Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Manfaat Kroto Untuk Murai Batu & Efek Sampingnya!

Manfaat Kroto Untuk Murai Batu
Advertisements

Manfaat Kroto Untuk Murai Batu – Memelihara hewan seperti burung Murai Batu harus dilakukan dengan teratur. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya perawatan tersebut bertujuan agar binatang peliharaan tetap terjaga dengan baik serta tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk merawat Murai Batu yaitu dengan memilih jenis pakan yang tepat. Untuk saat ini, sebenarnya jenis burung peliharaan tersebut harus mengonsumsi dua jenis pakan, yaitu pakan utama serta pakan tambahan atau ekstra fooding (EF).

Advertisements

Berbicara mengenai Murai Batu, kroto mungkin menjadi salah satu jenis pakan tambahan yang seringkali diberikan oleh para pemiliknya. Hal ini dikarenakan kroto mempunyai cukup banyak kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Murai Batu.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memberikan kroto sebagai pakan tambahan bagi Murai Batu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai manfaat kroto untuk Murai Batu dilengkapi cara pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Kroto

Kandungan Nutrisi Kroto

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memberikan kroto sebagai pakan tambahan bagi Murai Batu yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Oleh sebab itu, sebelum membahas manfaat kroto untuk Murai Batu lebih lanjut, berikut kami berikan daftar kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

  • Kalori.
  • Kadar air.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Fiber.
  • Abu.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Besi.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B2.
  • Niacin.

Manfaat Kroto Untuk Murai Batu

Manfaat Kroto Untuk Burung Murai Batu
Advertisements

Setelah memahami sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam kroto, maka selanjutnya tinggal mencari tahu apa saja khasiat atau manfaatnya terhadap burung Murai Batu. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat kroto untuk Murai Batu semua jenis berikut ini.

Advertisements

1. Menghilangkan Stres Murai Batu

Manfaat kroto untuk Murai Batu pertama yaitu mampu membantu menghilangkan stres. Dimana Murai Batu stres sendiri biasanya akan dialami ketika mereka baru dibeli, karena perlu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Untuk mengatasinya, berikanlah kroto secara rutin supaya stres Murai Batu bisa hilang.

2. Membantu Pemulihan Kerontokan Bulu Murai Batu

Bagi para pemula, mungkin terkadang kalian merasa bingung tentang pemilihan jenis pakan yang tepat. Jika salah dalam memilihnya, maka bisa berakibat buruk seperti rontoknya bulu di tubuh Murai Batu. Ketika mengalami permasalahan tersebut, jangan khawatir karena kroto ternyata mampu membantu massa pemulihan kerontokan bulu Murai Batu.

3. Membuat Badan Murai Batu Selalu Fit

Menjaga dan membantu kondisi tubuh atau badan Murai Batu selalu fit merupakan manfaat selanjutnya dari Kroto. Tentunya mempunyai hewan peliharaan yang sehat merupakan impian bagi semua orang. Terlebih lagi jika ingin berbisnis dari Murai Batu, kondisinya harus tetap fit dan prima supaya bisa mengeluarkan performa terbaiknya.

4. Membantu Tumbuh Kembang Murai Batu

Manfaat berikutnya yaitu untuk membantu proses tumbuh kembang burung tersebut. Apabila kalian membeli Murai Batu masih muda seperti trotolan atau anakan, cobalah untuk memberinya pakan berupa kroto secara rutin. Hal ini dikarenakan kroto mempunyai kandungan yang bisa membantu perkembangan fisik dari Murai Batu.

5. Menaikkan Birahi Murai Batu

Hampir sama seperti manfaat kroto untuk Kenari, pemberian kroto secara rutin mampu meningkatkan birahi Murai Batu. Ketika birahi Murai Batu jantan sedang tinggi, maka mereka akan rajin berkicau dengan sangat maksimal dan lantang, salah satu tujuannya yaitu untuk menarik perhatian lawan jenisnya agar mendekat.

Cara Pemberian Kroto Untuk Murai Batu

Perlu diketahui, pemberian kroto untuk Murai Batu sendiri hanya dijadikan sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) saja. Maka dari itu, porsi pemberiannya harus dilakukan dengan tepat supaya tidak menimbulkan efek samping buruh terhadap Murai Batu karena kelebihan kroto.

Ketika hendak membeli kroto, pastikan sebelumnya bahwa keadaannya masih fresh atau segar. Adapun ciri kroto masih segar yaitu warnanya putih, tidak tampak pucat dan mulai ada warna coklat kehitam-hitaman. Silahkan berikan kroto yang masih segar tersebut ke dalam cepuk atau wadah makanan di dalam kandang.

Namun, apabila kroto yang diberikan berasal dari penyimpanan lemari es atau kulkas, sebaiknya angin-anginkan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada Murai Batu. Kami ingatkan sekali lagi bahwa pemberian kroto untuk burung Murai Batu harus dalam keadaan fresh atau segar supaya manfaatnya bisa lebih terasa.

Efek Samping Kroto Untuk Murai Batu

Di atas sudah dijelaskan mengenai manfaat kroto untuk Murai Batu dilengkapi tata cara pemberiannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, ketika porsi pemberian kroto untuk Murai Batu dilakukan secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping negatif terhadap kesehatannya.

Adapun beberapa efek samping atau risiko negatif ketika pemberian kroto untuk Murai Batu terlalu berlebihan diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Hilang performa terbaiknya saat lomba.
  • Mulai Baru rontok bulu.
  • Murai Batu tersedak sampai mati.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kroto untuk Murai Batu dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan kroto sebagai pakan tambahan bagi Murai Batu.

Sumber gambar : pertanianku.com, insiden24.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *