Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Burung Sriti Masuk Rumah Siang Hari Pertanda Apa?

Burung Sriti Masuk Rumah Siang Hari
Advertisements

Burung Sriti Masuk Rumah Siang Hari – Di dalam kehidupan masyarakat Indonesia, terdapat beberapa jenis burung memang seringkali dikaitkan dengan beberapa mitos. Adapun salah satu jenis burung yang memang kerap dikaitkan dengan berbagai macam mitos tersebut yaitu burung Sriti.

Hingga kini, terdapat cukup banyak sekali kepercayaan terkait dengan burung jenis ini. Sebagai contohnya yaitu ketika ingin memanggil burung Sriti, maka disini kalian perlu menggunakan mantra khusus serta tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

Advertisements

Selain itu, terdapat juga beberapa mitos lain tentang arti atau makan burung masuk ke dalam rumah maupun bersarang di rumah. Dimana kabar-kabar tersebut pastinya sangat diyakini, terlebih lagi oleh beberapa masyarakat Jawa yang masih percaya terhadap sebuah mitos.

Maka dari itu, apabila rumah kalian kedatangan burung Sriti pada siang hari, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa arti dan maknanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai arti burung Sriti masuk rumah siang hari beserta maknanya.

Mitos Burung Sriti

Sebelum pembahasan poin utama mengenai burung Sriti masuk rumah siang hari lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Perlu diketahui, burung Sriti atau burung layang-layang merupakan salah satu jenis burung dengan bentuk hampir mirip seperti burung Walet.

Menurut primbon Jawa, masuknya burung Sriti ke dalam rumah pada saat siang haru bisa diartikan sebagai pertanda buruk. Diyakini pemilik rumah akan terkena tipu daya atau kecurian oleh orang yang sudah dipercaya, entah itu keluarga, teman ataupun tetangga.

Advertisements

Bagi kalian masyarakat Jawa, pastinya sudah tidak asing lagi dengan beberapa mitos burung Sriti tersebut. Dimana burung Sriti bersarang di dalam rumah tidak dianggap sebagai sebuah kebetulan belaka, namun terdapat pesan tersembunyi dibalik itu semua.

Burung Sriti Masuk Rumah Siang Hari

Arti Burung Sriti Masuk Rumah Siang Hari
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, burung Sriti masuk rumah siang hari atau bersarang di dalamnya dipercaya membawa kabar terhadap pemilik rumah. Dimana kabar-kabar tersebut tentunya sangat diyakini, terutama oleh sebagian masyarakat Jawa.

Bahkan jika saat ini zaman sudah mulai modern, mitos tersebut masih dipercaya oleh beberapa orang. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini akan kami berikan penjelasan mengenai burung Sriti masuk rumah pada saat siang hari entah itu dari segi arti maupun maknanya.

1. Terdapat Makhluk Halus

Arti pertama burung Sriti masuk rumah siang hari yaitu menandakan bahwa akan ada makhluk halus sedang mendekati rumah kalian. Adapun makhluk halus tersebut bisa saja bersifat jahat. Maka dari itu, ketika burung Sriti masuk ke dalam rumah, kalian perlu banyak-banyak berdoa.

2. Datangnya Pencuri

Kemudian arti burung Sriti bersarang di dalam rumah berikutnya yaitu mampu memberikan pertanda buruk berupa datanya pencuri atau maling. Pada umumnya, burung yang membawa kabar kurang sedap tersebut mempunyai perawakan seperti gagak dan memang identik dengan warna hitam, termasuk burung Sriti.

3. Mendapatkan Rezeki

Burung Sriti masuk rumah siang hari selanjutnya bisa diartikan sebagai penanda bahwa kalian akan segera mendapatkan rezeki. Perlu diketahui, burung Sriti memang seringkali dikaitkan dengan jenis burung pembawa keberuntungan oleh sebagian orang.

4. Pertanda Musibah

Di beberapa wilayah Indonesia, masuknya burung Sriti ke dalam rumah juga bisa diartikan bahwa pemilik rumah akan mendapatkan musibah. Hal tersebut dikarenakan burung Sriti memang mempunyai perawakan dengan kepalanya berwarna hitam serta punggung dan sayapnya juga berwarna hitam.

5. Arwah Leluhur Datang ke Rumah

Datangnya arwah leluhur juga bisa ditandai dengan burung Sriti masuk rumah saat siang hari. Menurut primbon Jawa dan Islam, leluhur yang sudah meninggal tersebut akan pulang ke rumah dan mereka meminta doa pada para keluarganya yang masih hidup.

6. Seseorang Mempunyai Tujuan Jahat

Kemudian arti burung Sriti bersarang di dalam rumah berikutnya yaitu diyakini bahwa akan ada seseorang mempunyai tujuan atau niat jahat kepada kalian dan juga keluarga. Hal ini tidak terlepas dari burung Sriti memang diyakini sebagai burung pembawa gendam menggunakan pelet hitam dan melakukan hal-hal sifatnya jahat.

7. Pertanda Datangnya Tamu

Burung Sriti juga bisa dijadikan sebagai pertanda akan datangnya tamu. Biasanya burung Sriti akan masuk ke dalam rumah secara tiba-tiba dan pergi begitu saja. Dimana kehadiran burung Sriti secara tiba-tiba tersebut bisa menjadi pertanda datangnya sebuah tamu. Adapun tamu tersebut juga merupakan orang yang sudah lama tidak kalian jumpai.

8. Pertanda Datangnya Kerabat Jauh

Datangnya kerabat jauh juga bisa ditandai dengan burung Sriti masuk rumah pada saat siang hari. Dimana datangnya kerabat jauh dalam waktu dekat dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, jika kalian mempercayainya, maka perlu segera mempersiapkan segala kebutuhan untuk menyambut keluarga jauh tersebut.

9. Harapan Segera Terwujud

Burung Sriti bersarang di dalam rumah tidak selalu dikaitkan dengan hal-hal buruk atau negatif saja. Di sejumlah daerah mempercayai bahwa ketika burung tersebut mulai datang dan bersarang ke dalam rumah, hal ini menandakan bahwa pemilik rumah mendapatkan sesuatu yang tidak disangka-sangka atau diduga sebelumnya.

Dimana salah satu artinya yaitu pemilik rumah segera memperoleh rezeki berupa harapan yang terwujud. Seperti diketahui, pastinya setiap orang memiliki harapan atau doa dan ketika burung Sriti mulai datang dan bersarang di rumah, hal tersebut bisa diartikan bahwa harapan atau doa tersebut segera terwujud.

10. Kedatangan Orang Sinting

Perlu diketahui, sebenarnya tiap hewan bisa melakukan komunikasi antar sesamanya, seperti halnya manusia. Namun, pada hal ini bahasa komunikasi mereka memang cenderung berbeda. Dimana burung Sriti masuk ke dalam rumah bisa memberikan tanda bahwa akan terdapat orang yang mulai mendatangi rumah kalian. Sebagian orang meyakini bahwa rumah mereka nantinya didatangi oleh orang sinting.

11. Pertanda Akan Ditipu Oleh Orang Terdekat

Arti burung Sriti masuk rumah siang hari terakhir yaitu akan ada sebuah musibah. Dimana musibah tersebut bisa saja terjadi dalam waktu dekat. Dimana burung Sriti masuk rumah ini dipercaya bahwa seorang tuan rumah ditipu oleh orang terdekatnya, entah itu keluarga, kerabat atau bahkan tetangganya sendiri.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar burung Sriti masuk rumah siang hari menurut primbon Jawa dan Islam mulai dari arti hingga maknanya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika kedatangan burung Sriti di rumah pada saat siang hari.

Sumber gambar : berita.99.co

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *