Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Makanan Kenari Betina Biar Cepat Birahi & Cara Pemberiannya!

Makanan Kenari Betina Biar Cepat Birahi
Advertisements

Makanan Kenari Betina Biar Cepat Birahi – Sebagaimana diketahui, merawat burung Kenari memang tergolong cukup mudah, namun juga dibutuhkan kesabaran dan keuletan di setiap harinya. Adapun beberapa jenis perawatan harian Kenari sendiri diantaranya yaitu seperti memberi makan, memberi minum, memandikan, menjemur dan lain sebagainya.

Selain itu, Kenari juga termasuk ke dalam salah satu jenis burung peliharaan yang mudah untuk dikawinkan. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar pemilik Kenari di luar sana khususnya para pemula yang merasa kebingungan mengenai bagaimana cara menaikkan birahi Kenari betina agar bisa cepat kawin dengan pasangannya.

Advertisements

Secara garis besarnya, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ataupun mendongkrak birahi Kenari Betina, salah satunya yaitu dengan memberikan beberapa jenis makanan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya beberapa jenis makanan ini mempunyai kandungan nutrisi dan gizi tinggi yang mampu mendongkrak birahinya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana ingin membuat birahi Kenari betina naik dengan memberinya pakan tambahan, sebaiknya cari terlebih dahulu apa saja jenis-jenisnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai jenis-jenis makanan Kenari Betina biar cepat birahi.

Tujuan Membuat Kenari Betina Birahi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai jenis makanan Kenari betina biar cepat birahi lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa tujuan melakukan kegiatan tersebut. Secara garis besarnya, meningkatkan birahi Kenari merupakan hal yang wajib dilakukan, khususnya ketika Kenari ingin diikutkan lomba ataupun saat ingin mengembangbiakkannya.

Entah itu Kenari jantan ataupun betina keduanya harus mempunyai level birahi ideal ketika akan dikawinkan dan pastinya hal tersebut akan menjadi salah satu kunci keberhasilan proses perkawinan. Jadi, meningkatkan maupun menurunkan birahi Kenari merupakan hal yang wajib dikuasai ketika ingin menekuni bisnis budidaya Kenari.

Advertisements

Makanan Kenari Betina Biar Cepat Birahi

Setelah mengetahui beberapa tujuan ataupun manfaat membuat Kenari biar cepat birahi dengan makanan, kalian juga harus mengerti apa saja jenis-jenisnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai jenis makanan Kenari betina biar cepat birahi di bawah ini.

1. Apel

Apel

Jenis pakan Kenari betina biar cepat birahi pertama yaitu apel. Bahkan tidak hanya untuk Kenari betina saja, namun apel juga seringkali dimanfaatkan untuk membangkitkan semu jenis burung kicauan. Cara pemberiannya bisa dilakukan dengan cara digantung di sangkar ataupun dipotong menjadi kecil-kecil lalu diletakkan di dalam cepuk makanan Kenari.

2. Tulang Sotong

Tulang Sotong

Seperti pada pembahasan mengenai manfaat tulang sotong untuk Kenari, ternyata jenis makanan ini mampu meningkatkan birahinya. Selain itu, tulang sotong juga dapat dijadikan sebagai pakan tambahan untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan mineral supaya telur yang dihasilkan Kenari betina jadi semakin kuat serta tidak mudah pecah.

3. Biji Matahari

Biji Matahari

Pakan biji matahari atau kwaci juga termasuk ke dalam salah satu jenis makanan Kenari betina biar cepat birahi. Beberapa penggemar Kenari yang sudah senior juga menyarankan apabila mendekati masa kawin, sebaiknya burung harus sering-sering diberikan pakan biji-bijian. Hal ini bertujuan biar proses produksinya bisa lebih cepat ketimbang hari-hari biasa.

4. Kangkung

Kangkung

Kemudian sayuran segar seperti kangkung juga bisa dijadikan sebagai makanan Kenari betina untuk meningkatkan birahinya. Pada umumnya, orang-orang memberikan kangkung untuk Kenari dengan cara dicampur bersama voer, milet ataupun pakan biji-bijian lainnya. Namun, pastikan segera ganti pakan ketika kangkung sudah terlihat layu dan gelap.

5. Jagung Muda

Jagung Muda

Bagi para penggemar Merpati, mungkin mereka seringkali memberikan jagung muda sebagai pakan utamanya. Nah, pada burung Kenari betina ternyata makanan jagung muda yang sudah dikeringkan juga bisa menjadi salah satu cara biar birahi semakin bertambah. Sebab jagung muda sendiri kaya akan kandungan protein dan vitamin yang mampu mencukupi kebutuhan asupan Kenari betina.

6. Telur Rebus

Makanan Kenari Betina Telur Rebus

Berbicara mengenai telur rebus, sebenarnya terdapat dua jenis pakan yang bisanya diberikan untuk Kenari betina, yaitu telur ayam rebus serta telur puyuh. Kedua jenis telur tersebut sebenarnya sama-sama bagus karena mengandung cukup banyak protein. Telur rebus ini akan membuat birahi Kenari betina akan cepat meningkat.

7. Kroto

Makanan Kenari Betina Kroto
Advertisements

Jenis pakan Kenari betina biar cepat birahi terakhir yaitu kroto. Salah satu alasan kenapa kroto bermanfaat untuk Kenari yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Sama halnya seperti telur rebus, kroto menjadi salah satu jenis pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) yang mempunyai kandungan protein sangat tinggi.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar jenis-jenis makanan Kenari betina biar cepat birahi dilengkapi dengan kandungan nutrisi beserta cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan makanan agar birahi Kenari betina semakin meningkat.

Sumber gambar : liputan6.com, lazada.co.id, tokopedia.com, petpintar.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *