Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

√ Ukuran Kandang Ayam Pelung Jantan : Bambu, Besi & Baja Ringan

Ukuran Kandang Ayam Pelung Jantan
Advertisements

Ukuran Kandang Ayam Pelung Jantan – Kandang atau sangkar ayam merupakan sebuah tempat dimana ayam yang kita pelihara bisa melindungi diri dari gangguan manusia, binatang dan lain sebagainya yang mengancam keselamatannya. Selain itu, kandang juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman untuk salah satu jenis hewan unggas tersebut.

Saat musim hujan tiba, kandang sangat berfungsi dalam melindungi ayam supaya tidak kehujanan. Di sisi lain sebagai tempat tinggalnya, kandang juga bermanfaat bagi tempat kerja para peternak untuk memberi pakan dan minum, membersihkan kotoran hingga mengobati ayam disaat mereka sedang mengalami gangguan kesehatan seperti terserang penyakit.

Advertisements

Maka dari itu, supaya ayam bisa merasa nyaman dan aman di dalam kandang, tentunya kalian harus membuat kandang bersih dan sehat supaya mereka sehat, khususnya untuk ayam pelung jantan, entah itu dari bahan dasar bambu, baja ringan ataupun besi. Tidak hanya memberikan kenyamanan saja, namun kandang sehat juga dapat meminimalisir risiko ayam pelung jantan terserang penyakit.

Namun sayangnya, masih ada sebagai besar orang diluar sana merasa bingung berapa ukuran atau luas kandangnya. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai ukuran ideal kandang ayam pelung jantan dilengkapi dengan syarat hingga tips membuatnya.

Syarat Kandang Ideal Untuk Ayam Pelung Jantan

Syarat Kandang Ideal Untuk Ayam Pelung Jantan

Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa syarat dan ketentuan harus diperhatikan oleh seseorang ketika hendak membuat kandang untuk ayam pelung jantan. Meskipun ayam pelung tidak termasuk ke dalam jenis ayam aduan, namun kenyamanan serta keamanan tempat tinggalnya perlu diperhatikan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kandang aman dan bersih tidak hanya membuat ayam pelung merasa nyaman saja, namun juga bisa mencegah mereka terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Nah, sebelum membahas poin utama mengenai ukuran kandang ayam pelung jantan, sebaiknya cari tahu beberapa syarat dan ketentuan pembuatannya di bawah ini.

Advertisements

1. Letak Kandang

Syarat pertama ketika ingin membuat kandang ayam pelung jantan yaitu mengenai letaknya. Dimana letak kandang ayam pelung jantan sendiri akan sangat memengaruhi hidupnya. Sebaiknya buatlah kandang ayam pelung jantan lebih tinggi agar bisa melindunginya saat hujan.

2. Ventilasi Udara

Selain letak, ventilasi udara juga pastinya sangat dibutuhkan oleh ayam pelung jantan supaya bisa keluar masuk secara berkesinambungan. Adanya ventilasi udara di dalam membuat kandang mampu terhindar dari pengap sehingga ayam pelung jantan merasa lebih nyaman.

3. Sinar Matahari

Kandang ayam pelung jantan yang baik juga harus menghadap ke arah timur sehingga mereka bisa terkena sinar matahari secara langsung. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sinar matahari saat pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh ayam pelung jantan.

4. Pohon Pelindung

Rata-rata para pemilik ayam pelung jantan membuat dan meletakkan kandang di bawah pohon rimbun. Dimana pohon sendiri berfungsi untuk melindungi ayam pelung jantan entah itu pada saat kepanasan ataupun kehujanan.

5. Lantai Kandang

Untuk lantai kandang ayam pelung jantan, biasanya dibuat menggunakan koran kemudian dilapisi jerami padi, kapur pasir serta kerikil. Jika tidak ingin menggunakan jerami padi, kalian juga bisa menggantinya menggunakan serbuk gergaji.

6. Pondasi Kandang

Sementara untuk pondasi kandang ayam pelung jantan, sebenarnya bisa disesuaikan dengan ukuran serta bentuk kandang itu sendiri. Apabila kandang berukuran besar, maka buatlah pondasi cukup besar. Begitu pun sebaliknya, jika kandang ayam pelung jantan kecil, maka kalian membutuhkan pondasi tidak terlalu besar.

