Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Manfaat Cacing untuk Kacer

MANFAAT CACING UNTUK KACER

Manfaat Cacing untuk Kacer – Burung Kacer memang sudah tak asing lagi bagi kita. Selain suara kicauannya yang merdu, burung ini juga selalu bergaya saat berkicau. Tidak heran jika Kacer menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta burung kicauan. Selain itu, burung Kacer juga banyak diminati karena bisa dijadikan burung lomba, ataupun kembang teras rumah.

Namun bagi kalian yang tertarik dengan Kacer karena suaranya yang bagus. Salah satu faktor penting untuk selalu diperhatikan saat merawat adalah kualitas makanan dan vitaminnya. Adapun salah satu makanan tambahan paling berpengaruh pada kualitas suara Kacer yang lantang adalah cacing ataupun serangga lainnya.

Tetapi cacing yang digunakan untuk membuat kualitas suara Kacer lantang bukanlah cacing tanah biasa, melainkan cacing tanah merah. Ini karena cacing tanah merah memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk membuat suara lantang dan keras bisa keluar dari burung kacer kalian.

Selain itu, manfaat lain dari kandungan yang ada pada cacing merah juga berpengaruh besar pada kesetabilan birahi burung tersebut. Bahkan bukan hanya sampai disitu saja ternyata cacing merah juga masih memiliki manfaat lain pada burung kacer yang kalian miliki.

Manfaat Cacing Untuk Kacer : Kandungan dan Cara Pemberian Terbaik

Apa saja kiranya kandungan dan manfaat cacing untuk Kacer? Berikut akan kami sampaikan dan jelaskan secara rinci apa saja manfaat serta kandungan yang ada pada cacing merah tersebut. Bagi kalian yang tertarik, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Cacing merupakan extra fooding yang baik untuk burung kicauan. Cacing berguna untuk menstabilkan birahi burung kicau, terutama burung Kacer. Tetapi, jenis cacing yang digunkan disini adalah cacing merah.

Karena cacing tersebut memiliki kandungan protein yang diperlukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung kicau tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan mengenai manfaat cacing untuk kacer secara lengkap di bawah ini.

Manfaat Cacing Merah

cacing cacing

1. Menstabilkan birahi burung Kacer

Manfaat cacing untuk kacer yang pertama adalah dapat menstabilkan birahi burung. Baik burung kurang birahi maupun terlalu birahi. Jadi, burung kacer yang memiliki tingkat birahi tinggi ataupun kekurangan birahi bisa distabilkan. Dengan cara memberikan cacing merah ini juga termasuk langkah untuk melengkapi kebutuhan VITAMIN BURUNG KACER tersebut.

2. Melengkapi Kebutuhan Nutrisi

Cacing merah telah dipercaya oleh sebagian pecinta burung kicau. Karena, extra fooding yang satu ini dapat melengkapi kebutuhan nutrisi pada burung Kacer peliharaannya.

3. Menambah Nafsu Makan

Cacing merah juga dapat digunakan untuk burung Kacer dengan riwayat nafsu makannya berkurang, serta dapat membuat fisik burung lebih lincah dan sehat.

4. Memperbaiki Kualitas Suara

Biasanya burung yang hanya ngeriwik atau berkicau tetapi pelan akan cukup membosankan. Dengan cara memberikan cacing merah ini berguna untuk menambah volume suara burung Kacer kalian.

5. Merangsang Mental Fighter

Manfaat cacing untuk Kacer selanjutnya yaitu dapat menjadikan burung kacer lebih fighter. Dengan alasan, tetap menggunakan cara perawatan yang tepat.  Cacing hanya sebatas pendorong rangsangan, selebihnya adalah bagaimana cara mengolah mental burung itu sendiri.

6. Menjadikan Burung Gacor

Manfaat cacing untuk kacer selanjutnya adalah dapat menjadikan burung menjadi rajin berkicau. Hal ini dikarenakan burung mendapatkan beberapa nutrisi tambahan sehingga burung tidak mengalami stress. Jika burung tidak mengalami stress, maka akan ada kemungkinan burung akan menjadi lebih rajin berbunyi.

7. Meningkatkan Kecerdasan dan Konsentrasi

Manfaat cacing untuk kacer yang terakhir adalah dapat meningkatkan kecerdasan serta konsentrasi burung tersebut. Kecerdasan dan konsentrasi burung akan sangat berguna pada saat burung mengikuti kontes burung kicau. Jadi ketika burung berkicau, burung tersebut dapat menata beberapa veriasi kicauan lebih dari biasanya.

Beberapa manfaat cacing untuk kacer diatas merupakan suatu kebutuhan. Karena, ketika burung kacer kalian kekurangan nutrisi, itu sangat tidak baik. Untuk melengkapinya kalian bisa gunakan cacing merah tersebut, kalian bisa mendapatkan cacing tersebut di toko pakan burung terdekat. Selanjutnya, kita akan bahas mengenai kandungan dari cacing merah yang bisa kalian simak di bawah ini.

Kandungan Cacing Merah

Protein

Protein sejumlah 72 persen dalam tubuhnya. Protein tersebut dikategorikan sebagai protein murni. Kandunan protein pada cacing merah ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan ikan teri, yang sering kita konsumsi sehari-hari.

Arginine

Arginine berkisar 10,7 persen. Kandungan Arginine adalah asam amino yang diperoleh oleh tubuh cacing merah. Arginine dapat menjadikan burung tetap sehat dan efektif dalam menangani sejumlah penyait dalam tubuh burung Kacer.

Tryptophan

Tryptophan sejumlah 4,4 persen. Trytophan adalah salah satu senyawa asam amino murni yang terbentuk dari biosintesis protein. Contoh manfaat Trytophan adalah dapat melengkapi kebutuhan nutrisi burung, dapat mengobati beberapa jenis penyakit, serta dapat mencegah berbagai macam serangan penyakit pada burung.

Tyrosine

Tyrosine sejumlah 2,25 persen . Tyrosine merupakan asam amino yang diproduksi secara alami didalam tubuh cacing merah tersebut. Manfaat Tyrosine adalah meningkatkan kinerja sel-sel syaraf pada burung serta dapat meningkatkan kecerdasan burung Kacer.

Dari beberapa kandungan dalam cacing merah diatas, banyak orang mengatakan kalau “kandungan protein cacing merah lebih tinggi, dibandingkan kandungan protein tumbuhan”. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menjadikan burung kacer lebih sehat dan rajin dalam berkicau.

Cacing merah adalah salah satu extra fooding kesukaan burung Kacer. Karena, manfaat kandungan pada cacing merah ini telah banyak terbukti. kandungan yang terdapat pada cacing merah ternyata dapat memberikan nutrisi tambahan burung kacer. Manfaat cacing untuk kacer ini tidak hanya dirasakan oleh burung tersebut. Melainkan juga pemilik burung, karena ia mendapatkan burung dengan fisik sehat serta kualitas kicau yang bagus.

Cara Pemberian Cacing Merah

kacer cacing
  • Berikan cacing merah setidaknya 1 hingga 2 ekor.
  • Dengan frekuensi 2 sampai 3 kali dalam waktu satu minggu.
  • Dengan catatan (harus tetap diimbangi dengan pakan yeng berkualitas).

Memberikan cacing merah pada burung di haruskan dengan prosedur yang tepat serta konsisten. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap burung tersebut.

Akhir Kata

Diatas ini adalah beberapa hal yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai manfaat cacing untuk kacer, lengkap dengan manfaat, kandungan, serta cara pemberiannya. Semoga dengan adanya artikel ini akan menjadikan burung Kacer kalian tetap sehat dan tambah gacor. Terimakasih, sekian dari saya dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *