelur Semua Jenis
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi hingga senyawa di dalam ampas mengkudu, maka selanjutnya tinggal mencari tahu apa saja manfaatnya bagi ayam petelur. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat ampas mengkudu untuk ayam petelur di bawah ini.

1. Menghambat Sel Tumor Ayam Petelur

Manfaat ampas mengkudu pertama untuk ayam petelur yaitu mampu menghambat pertumbuhan sel tumor kanker yang sering dijumpai pada organ dalam. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ampas mengkudu sendiri mengandung Damnacanthal yang secara garis besarnya mempunyai peran menghambat pertumbuhan sel tumor.

2. Mengatasi Perkembangan Sel Abnormal Ayam Petelur

Selain kandungan Damnacanthal, ampas mengkudu juga mempunyai kandungan Terpenoid jenis limonen yang terbukti mampu mengatasi perkembangan sel abnormal pada ayam petelur. Pada jenis betakaroten akan merangsang terbentuknya kelenjar yang berguna untuk menghambat masuknya organisme negatif yang sangat merugikan internal metabolisme ayam petelur.

3. Meregenerasi Sel-Sel Ayam Petelur

Meregenerasi sel-sel ayam petelur juga menjadi salah satu manfaat ampas mengkudu selanjutnya. Jadi, ampas mengkudu tidak hanya berguna untuk organ pencernaan saja, namun berfungsi untuk meregenerasi sel-sel tubuh ayam petelur yang telah mengalami kerusakan.

4. Mampu Sebagai Oksidasi Bagi Ayam Petelur

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ampas mengkudu mempunyai cukup banyak kandungan senyawa bioaktif. Nah, beragam kandungan di dalam sari ataupun ekstrak ampas mengkudu sendiri mengandung catchin yang ternyata sangat bermanfaat sebagai pengoksidasian di dalam kerja metabolisme tubuh ayam petelur.

5. Meningkatkan Daya Tahan Ayam Petelur

Seperti halnya manfaat daun mengkudu untuk Lovebird, ternyata ampas mengkudu juga mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam petelur. Artinya, kandungan nutrisi dan gizi di dalam ampas mengkudu tersebut mampu membuat ayam petelur sehat serta tetap lincah.

6. Anti Resistant Bagi Ayam Petelur

Khasiat ampas mengkudu berikutnya untuk ayam petelur yaitu sebagai anti resistant. Dimana anti resistant pada ampas mengkudu sendiri didapatkan dari senyawa flavonoid yang memiliki sifat melawan salmonella sebagai penyebab pemicu timbulnya penyakit colibacillosis. Dimana penyakit colibacillosis sendiri menjadi penyebab banyak kematian pada DOC serta DOD.

7. Mempercepat Pertumbuhan Ayam Petelur

Berdasarkan penelitian dari beberapa ahli, didapatkan kesimpulan bahwa ampas mengkudu mempunyai sejumlah kandungan yang mampu mempercepat sistem pertumbuhan ayam petelur. Menariknya lagi, pakan tambahan tersebut ternyata mampu menghambat kinerja bakteri negatif sehingga imbasnya antibodi ayam petelur semakin meningkat.

8. Meningkatkan Daya Tetas Ayam Petelur

Meningkatkan daya tetas telur pada ayam petelur juga menjadi salah satu khasiat paling penting ampas mengkudu. Dimana khasiat ataupun manfaat ini tentunya sangat bagus bagi kalian yang sedang tidak ingin menjual telurnya terlebih dahulu, namun memperbanyak ayam petelur.

9. Meningkatkan Performa Ayam Petelur

Manfaat ampas mengkudu untuk ayam petelur terakhir yaitu mampu meningkatkan performanya. Dimana pemberian ampas mengkudu sendiri mampu meningkatkan bobot telur, memperbaiki konversi rasum serta cenderung meningkatkan produksi telur, seperti sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Cara Pemberian Ampas Mengkudu Untuk Ayam Petelur

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa manfaat ampas mengkudu untuk ayam petelur berdasarkan kandungan nutrisi, gizi hingga senyawa di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian ampas mengkudu untuk ayam petelur.

Secara garis besarnya, ampas mengkudu dijadikan sebagai pakan tambahan atau pakan imbuhan bagi ayam petelur. Dengan begitu, sebaiknya pemberiannya dilakukan sesuai dengan porsinya dengan cara mencampurkannya ke dalam pakan utama ayam petelur.

Apabila selama pemberian ampas mengkudu ayam petelur tidak menunjukan gejala keanehan sama sekali, maka silahkan lanjutkan pemberiannya. Namun, jika ayam petelur mengeluarkan gejala atau aktivitas aneh setelah mengonsumsi ampas mengkudu, sebaiknya hentikan pemberian untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat ampas mengkudu untuk ayam petelur semua jenis dilengkapi dengan kandungan nutrisi dan gizi hingga tata cara beserta waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan ampas tahun sebagai pakan tambahan bagi ayam petelur.

Sumber gambar : podomorofeedmill.com, jabar.tribunnews.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *