Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ukuran Umbaran Murai yang Ideal

Ukuran Umbaran Murai yang Ideal

Ukuran Umbaran Murai yang Ideal – Para kicau mania mempercayai bahwa dengan melakukan terapi umbaran pada Murai Batu dapat meningkatkan pernafasaannya. Sehingga, cara ideal untuk membuatnya berkicau lebih keras dengan durasi panjang.

Pastinya metpde tersebut berguna untuk melatih murai agar tidak cepat lelah, terutama pada saat ngeplay. Pelatihan ini pastinya banyak digunakan untuk Murai lomba, sebaiknya perawatan tersebut juga harus dilakukan meskipun hanya burung rumahan.

Sebab, dengan menggunakan metode ini memiliki banyak sekali khasiat bagus, diantaranya yaitu seperti sudah saya jelaskan sebelumnya. Kemudian, umbaran tersebut juga berguna untuk meningkatkan stamina, bahkan menjadikanya lebih bertenaga

Bahkan, cara mengumbar tersebut dapat dijadikan solusi paling tepat untuk mendongkrak stamina atau mencegahnya loyo. Selain mendongkrak kualitas kicau dan juga pernfasaan, juga berguna untuk mencegah penumpukan lemak di tubuh murai.

Ukuran Kandang Umbaran Murai Batu yang Ideal

Ukuran Kandang Umbaran Murai Batu

Namun, dalam melakukan terapi umbaran tersebut sobat harus mengetahui ukuran yang ideal, gunanya yaitu untuk mengurangi resiko rusaknya bulu ekornya yang panjang.

Sebagai referensi, kalian bisa simak beberapa ukuran yang ideal dengan size ekor murai, untuk lebih jelasnya silahkan langsung simak pembahasan berikut ini.

Kandang Umbaran Ukuran 300 X 80 X 60 Cm

Kandang Umbaran Ukuran 3 Meter

Ukuran umbaran pertama yaitu memiliki panjang sekitar 3 meter x lebar 60 cm, dan tinggi 80 cm. Ukuran tersebut ideal untuk melatih pernafasan Murai berusia trotol atau masih anakan.

Sebab, panjang ekornya lebih pendek jika dibandingkan dengan Murai usia dewasa. Semakin panjang ukuran ekor Murai, maka kandang umbar juga harus disesuaikan, agar tidak merusak bulunya.

Jika Murai trotol diberikan terapi umbaran, maka akan memungkinkannya untuk memiliki kualitas pernafasan lebih bagus pada saat usianya semakin bertambah. Itulah manfaat dari tahapan pengumbaran pada trotolan Murai Batu.

Kandang Umbaran Ukuran 600 X 80 X 60 Cm

Kandang Umbaran Ukuran 6 Meter

Sedangkan, ukuran sangkar umbar lain sebagai referensi yaitu memiliki panjang sekitar 6 meter, tinggi 80 cm, hingga lebarnya sekitar 60 cm. Dapat diartikan apabila semakin panjang dan luas ukuran kandang umbar, maka akan semakin ideal pula manfaat yang akan didapatkan Murai.

Pemilihan ukuran yang ideal tersebut yaitu dapat digunakan pada burung Murai yang sudah remaja, yaitu usianya sekitar pastinya waktu tersebut adalah masa paling bagus dalam melatih pernafasannya. Sehingga, dapat dipastikan Murai akan memiliki kualitas kicau cukup baik.

Selain itu, masih terdapat banyak sekali ukuran kandang umbaran, diantaranya seperti 550 x 429 cm, 600 x 359 cm, 1024 x 1460, 300 x 202, 480 x 270, serta ukuran ideal seterusanya.

Bahan Kandang Umbaran Murai

Bahan Kandang Umbaran

Setelah mengetahui ukuran umbaran ideal untuk Murai, selanjutnya yaitu kalian perlu memperhatikan dari bahan pembuatannya. Terdapat beberapa bahan sebagai referensi kalian, silahkan langsung saja untuk simak pembahasan berikut ini.

Kayu Jati

Kayu Jati

Pembuatan umbaran idealnya yaitu menggunakan kayu jati, hanya saja akan mengalami kerusakan apabila digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Nah, untuk pembuatan umbaran kalian memerlukan kayu jati dengan ukuran sesuai.

Kelebihan

  • Mudah ditemukan
  • Harga terjangkau
  • Kuat
  • Bisa diuraikan

Kekurangan

  • Mudah rusak
  • Pembuatannya lama
  • Butuh banyak peralatan

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bahan dasar kayu jati. Kalian bisa memilih dengan benar serta menilai apakah bahan tersebut cocok atau tidak.

Baja Ringan

Baja Ringan

Agar kandang umbaran tetap awet, maka kalian bisa membuat kandang umbaran ideal dengan menggunakan baja ringan. Tentukan terlebih dahulu ukuran umbaran, lalu kalian bisa menghitung berapa panjang ukuran.

Bahan tersebut dapat kalian peroleh di toko besi, biasanya tersedia dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan konsumennya. Selain awet dan tidak mudah rusak, cara pembuatanya akan terasa lebih mudah.

Kelebihan

  • Tidak mudah rusak
  • Awet
  • Mudah didapatkan
  • Pembuatannya cepat

Kekurangan

  • Harganya mahal
  • Pembuatanya butuh banyak alat
  • Tidak dapat diuraikan

Supaya lebih ideal, kalian bisa menggunakan baja ringan, pastinya memiliki keunggulan serta kekurangannya sendiri-sendiri. Tentukan pula ukuran yang sesuai untuk dijadikan sebagai media umbaran.

Kawat Strimin

Kawat Strimin

Bahan selanjutnya yaitu kalian memerlukan strimin atau kawat kecil. Usahakan kalian memiliki strimin idealnya dengan ukuran lubang sekitar 1 cm, agar dapat mengantisipasi terjadinya burung lepas.

Kelebihan

  • Kuat
  • Harga terjangkau
  • Pembuatannya cepat

Kekurangan

  • Mudah berkarat
  • Tersedia di toko besi
  • Membutuhkan banyak peralatan

Penggunakan material kawat strimin juga sangat diperlukan agar murai tidak lepas saat dilakukan pengumbaran.Terdapat pula kelebihan serta kekurangannya yang sudah saya jelaskan seperti di atas ini.

Nah, itulah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang umbaran murai yang ideal. Jadi, silahkan kalian bisa memilih dari beberapa bahan diatas, serta tentukan dengan baik sebelum pembuatan.

Kesimpulan

Jadi, terdapat beberapa macam ukuran untuk membuat kandang umbaran Murai Batu, kemudian terdapat pula sejumlah bahan-bahan yang dapat kalian gunakan. Penggunaan beberapa bahan diatas yaitu berguna untuk menjaga agar Murai tidak lepas saat proses pengumbaran di lakukan.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai ukuran umbaran murai yang ideal. Lengkap beserta bahan-bahan pembuatan, hingga kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan dasar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *