Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Manfaat Gula Merah Untuk Kacer : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Gula Merah Untuk Kacer

Manfaat Gula Merah Untuk Kacer – Gula merah atau gila jawa memang sudah sangat dikenal oleh semua masyarakat yang banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan kue dan minuman kuliner. Namun, ternyata gula merah juga seringkali dijadikan sebagai makanan tambahan untuk burung kicau, salah satunya yaitu Kacer.

Dimana gula merah sendiri merupakan salah satu jenis pakan alami yang bisa dikonsumsi oleh jenis burung peliharaan tersebut. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya gula merah memiliki sejumlah kandungan yang pastinya tidak kalah penting dari pakan alami jenis lainnya seperti kroto, jangkrik, orong-orong, ulat dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar penggemar Kacer di luar sana khususnya para pemula yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan bagaimana tata cara pemberiannya. Secara garis besarnya, cara hingga waktu ideal pemberian gula merah untuk Kacer tergolong mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan gula merah sebagai pakan tambahan bagi Kacer, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat gula merah untuk Kacer dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Gula Merah

Kandungan Nutrisi Gula Merah

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat gula merah untuk Kacer lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam gula merah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Karbohidrat.
  • Lemak.
  • Protein.
  • Mineral.
  • Vitamin C.
  • Kalium.
  • Fosfor.
  • Magnesium.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Fitonutrien.
  • Polifenol.
  • Flavonoid.
  • Antosianin.

Manfaat Gula Merah Untuk Kacer

Manfaat Gula Merah Untuk Burung Kacer

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, banyak orang memanfaatkan gula merah sebagai pakan tambahan bagi Kacer karena adanya sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Tentunya beberapa kandungan tersebut akan memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh burung kicauan ini.

Pada intinya, gula merah sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) akan membuat tubuh Kacer tetap sehat. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa manfaat gula merah untuk Kacer semua jenis berikut ini, entah itu Kacer jantan maupun betina.

1. Mencegah Penyakit pada Kacer

Manfaat gula merah sebagai pakan tambahan untuk Kacer pertama yaitu mampu mencegah berbagai macam jenis penyakit. Hal ini dikarenakan gula merah mempunyai kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral yang mampu memperkuat faktor antipatogenik sehingga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

2. Meningkatkan Stamina Kacer

Hampir sama seperti manfaat gula merah untuk Merpati, ternyata gula merah juga mampu meningkatkan stamina Kacer. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa gula dikenal sebagai sumber energi untuk tubuh. Oleh sebab itu, supaya stamina Kacer tetap terjaga, berikanlah gula merah secara rutin sebagai pakan tambahannya.

3. Membuat Kacer Rajin Berkicau

Gula merah juga ternyata sangat bermanfaat untuk membuat Kacer menjadi lebih rajin berkicau. Masih berkaitan dengan stamina atau energi yang semakin meningkat karena gula merah, maka hal tersebut kemungkinan besar juga akan membuat burung Kacer semakin sering untuk mengeluarkan suara kicauannya.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh Kacer

Manfaat gula merah terakhir untuk Kacer yaitu mampu menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Hal ini dikarenakan gula merah memiliki kandungan fitonutrien yang bersifat sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi Kacer dari bahaya radikal bebas dan pastinya daya tahan tubuhnya akan tetap terjaga setiap saat.

Cara Pemberian Gula Merah Untuk Kacer

Setelah mengetahui sejumlah khasiat gula merah untuk Kacer, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Dimana cara pemberian gula merah untuk Kacer sendiri yaitu dilakukan dengan melarutkannya ke dalam air hangat.

Cukup berbeda dengan mengkonsumsi khasiat dari makanan dari makanan pahit, dosis pemberian gula merah untuk Kacer sendiri sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Dengan takaran atau porsi pemberian gula merah tersebut bisa meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh Kacer.

Efek Samping Pemberian Gula Merah Untuk Kacer

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat gula merah untuk Kacer dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Sebagai informasi tambahan, porsi pemberian gula merah untuk Kacer sebaiknya jangan terlalu berlebihan atau melebihi takarannya.

Hal ini dikarenakan pemberian gula merah untuk Kacer yang dilakukan secara berlebihan akan membuatnya memiliki berat badan berlebih. Oleh sebab itu, pastikan porsi atau takaran gula merah untuk Kacer dilakukan dengan benar untuk menghindari efek samping tersebut.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat gula merah untuk Kacer dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan gula merah sebagai pakan tambahan bagi Kacer.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.