Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Manfaat Kroto Untuk Kenari

Manfaat Kroto UntukKenari

Manfaat Kroto Untuk Kenari – Extra Fooding adalah makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung peliharaan. Jenis pakan EF sendiri sangat banyak diantaranya ulat hongkong, ulat kandang, jangkrik dan kroto.

Kroto memiliki kandungan gizi lengkap untuk meningkatkan kualitas kicauan, penggacoran, menaikan birahi serta menjaga kesehatan burung. Namun, pemberian EF perlu disesuaikan dengan jenis burung dan juga porsinya.

EF kroto dapat diberikan pada Kenari, meskipun sebenarnya hanya menyukai sayuran, telur puyuh dan juga biji-bijian. Perlu dilakukan tahap pelatihan, apabila Kenari tidak mau makan kroto seperti melakukan terapi lapar.

Terapi lapar yang saya maksud adalah tidak memberi makanan utama selama kurang lebih 1 hingga 2 jam. Setelah kenari merasa lapar, sobat bisa memasukan kroto dengan takaran sekitar satu cepuk ke dalam kandang.

Manfaat Kroto Untuk Burung Kenari

Manfaat Kroto Untuk Burung Kenari

Mengapa pemberian kroto perlu di lakukan pada kenari? Karena, kroto memiliki banyak sekali manfaat. Untuk mengetahui khasiat selengkapnya, silahkan sobat simak ulasan berikut ini.

Meningkatkan Perfoma Kicau

Meningkatkan Perfoma Kicauan

Manfaat kroto pertama untuk Kenari yaitu membantu meningkatkan perfoma kicauan. Jadi, pemberian kroto sendiri sangat cocok bagi pemain lomba agar jagoannya tampil lebih prima.

Menjadi Sumber Energi

Menjadi Sumber Energi

Selain itu, manfaat kroto berikutnya adalah menjadi sumber energi bagi Kenari. Apabila tubuhnya berstamina, maka akan memungkinkan Kenari mengeluarkan kicauan dengan durasi lebih panjang dari sebelumnya.

Meningkatkan Birahi

Meningkatkan Birahi

Manfaat selanjutnya yaitu berguna untuk meningkatkan birahi. Pemberian EF tersebut sangat direkomendasikan untuk para penangkar supaya pada saat BETERNAK KENARI dapat cepat berreproduksi.

Membuat Kenari Lebih Gacor

Membuat Kenari Lebih Gacor

Pemberian kroto tentunya akan membuat Kenari menjadi lebih rajin bunyi gacor, asalkan kroto diberikan sesuai takaran. Jumlah kroto untuk kenari sekitar 1 cepuk saja setiap 2 kali dalam seminggu.

Menyehatkan Tubuh Kenari

Menyehatkan Burung Kicau

Dengan sejumlah kandungannya, kroto memiliki manfaat penting bagi kesehatan kenari. Apabila Kenari sobat merasa sehat, pastinya akan memungkinkan dapat mengeluarkan suara kicauan lebih merdu dan bervariasi.

Cara Agar Kenari Mau Makan Kroto

Cara Agar Kenari Mau Makan Kroto

Setelah mengetahui manfaat kroto untuk Kenari, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui bagaimana cara mengatasi kenari yang tidak mau makan kroto. Karena, tidak semua Kenari menyukai pakan EF satu ini.

Terapi Lapar

Terapi Lapar

Cara pertama yang dapat sobat lakukan adalah dengan menggunakan terapi lapar. Jika belum mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak setiap tahapanya berikut ini.

  1. Di pagi hari setelah Kenari diembunkan, angin-anginkan terlebih dahulu ditempat nyaman.
  2. Setelah itu, angkat cepuk pakan dan biarkan kurang lebih selama 2 jam hingga kelaparan.
  3. Masukan cepuk berisi kroto segar ke dalam kandang Kenari.
  4. Letakan kembali Kenari ke tempat semula.
  5. Biarkan Kenari memakan kroto yang sudah disediakan dalam cupuk.

Itulah cara terbaik supaya Kenari mau makan kroto. Sehingga, Kenari bisa merasakan manfaat bagi kesehatan tubuh, serta kualitas kicauannya.

Kandungan Kroto Segar

Kandungan Kroto Segar

Berdasarkan informasi penelitian dari Departemen Kesehatan Thailand, kroto memiliki sejumlah kandungan. Jumlah kandungan gizi kroto dalam 100 gram adalah sebagai berikut :

  • Kadar air 22%
  • Protein 24,1 gr
  • Lemak 42,2 gr
  • Karbohidrat 4,3 gr
  • Fosfor 230 mg
  • Kcal kalori 493 mg.
  • Zat besi 10,4 mg
  • vitamin A
  • 710 IU,
  • Vitamin B1 0,22 mg,
  • Vitamin B2 1,13 mg
  • Niacin 5,7 mg

Nah, itulah sejumah kandungan pada 100 gram kroto segar. Tentunya dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi bagi Kenari.

Dosis Kroto untuk Kenari

Dosis Kroto Untuk Burung Kenari

Selanjutnya, tentukan dosis kroto untuk menghindari hal-hal tak diinginkan. Sebab, pemberian kroto dengan jumlah banyak akan memberikan efek samping buruk, seperti :

  • Membuat rontok bulu.
  • Over birahi.
  • Macet bunyi.
  • Turunnya kualitas kicau.

Supaya tidak terjadi efek samping buruk seperti di atas, maka sobat bisa memberikan sedikit saja. Asalkan pemberian dilakukan secara rutin dan konsisten.

Jumlah kroto untuk Kenari yaitu sekitar 10 butir setiap pagi, atau pun dengan takaran satu sendok teh. Pastikan kembali kroto yang sobat berikan masih segar.

Kroto segar dan berkualitas tinggi memiliki ciri berwarna putih, berbentuk larva, serta terdapat semut rangrang hidup disekitarnya. Jangan beri kroto basi, sebab dapat membuat kenari keracunan.

Kesimpulan

Jadi, kroto memiliki manfaat penting untuk segala jenis burung kicau, seperti meningkatkan prfoma kicau, birahi, sumber energi, menyehatkan tubuh serta membuatnya lebih gacor.

Terdapat beberapa jenis Kenari yang tidak menyukai kroto. Namun, sobat bisa menggunakan metode terapi lapar, untuk menjadikan Kenari tersebut mau makan kroto.

Kandungan yang terdapat pada kroto segar cukup melimpah, sehingga sobat perlu mengatur dosis pemberiannya. Tujuannya yaitu agar tidak menimbulkan efek samping buruk bagi burung Kenari.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai manfaat kroto untuk Kenari. Semua manfaat akan didapatkan Kenari, apabila pemberian dilakukan dengan benar dan konsisten. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *