Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan & Cara Pemberian!

Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan
Advertisements

Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan – Seperti diketahui, di dalam dunia ayam aduan, pola perawatan harian harus selalu diperhatikan oleh para pemiliknya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dengan perawatan yang baik dan benar, tentunya akan membuat ayam aduan menjadi berkualitas.

Tidak hanya dari segi perawatan harian saja, namun pemberian pakan hingga penambahan suplemen juga sangat dibutuhkan oleh ayam aduan. Dimana suplemen atau pakan tambahan yang baik bagi ayam aduan sendiri bisa berasal dari bahan-bahan alami di lingkungan sekitar, salah satunya yaitu daun binahong.

Advertisements

Secara garis besarnya, daun binahong menjadi salah satu jenis tanaman yang dipercaya mampu mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit pada ayam aduan. Namun, masih ada sebagian orang di luar sana khususnya bagi para pemula yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai cara pemberiannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan daun binahong menjadi pakan tambahan bagi ayam aduan, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja khasiatnya. Nah, untuk membantunya kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat daun binahong untuk ayam dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Daun Binahong

Kandungan Nutrisi Daun Binahong

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa penggemar ayam aduan memanfaatkan daun binahong sebagai pakan atau suplemen tambahan yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Oleh karena itu, sebelum membahas manfaat daun binahong untuk ayam aduan lebih lanjut, sebaiknya pahami beberapa kandungan nutrisi dan gizinya terlebih dahulu di bawah ini.

  • Saponin.
  • Alkaloid.
  • Pilifenol.
  • Minyak atsiri.
  • Protein.
  • Asam oleanolic.
  • Air.

Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan

Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan Semua Jenis
Advertisements

Setelah mengetahui sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam daun binahong, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja khasiat ataupun manfaatnya untuk ayam aduan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah manfaat daun binahong untuk semua jenis ayam aduan berikut ini.

Advertisements

1. Mengobati Luka Ayam Aduan

Manfaat daun binahong untuk ayam aduan pertama yaitu mampu mengobati luka goresan di tubuhnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab daun binahong mengandung zat asam askorbat yang bermanfaat dalam mengobati luka di sekujur tubuh ayam aduan.

2. Berperan Sebagai Antibiotik Alami

Perlu diketahui, sebenarnya saat ini mengobati luka pada ayam aduan tidak harus menggunakan obat kimia, namun kalian juga bisa menggunakan obat tradisional alami seperti daun binahong. Karena daun binahong sendiri kaya akan antibiotik yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri, terutama ketika ayam aduan terluka.

3. Obat Radang Ayam Aduan

Ketika memasuki musim pergantian cuaca tau musim pancaroba, biasanya ayam aduan menjadi rawan terkena penyakit radang serta pernafasan. Nah, untuk mengatasi ataupun mencegah penyakit tersebut, sebaiknya berikan daun binahong sebagai suplemen tambahannya. Dimana daun binahong sendiri mengandung asam aleanolic yang bisa mengatasi dan mengobati peradangan ayam aduan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ayam Aduan

Seperti halnya manfaat bekicot untuk ayam aduan, ternyata daun binahong juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Terlebih lagi daun binahong sudah terkenal dengan kandungan saponin yang sangat bagus sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan serta daya tahan tubuh ayam aduan.

5. Melancarkan Peredaran Darah Ayam Aduan

Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa peredaran darah ayam aduan yang lancar mempunyai berbagai macam manfaat, seperti meningkatkan stamina hingga membuat makanan mudah terserap oleh tubuh. Nah, supaya peredaran darah ayam aduan lancar, sebaiknya berikan daun binahong secara rutin.

6. Obat Kurap Ayam Aduan

Memang benar bahwa saat ini di toko-toko offline maupun online sudah tersedia cukup banyak jenis obat untuk mengatas penyakit kurap pada ayam aduan. Namun, tentunya obat tersebut mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kondisi kesehatannya. Jadi, alternatifnya kalian bisa menggunakan cara alami yaitu memanfaatkan daun binahong sebagai obat kurap ayam aduan.

7. Obat Bubul Ayam Aduan

Kemudian jenis penyakit yang seringkali menyerang ayam aduan yaitu bubul. Mungkin sebagian penggemar ayam aduan seringkali mengatasi bubul ayam dengan bawang putih. Selain bawang putih, daun binahong sebagai bahan alami juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit bubul ayam aduan. Akan tetapi, proses pengobatannya memang membutuhkan kesabaran serta keuletan dari pemilik ayam aduan.

8. Mengobati Keram Otot Ayam Aduan

Sebagaimana diketahui, tidak jarang bahwa ayam aduan sering menderita keram otot atau gangguan pada persendian, khususnya ketika mereka kalah dalam pertarungan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya berikan daun binahong karena di dalamnya terdapat kandungan zat anti inflamasi yang bisa memulihkan cedera otot ayam aduan.

9. Menjaga Kesehatan Mata Ayam Aduan

Daun binahong juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan mata ayam aduan. Bahkan, beberapa penggemar ayam aduan juga menganggap bahwa daun binahong mampu membuat bulunya menjadi bersinar. Dimana biasanya pemberian daun binahong sendiri dilakukan dengan dicampurkan bersama pakan ataupun minumannya.

10. Memperkuat Pernapasan Ayam Aduan

Manfaat daun binahong terakhir untuk ayam aduan sebenarnya hampir sama seperti khasiat daun binahong bagi Kenari, yaitu memperkuat sistem pernapasannya. Napas sendiri menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para pemilik ayam aduan. Pasalnya, semakin kuat nafas ayam aduan, maka semakin besar pula tingkat kemenangannya di arena.

Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa manfaat daun binahong untuk ayam aduan semua jenis berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, kemudian kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian daun binahong untuk ayam aduan.

Secara garis besarnya, pemberian daun binahong untuk ayam aduan ditentukan berdasarkan tujuannya, entah itu sebagai obat ataupun sebagai suplemen tambahan. Apabila dijadikan sebagai obat, maka kalian bisa memberikannya sebagai obat oles atau obat bubuk setelah daun binahong ditumbuk.

Sementara jika ingin dijadikan sebagai suplemen atau pakan tambahan bagi ayam aduan, maka kalian bisa memberikannya dengan cara mencampurkannya ke dalam pakan utama ataupun minumannya. Perlu diingat, ketika memberikan daun binahong sebagai obat ayam aduan, jangan berikan obat lain secara bersamaan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ekstrak daun binahong sendiri mempunyai dosis yang cukup kuat pada ayam. Dengan kata lain, pemberian daun binahong sebagai obat bagi ayam aduan harus dilakukan secara hati-hati untuk menghindari efek samping negatif atau dampak buruk bagi kondisi kesehatannya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun binahong untuk ayam aduan semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan daun binahong sebagai obat ataupun suplemen tambahan bagi ayam aduan.

Sumber gambar : m.jpnn.com, freepik.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *