Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

14 Manfaat Cacing Tanah Untuk Murai Batu : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Cacing Tanah Untuk Murai Batu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Murai Batu – Hampir semua orang pasti sudah familiar dengan cacing tanah. Dimana hewan melata ini dapat dengan mudah kalian temukan di kebun ataupun pekarangan. Meskipun bagi sebagian orang hewan tersebut terlihat menjijikkan, ternyata cacing tanah mempunyai segudang manfaat.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan manusia saja, namun cacing tanah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan sejumlah jenis burung, salah satunya yaitu Murai Batu. Memang benar jika salah satu jenis burung peliharaan tersebut lebih banyak diberikan jangkrik, ulat ataupun serangga lainnya.

Akan tetapi, sebenarnya di dalam liar burung Murai Batu juga sering memangsa cacing tanah sebagai pakan tambahannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya cacing tanah sangat bermanfaat untuk kesehatan Murai Batu, terutama dalam menjaga kekebalan tubuh supaya tetap stabil serta selalu dalam kondisi prima.

Nah, apabila diantara kalian ada yang ingin memberikan cacing tanah untuk Murai Batu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat cacing tanah untuk Murai Batu dilengkapi cara beserta waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Cacing Tanah

Kandungan Cacing Tanah

Sebelum pembahasan poin utama terkait manfaat cacing tanah untuk Murai Batu berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungannya. Menurut beberapa penelitian di dalam sebuah laboratorium, cacing tanah mengandung lebih dari 40 jenis protein.

Bahkan kadar protein tersebut lebih besar dibandingkan yang ada di dalam daging mamalia. Mereka juga menegaskan bahwa di dalam cacing tanah terdapat sekitar 76% protein serta nutrisi, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • 78 sampai 79 gram per liter amino.
  • Zat besi.
  • Kalsium.
  • 45% karbohidrat.
  • 1.5% kandungan lemak.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Murai Batu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Burung Murai Batu

Seperti dijelaskan sebelumnya, cacing tanah mempunyai segudang manfaat bagi burung Murai Batu, terutama untuk menjaga performanya tetap stabil di lapangan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik apa saja manfaat cacing tanah untuk semua jenis burung Murai Batu di bawah ini.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh Murai Batu

Manfaat cacing tanah pertama untuk Murai Batu yaitu menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya cacing tanah sendiri mempunyai kandungan sebuah zat arigin sekitar 10.7% yang bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh Murai Batu.

2. Meningkatkan Kecerdasan Murai Batu

Pemberian cacing tanah secara rutin juga bisa meningkatkan kecerdasan, konsentrasi serta ketenangan Murai Batu. Ketika Murai Batu lebih fokus saat dimaster, maka kemungkinan besar mereka bisa lebih cepat gacor serta rajin bunyi. Bahkan karena kecerdasannya tersebut membuat Murai Batu mengeluarkan isian dengan tepat dan cepat.

3. Menjaga Kesehatan Bulu Murai Batu

Cacing tanah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu burung Murai Batu. Pemberian caing tanah secara rutin akan membantu menjaga bulu Murai Batu supaya tidak kusam serta agar selalu terlihat berkilau. Menariknya lagi, bulu Murai Batu juga menjadi lebih rapi, panjang serta tidak nyerit atau berantakan.

4. Menenangkan Murai Batu

Manfaat cacing tanah selanjutnya yaitu bisa menenangkan Murai Batu. Hal ini disebabkan cacing tanah memiliki kandungan zat Trytophan yang berguna dalam menenangkan otak burung. Nah, ketika otak sudah tenang, maka pastinya Murai Batu tidak mudah stres serta bisa beristirahat dengan tenang. Di sisi lain, pemberian cacing tanah untuk Murai Batu juga dapat dijadikan sebagai relaksasi otak sehingga waktu istirahatnya menjadi berkualitas.

5. Meningkatkan Birahi Murai Batu

Sebagaimana diketahui, kondisi birahi burung Murai Batu kadang tidak menentu, entah itu sedang birahi rendah ataupun tinggi. Maka dari itu, kalian sebagai pemilik wajib memahami Murai Batu sedang dalam kondisi over birahi atau kurang birahi. Jika memang Murai Batu sedang kurang birahi, cobalah untuk memberikan cacing tanah.