7. Pintu & Dinding Kandang

Pintu kandang ayam pelung jantan memiliki ukuran sesuai dengan tinggi peternaknya. Hal ini bertujuan agar peternak bisa lebih leluasa dalam memberi pakan dan minuman serta saat membersihkan kandang. Untuk dinding kandang ayam pelung jantan sendiri dibuat memiliki ruang atau celah supaya udara dapat masuk ke dalam.

8. Bentuk Kandang

Perlu diketahui, saat ini orang-orang atau para peternak membuat kandang ayam pelung jantan menjadi 4 jenis, yaitu kandang dengan sistem ren, sistem postal, sistem baterai serta sistem koloni. Adapun penjelasan masing-masing bentuk kandang tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kandang sistem ren
    • Memiliki tempat pengumbaran sehingga ayam bisa leluasa bergerak.
  • Kandang sistem postal
    • Tidak memiliki tempat pengumbaran namun mempunyai tempat untuk bertengger. Biasanya ukuran kandang ayam pelung jantan sistem postal dibuat menjadi seluas 5 cm dan jarak tempat tengger sekitar 40 cm sampai 50 cm.
  • Kandang sistem baterai
    • Dibuat secara bersusun seperti baterai sehingga bisa memuat beberapa ekor ayam pelung jantan.
  • Kandang sistem koloni
    • Hampir sama seperti kandang ayam pelung jantan sistem baterai, namun kandang sistem koloni lebih cocok untuk umur ayam 2 bulan ke atas.

9. Perlengkapan Kandang

Syarat terakhir ketika ingin membuat kandang ayam pelung jantan yang baik yaitu menyediakan segala perlengkapannya. Dimana beberapa jenis perlengkapan kandang ayam pelung jantan sendiri diantaranya yaitu seperti tempat pakan dan minum serta tempat bertengger.

Ukuran Kandang Ayam Pelung Jantan

Ukuran Ideal Kandang Ayam Pelung Jantan
Advertisements

Setelah mengetahui syarat pembuatan kandang ayam pelung jantan, selanjutnya kalian juga harus mengerti mengenai berapa ukuran atau dimensi standarnya. Secara garis besar, ukuran kandang ayam pelung jantan bisa disesuaikan dengan umur atau usia ayam itu sendiri.

Misalkan ayam pelung jantan masih berusia 2 sampai 3 bulan, maka kalian bisa membuat kandang berukuran 70 cm x 70 cm. Dimana ukuran ideal kandang ayam pelung jantan ini tidak akan merusak bulu-bulu ayam saat ditempati nantinya.

Sementara untuk ayam pelung jantan berusia di atas 6 bulan, kalian dapat membuat kandang berukuran 80 cm x 80 cm atau maksimal 1 m x 1 m. Pembuatan kandang ayam pelung jantan lebih luas ini bertujuan supaya nantinya pada saat proses perkawinan mereka tidak merasa engap karena kandang sempit.

Tips Membuat Kandang Ayam Pelung Jantan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai syarat ukuran pembuatan kandang untuk ayam pelung jantan. Pada intinya, kandang ayam pelung jantan harus dibuat seaman mungkin agar mereka bisa merasa lebih nyaman saat berada di dalam. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini kami berikan sejumlah tips dalam membuat kandang ayam pelung jantan.

  • Sebelum kandang dibuat, lahan sekelilingnya ditanam tanaman cepat tumbuh dan rindang.
  • Buatlah kolam di sekitar kandang supaya bisa memberikan kesejukan.
  • Buatlah kandang ayam pelung jauh dar rumah penduduk agar terhindar dari bau beserta kotorannya.
  • Buatlah sirkulasi udara di dalam kandang ayam pelung jantan.
  • Pastikan kandang ayam pelung terbebas dari binatang penggangu sehingga terjamin keselamatannya.
  • Buatlah akses atau jalur keluar masuk sesuai kebutuhan sehingga memudahkan proses pemberian pakan serta pembersihan kandang.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ukuran kandang ayam pelung jantan dilengkapi syarat hingga sejumlah tips ketika ingin membuatnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat kandang ayam pelung jantan sendiri di rumah.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.