Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

22 Manfaat Daun Pace Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Daun Pace Untuk Kenari

Manfaat Daun Pace Untuk Kenari – Sebagaimana diketahui, Kenari termasuk ke dalam salah satu jenis burung kicau yang mempunyai suara merdu dan panjang. Dengan begitu, menjadikan jenis burung peliharaan ini cukup banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan, entah itu bagi pemula ataupun senior.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suara Kenari berkualitas yaitu dari segi pemberian pakan berkualitas dengan nutrisi dan gizi tinggi di dalam kesehariannya. Tidak hanya dari segi makanan utama saja, namun biasanya Kenari juga membutuhkan asupan nutrisi lain dari pakan tambahan atau ekstra fooding (EF), salah satunya yaitu daun pace.

Perlu diketahui, daun pace atau lebih dikenal dengan daun mengkudu sendiri memiliki sejumlah kandungan yang pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan Kenari. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang diluar sana merasa kebingungan bagaimana tata cara pemberian daun pace untuk burung kenari.

Maka dari itu, apabila kalian berencana menjadikan daun pace sebagai pakan tambahan untuk Kenari, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat daun pace untuk Kenari dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Gizi Daun Pace

Kandungan Gizi Daun Pace

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat daun pace lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan gizi serta nutrisinya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai kandungan gizi dan nutrisi di dalam daun pace.

  • Abu (Ash).
  • Air (Water).
  • Besi (Fe), Ferrum, Iron.
  • β-Karoten (Carotenes).
  • Energi (Energy).
  • Fosfor (P), Phosphorus.
  • Kalsium (CA), Calcium.
  • Karbohidrat (CHO).
  • Karoten total (Re).
  • Lemak (Fat).
  • Niasin, C6H5NO2, Niacin.
  • Protein.
  • Riboflavin (Vitamin B2).
  • Serat (Fiber).
  • Tiamina (Vitamin B1).
  • Vitamin C.

Manfaat Daun Pace Untuk Kenari

Manfaat Daun Pace Untuk Burung Kenari

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi di dalam daun pace, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaat ataupun khasiatnya bagi burung Kenari. Adapun beberapa manfaat daun pace atau daun mengkudu untuk Kenari tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Membuat Suara Kenari Semakin Merdu

Manfaat daun pace pertama yaitu berhubungan dengan kicauan atau suara burung Kenari. Dimana daun pace memiliki beberapa kandungan nutrisi yang mampu membuat suara kenari semakin merdu serta melancarkan kicauannya.

2. Mengobati Suara Serak Kenari

Daun pace juga kerap dijadikan sebagai sebuah obat untuk mengatasi suara serak Kenari. Selain itu, daun pace bahkan dapat mengatasi infeksi yang terjadi di dalam tenggorokan Kenari. Hal ini pastinya akan sangat dibutuhkan oleh seseorang ketika hendak mengikutsertakan Kenari perlombaan ataupun kontes.

3. Melancarkan Pencernaan Kenari

Manfaat daun pace selanjutnya untuk Kenari yaitu mampu melancarkan sistem pencernaan, hampir sama seperti halnya manfaat daun mengkudu untuk Lovebird. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daun pace memiliki beberapa kandungan gizi yang mampu melancarkan sistem pencernaan burung Kenari.

4. Mengobati Alergi Kenari

Perlu diketahui, di dalam daun pace juga mengandung zat anti alergi sehingga sangat berguna untuk mengobati Kenari saat terkena alergi. Dimana alergi tersebut biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor seperti pada asupan makanan, minuman serta polusi udara di lingkungan sekitar.

5. Meningkatkan Kualitas Kicau Kenari

Pemberian rebusan daun pace juga mampu meningkatkan kualitas kicau burung Kenari ketika di perlombaan ataupun kontes. Pasalnya, daun pace sendiri bisa dimanfaatkan untuk membuat suara kicau Kenari semakin jernih, lantang serta bening.

6. Memulihkan Sel Tubuh Kenari

Kemudian manfaat daun pace berikutnya untuk Kenari yaitu mampu dijadikan sebagai sebuah cara dalam memulihkan sel tubuh. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab daun pace memiliki kandungan berupa zat terpenoid yang akan berguna dalam memulihkan sel-sel tubuh Kenari dan membantu proses sintetis organic.

7. Menghilangkan Lendir

Salah satu permasalahan yang kerap membuat suara Kenari menjadi kurang bagus yaitu karena terdapat lendir di tenggorokannya. Maka dari itu, untuk menghilangkan lendir pada Kenari, kalian bisa memanfaatkan daun pace. Sebab, daun pace dinilai sangat efektif dalam mengatasi salah satu jenis permasalahan burung Kenari tersebut.

8. Mencegah Penyempitan Pembuluh Nadi

Selain lendir, permasalahan yang kerap muncul pada salah satu jenis burung peliharaan tersebut yaitu penyempitan pembuluh nadi. Dimana masalah ini akan membuat performa Kenari semakin menurun, bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, cobalah berikan daun pace untuk mencegah penyempitan serta pengerasan pembuluh nadi pada Kenari.

9. Meningkatkan Produktivitas Kenari

Meningkatkan produktivitas menjadi manfaat daun pace selanjutnya untuk Kenari. Pada intinya, daun pace mampu membantu dan meningkatkan produktivitas induk Kenari yang sedang berada di dalam penangkaran sehingga nantinya indukan dapat lebih cepat bertelur dan bahkan mampu meningkatkan kualitasnya.

10. Mengurangi Stres Kenari

Hampir sama seperti manfaat brokoli untuk Kenari, daun pace juga ternyata dapat digunakan untuk mengurangi stres. Kondisi stres sendiri pastinya akan sangat dihindari oleh semua pemilik burung kenari. Oleh sebab itu, untuk menghindari dan mengurangi stres Kenari, cobalah berikan daun pace secara rutin.

11. Meningkatkan Nafsu Makan Kenari

Sebagai informasi tambahan, rata-rata pemberian pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk burung kicauan seperti Kenari bertujuan untuk menambah dan meningkatkan nafsu makannya. Hal tersebut juga berlaku untuk daun pace. Jadi, daun pace bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan Kenari sehingga tubuhnya bisa lebih sehat.

12. Mengatasi Kenari Obesitas

Kegemukan atau obesitas juga menjadi salah satu jenis permasalahan yang kerap ditakuti oleh sebagian besar penggemar Kenari. Dimana obesitas sendiri akan membuat Kenari malas bergerak dan berkicau. Nah, untuk mengatasinya obesitas atau kegemukan pada Kenari, kalian bisa memanfaatkan daun pace.

13. Menjaga Stamina Kenari

Manfaat terakhir daun pace untuk Kenari yaitu mampu menjaga stamina agar tetap stabil, terutama saat berada di perlombaan. Bahkan daun pace juga mampu meningkatkan stamina Kenari. Hal ini dikarenakan daun pace memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan asupan nutrisi Kenari setiap harinya.

Cara Pemberian Daun Pace Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai kandungan nutrisi dan gizi hingga manfaat daun pace untuk Kenari. Seperti sudah disinggung sebelumnya, masih ada beberapa orang diluar sana merasa bingung bagaimana tata cara ataupun waktu pemberian daun pace untuk Kenari.

Untuk saat ini, sebenarnya pemberian daun pace atau daun mengkudu bagi Kenari dapat dilakukan melalui 3 cara, mulai dari digantung, ditumbuk hingga di rebus. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana tata cara pemberian daun pace untuk Kenari.

1. Pemberian Secara Langsung

  • Siapkan 1 helai daun pace segar.
  • Kemudian cuci menggunakan air bersih.
  • Gantungkan pucuk daun pace ke dalam sangkar Kenari.
  • Berikan daun pace sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Pemberian dengan Ditumbuk

  • Siapkan 3 helai daun pace berwarna hijau agak kekuningan.
  • Setelah itu cuci menggunakan air bersih.
  • Kemudian tumbuk sampai benar-benar halus.
  • Lalu tuangkan sedikit air matang.
  • Cara selanjutnya peras tumbukan daun pace tersebut.
  • Berikan perasan sari tumbukan daun pace kepada Kenari.

3. Pemberian Rebusan Daun Pace

  • Siapkan 3 lembar daun pace muda.
  • Lalu cuci menggunakan air bersih.
  • Kemudian rebus daun pace dengan 2 gelas air.
  • Matikan kompor sampai air rebusan daun pace tinggal 1 gelas saja.
  • Tunggu rebusan daun pace tersebut dingin.
  • Setelah dingin, silahkan berikan rebusan daun pace tersebut sebagai air minum Kenari.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun pace untuk Kenari dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan daun pacu untuk Kenari kesayangan di rumah.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.