6. Membuat Murai Batu Gacor

Sama halnya seperti manfaat cacing untuk Kacer, hewan kecil melata tersebut ternyata mampu membuat Murai Batu menjadi lebih gacor. Pasalnya, cacing tanah yang dikonsumsi oleh Murai Batu dapat menghasilkan hormon testosteron lebih banyak sehingga mampu membuat suaranya menjadi lebih gacor.

7. Menjaga Agar Murai Batu Tidak Mandul

Hampir semua jenis burung kicauan yang mengonsumsi pakan cacing tanah akan bereproduksi lebih produktif, termasuk Murai Batu. Jadi, manfaat pemberian cacing tanah selanjutnya yaitu bisa mencegah Murai Batu supaya tidak mandul. Selain itu, karena adanya kandungan zat arigin di dalam cacing tanah membuat Murai Batu menjadi lebih subur.

8. Membantu Proses Pertumbuhan Murai Batu

Kemudian manfaat cacing tanah lainnya untuk Murai Batu yaitu membantu proses burung tumbuh dengan cepat. Dimana kandungan protein di dalam tubuh cacing tanah tersebut mampu menjadikan Murai Batu lebih cepat dalam proses berkembang. Akan tetapi, pemberian asupan protein dari cacing tanah untuk Murai Batu juga harus sesuai porsinya.

9. Menyembuhkan Luka Murai Batu

Menyembuhkan luka Murai Batu juga bisa dilakukan dengan cara pemberian cacing tanah. Sebagai contoh kaki Murai Batu tidak sengaja luka ataupun terdapat luka di bagian tubuh lainnya, cobalah berikan cacing tanah secara rutin sampai luka tersebut benar-benar sembuh serta kering.

10. Mengobati Gangguan Saraf Murai Batu

Manfaat terakhir cacing tanah untuk Murai Batu yaitu bisa mengobati gangguan saraf, seperti tetelo atau lumpuh. Selain bisa dijadikan sebagai obat, pemberian cacing tanah secara rutin kepada Merpati juga bisa menjadi pencegah terjadinya penyakit akibat adanya gangguan pada saraf.

Cara Pemberian Cacing Tanah Untuk Murai Batu

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja manfaat cacing tanah untuk semua jenis Murai Batu, entah itu dari segi fisik ataupun kesehatannya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara serta waktu ideal pemberian pakan cacing tanah untuk Murai Batu.

Pertama-tama, pastikan cacing tanah yang hendak kalian berikan untuk Murai Batu bukanlah cacing got ataupun cacing jenis lainnya. Setelah mendapatkan cacing tanah, silahkan bersihkan sisa-sisa tanah yang masih menempel di tubuhnya. Untuk waktu ideal pemberiannya sendiri sebaiknya berikan satu ekor cacing tanah pada pagi hari secara full tanpa dipotong (biarkan burung memotongnya sendiri).

Selain itu, porsi pemberian cacing tanah yang bagus untuk Murai Batu sendiri adalah 3 kali seminggu secara rutin setiap pagi hari. Namun, khusus untuk Murai Batu yang ingin mengikuti lomba, berikan satu ekor cacing tanah di sore hari pada H-1 perlombaan.

Efek Samping Cacing Tanah Untuk Murai Batu

Meskipun cacing tanah mempunyai segudang manfaat untuk Murai Batu, namun bukan berarti pakan tersebut tidak memiliki efek samping sama sekali. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum memberikannya, berikut ini akan kami berikan beberapa efek samping pemberian cacing tanah untuk Murai Batu.

  • Pemberian cacing tanah untuk Murai Batu secara berlebihan bisa menyebabkan kelebihan protein di dalam tubuh.
  • Cacing tanah bisa menyebabkan suhu tubuh Murai Batu meningkat dalam jangka waktu cukup lama.
  • Jika porsi pemberiannya dilakukan secara berlebihan, maka bisa membuat bulu Murai Batu menjadi rontok.
  • Murai Batu dapat mengalami gangguan pencernaan apabila cacing tanah ditelan dalam kondisi utuh.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa cacing tanah tidak hanya bermanfaat untuk kondisi kesehatan tubuh Murai Batu saja, namun juga bermanfaat dalam menjaga fisiknya. Akan tetapi, pemberian cacing tanah untuk Murai Batu tidak boleh dilakukan secara berlebihan untuk menghindari efek samping negatifnya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar manfaat cacing tanah untuk Murai Batu dilengkapi cara dan waktu ideal pemberian hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan cacing tanah untuk Murai Batu.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *