Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Manfaat Kunyit Untuk Ayam Bangkok : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Kunyit Untuk Ayam Bangkok
Advertisements

Manfaat Kunyit Untuk Ayam Bangkok – Sebagaimana diketahui, kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan di dalam bumbu masakan serta pembuatan jamu tradisional. Tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja, namun kunyit juga ternyata mempunyai khasiat bagi ayam bangkok sebagai jenis ayam aduan.

Dimana rempah-rempah tersebut sudah lama dijadikan sebagai suplemen atau jamu alami untuk ayam bangkok supaya kondisi kesehatannya tetap terjaga. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kunyit sendiri mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi yang diyakini mampu meningkatkan performa ayam aduan.

Advertisements

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi para pemula yang mengeluhkan bahwa mereka merasa kebingungan mengenai bagaimana tata cara pemberiannya. Ketika hendak memberikan kunyit sebagai pakan tambahan bagi ayam bangkok, kalian tentunya harus mengetahui apa saja manfaatnya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan kunyit sebagai suplemen tambahan atau jamu bagi ayam bangkok, ada baiknya pahami terlebih dahulu manfaat-manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat kunyit untuk ayam bangkok dilengkapi cara hingga dosis pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Kunyit

Kandungan Nutrisi Kunyit

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat kunyit untuk semua jenis ayam bangkok lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam kunyit tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Protein.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Vitamin C.
  • Zat besi.

Manfaat Kunyit Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Kunyit Untuk Ayam Bangkok Semua Jenis
Advertisements

Salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan kunyit sebagai suplemen tambahan bagi jenis ayam aduan yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa manfaat kunyit untuk semua jenis ayam bangkok berikut ini.

Advertisements

1. Meningkatkan Nafsu Makan Ayam Bangkok

Seperti diketahui, nafsu makan seringkali menjadi hambatan ayam bangkok sehingga menjadikannya kurang sehat. Dimana kurangnya nafsu makan juga akan membuat ayam bangkok kurus dan mudah terserang penyakit. Nah, kunyit disini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan ayam bangkok.

2. Menambah Stamina Ayam Bangkok

Kemudian manfaat kunyit selanjutnya yaitu mampu menambah stamina ayam bangkok. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, peningkatan nafsu makan akan membuat stamina ayam bangkok semakin meningkat.

3. Antibiotik Alami Ayam Bangkok

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa kunyit seringkali dijadikan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Dalam hal ini, banyak orang memanfaatkan kunyit sebagai antibiotik alami bagi ayam bangkok yang terbebas dari bahan kimia.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ayam Bangkok

Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh ayam bangkok menjadi khasiat kunyit selanjutnya. Seperti halnya manfaat jahe untuk ayam bangkok, ternyata kunyit memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan gizi yang mampu membuat daya tahan tubuhnya semakin meningkat.

5. Mencegah Pembekuan Darah Ayam Bangkok

Perlu diketahui, pembekuan darah pada ayam bangkok akan berakibat buruk pada kesehatannya, mulai dari turun urat, kelumpuhan hingga penyakit step. Supaya terhindar dari berbagai macam jenis penyakit tersebut, sebaiknya berikan ayam bangkok kunyit secara rutin.

6. Obat Berbagai Penyakit Pencernaan

Hingga kini, sudah tersedia cukup banyak jenis penyakit yang mengganggu sistem pencernaan ayam bangkok, seperti diare, berak darah, berak kapur, cacingan dan lain sebagainya. Pada poin ini, kunyit mempunyai manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan ayam bangkok serta mengobati berbagai penyakit tersebut.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka Ayam Bangkok

Seperti sudah dibahas sebelumnya, kunyit merupakan salah satu jenis tanaman tradisional yang banyak mengandung zat antibakteri yang baik. Dimana zat antibakteri di dalam kunyit tersebut pastinya akan membantu proses penyembuhan luka ayam bangkok dalam waktu singkat.

8. Obat Luka Dalam

Selain bisa mempercepat penyembuhan luka ayam bangkok, ternyata kunyit juga memiliki khasiat sebagai obat luka dalam. Namun, perlu diingat bahwa apabila kalian ingin memanfaatkan kunyit sebagai obat luka dalam bagi ayam bangkok, maka pastikan pemberian dosis atau takarannya sudah sesuai.

9. Menguatkan Jalu Ayam Bangkok

Manfaat kunyit untuk ayam bangkok berikutnya yaitu mampu menguatkan jalu serta mengeraskan kaki. Hal penting yang berkaitan dengan kekuatan ayam bangkok yaitu terdapat pada bentuk, sisik serta jalu. Nah, kunyit disini mampu menguatkan jalu serta membuat kaki ayam bangkok menjadi lebih keras.

10. Membuat Ayam Bangkok Lebih Agresif

Pada saat kalian ingin membawa ayam bangkok ke arena atau kontes, tentunya mereka harus benar-benar dalam kondisi siap, entah itu dari segi kesiapan fisik ataupun mental. Dengan kata lain, jangan pernah membawa ayam bangkok ke arena apabila mereka sedang lesu atau kurang sehat. Sebaiknya berikan kunyit secara rutin untuk membuatnya menjadi lebih agresif.

11. Obat Penyakit Ngorok

Penyakit ngorok pada ayam bangkok bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya yaitu karena perkembangan bakteri pada tenggorokan sehingga mengganggu sistem pencernaan unggas. Manfaat kunyit dalam hal ini yaitu bisa dijadikan sebagai obat ngorok ayam bangkok.

12. Obat Turun Urat

Manfaat kunyit terakhir yaitu dijadikan sebagai obat turun urat alami ayam bangkok. Biasanya ciri ayam turun urat bisa ditandai dengan kondisi tubuh tidak normal seperti lumpuh atau pincang. Jika ayam bangkok peliharaan kalian mengalami hal tersebut, sebaiknya berikan kunyit secara rutin sesuai porsinya.

Cara Pemberian Kunyit Untuk Ayam Bangkok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat kunyit untuk semua jenis ayam bangkok berdasarkan kandungan nutrisi dan gizinya. Secara garis besarnya, pemberian kunyit untuk ayam bangkok sebagai suplemen tambahan bisa dilakukan melalui beberapa cara, baik itu dijadikan sebagai pakan atau air minum, diberikan langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

Sementara dari segi dosis atau waktu pemberiannya kunyit untuk ayam bangkok sendiri yaitu sekitar 3% dari total berat pakan. Sebagai contoh untuk anakan ayam bangkok usia di bawah 3 bulan, kalian bisa memberikan kunyit sekitar 1/2 ruas. Sedangkan untuk ayam bangkok dewasa, kalian bisa memberikannya 1 sampai 2 ruas jari.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kunyit untuk ayam bangkok dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan kunyit sebagai suplemen tambahan bagi ayam bangkok.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *