Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Dada Kuning

PERBEDAAN PLECI JANTAN DAN BETINA DADA KUNING

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Dada Kuning – Burung Pleci adalah salah satu burung yang sedang naik daun, di kalangan pecinta burung kicauan. Telah banyak juga perlombaan yang telah mengikut sertakan burung Pleci sebagai pesertanya.

Burung Pleci merupakan burung kecil dengan harga yang terjangkau, untuk burung yang masih bahan atau bakalan. Jika burung Pleci sudah memiliki beragam prestasi kejuaraan, maka tidak heran harganya pun akan melonjak tinggi.

Burung Pleci akan mudah gacor ketika pemiliki memperlakukan dengan perawatan yang baik dan juga tepat. Permberian tambahan dan juga vitamin jika diperlukan. Hal ini bertujuan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kalian sobat kicau, Apakah kalian mengetauhui ciri Pleci jantan dan betina dada kuning? Jika belum, maka kalian perlu membaca bebera informasi mengenai hal tersebut di bawah ini.

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Dada Kuning Paling Akurat

Jika kalian benar-benar menginginkan untuk memelihara burung pleci, pastinya kalian ingin memiliki burung yang berkualitas. Sehingga bahan yang kalian pilih akan mudah gacor dan ngalas. Baca juga Burung Kicau Termahal, untuk menambah pengetahan mengenai dunia Burung kicau.

Cara membedakan Berdasarkan Fisik

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Pleci

Tips jitu dan akurat untuk membedakan jenis kelamin antara Pleci jantan dan betina, dapat dilihat dengan saksama mengenai beberapa ciri di bawah ini.

1. Ekor

Bentuk Ekor Pleci Jantan dan Betina

Burung Pleci yang memiliki jenis kelamin jantan, memiliki ukuran ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan Pleci betina. Kemudian, ekor Pleci jantan memiliki ujung yang runcing diantara kedua bagiannya, dan terlihat menyerupai huruf V. Sedangkan ekor Pleci betina akan terlihat lebih pendek dan memiliki betuk ekor yang pada bagian ujungnya cenderung rata.

2. Kepala

Kepala Burung Pleci Dada Kuning

Cara membedakan Pleci jantan dan betina dada kuning selanjutnya adalah, dengan cara melihat pada bagian kepala. Pleci jantan memiliki bentuk kepala yang agak bulat dan besar, dengan bagian paruh yang terlihat sedikit kasar. Sedangkan untuk Pleci betina yaitu memiliki bentuk kepala yang cenderung terlihat ramping dan juga berukuran kecil.

3. Lingkar Klep

Lingkar klep untuk membedakan Pleci Jantan dan Betina

Burung Pleci juga sering disebut sebagai burung kacamata. Karena, adanya garis lingkaran yang mengelilingi matanya. Rata-rata hanya Pleci jantan yang memiliki alis tebal terputus-putus. Sedangkan Pleci betina biasanya memiliki klep pada sekitar matanya, yang cenderung tebal dan tidak terputus-putus.

4. Paruh

Paruh Pleci Jantan

Pada bagian Paruhnya juga bisa dijadikan alat untuk membedakan jenis kelaminn burung tersebut. Pleci jantan biasanya memiliki paruh yang tebal dan agak lebih pendek dibandingkan betina. Sedangkan paruh Pleci betina biasanya akan memiliki paruh yang memanjang.

5. Postur Tubuh

Postur Tubuh Burung Pleci

Ciri selanjutnya adalah jika dilihat dari perbedaan postur tubuhnya. Pleci jantan memiliki bentuk serta ukuran tubuh yang panjang dan sedikit lebih besar. Sedangkan untuk Pleci betina biasanya memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih bulat dan juga pendek.

6. Warna Bulu

Warna Bulu Pleci Jantan Lebih Cerah Dibandingkan Betina

Pada bagian bulu Pleci jantan biasanya memiliki warna yang lebih mencolok dan lebih cerah. Sedangkan pada Pleci betina memiliki wrana bulu yang cenderung lebih kusam dan memudar.

7. Pen atau Dubur

Bentuk Pen Pleci Jantan dan Betina

Pleci jantan memiliki Pen atau Dubur yang memanjang, serta terdapat banyak bulu di area tersebut. Sedangkan dubur atau pen Pleci betina, memiliki ukuran yang kecil dan terdapat sedikit bulu yang memudahkan burung tersebut melakukan penetrasi.

Cara Membadakan Berdasarkan Tingkah Laku

Burung Pleci Jantan dan Betina

Kalian juga bisa membedakan jenis kelamin Pleci jantan dan betina. Dengan cara kalian melihat beberapa tingkah lakunya, seperti berikut ini.

1. Suara

Suara Burung Pleci Gacor

Suara burung Pleci jantan akan terdengar lebih nyaring dan lebih mengkristal dibandingkan Pleci betina. Burung Pleci jantan juga memiliki bermacam suara kicauan, dan juga pandai melagukannya.

Sedangkan Pleci betina ini memiliki suara yang lebih pelan, tetapi harus dengan pengamatan serta pendengaran yang jeli. Dalam membedakan jenis kelamin menggunakan cara yang satu ini.

2. Agresif dan Lincah

Pleci jantan memiliki gerakan yang agresif dan juga lincah, dan juga sangat gemar bertarung dengan sejenisnya. Jika dimasukan ke dalam satu kandang ombyokan.

3. Semprotan Air

Semprotan Air untuk Pleci

Kalian akan dapat membedakan Pleci jantan dan betina, yang masih berada di kandang ombyokan. Yaitu dengan cara menyemprotkan air ke bagian kepala burung. Jika jambul yang berada di bagian kepala terlihat, serta pupil matanya mengecil. Maka burung pleci tersebut berjenis kelamin jantan.

Itulah beragam perbedaan Pleci jantan dan betina dada kuning, yang mudah dilakukan untuk pemula. Pastinya akan memperoleh hasil yang akurat dan juga tepat. Demikian yang dapat birdsny.com sajikan, semoga bermanfaat untuk kalian dan terimakasih banyak.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Lovebird Berjodoh

Hidayat
3 min read

Asal Usul Lovebird Kusumo

Hidayat
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *