Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perbedaan Burung Walet dan Sriti

Perbedaan Burung Walet dan Sriti

Perbedaan Burung Walet dan Sriti – Tahukah kalian mengenai salah satu jenis burung koloni Walet dan Sriti? Jika dilihat sekilas memang nampak sama saja, ataupun tidak terdapat perbedaan diantara keduanya.

Sebenarnya jika dilihat dengan teliti, diantara keduanya terdapat beberapa perbedaan yaitu mulai dari ciri fisik, bentuk ekor, serta jenis pakannya. Bagi para peternak memang hal sangat mudah.

Namun, untuk orang awam pastinya akan merasa kesulitan bagaimana cara membedakannya. Hal tersebut dikarenakan kedua burung tersebut sering terlihat terbang bersamaan diatas gedung atau bangunan.

Meskipun keduanya masih dalam satu keluarga, hanya saja memang berbeda jenisnya. Jenis yang sering kalian lihat diatas gedung bangunan itu adalah Walet, sedangkan Sriti yaitu sering berterbangan di pesisir pantai.

Perbedaan Burung Walet dan Sriti

Perbedaan Burung Walet dan Sriti 1

Apakah diantara kalian selain pembudidaya belum mengetahui terkait perbedaan Walet dan Sriti? Jika belum, silahkan langsung saja untuk simak perbedaannya pada ulasan berikut ini.

1. Ciri Fisik

Ciri Fisik

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, kedua jenis ini memang terlihat hampir sama, seperti halnya postur tubuh, sayap, hingga paruhnya. Kemudian, pada bagian kakinya yang cukup lemah, tidak bisa menopang berat badannya sendiri.

Hal tersebut dapat dilihat ketika kalian tidak pernah melihat Walet dan Sriti bertengger di kabel listrik atau dahan pohon. Jika kalian pernah melihatnya, berarti itu bukan lah jenis burung Walet atau pun Sriti.

Jika dilihat dari panjang tubuh Walet, pasti akan terdapat beberapa perbedaannya yaitu tubuhnya berukuran sekitar 9 cm. Sedangkan burung Sriti yaitu hanya setengah dari panjang tubuh Walet.

2. Bentuk Ekor

Bentuk Ekor

Perbedaan diantara keduanya dapat kalian lihat dengan mudah yaitu pada bentuk ekornya. Burung tersebut memiliki bentuk ekor yang lebih memendek dan kotak, sedangkan untuk burung Sriti sendiri yaitu ekorna runcing dan juga memanjang.

3. Gaya Terbang

Gaya Terbang

Kemudian, jika dilihat dari gaya terbang diantara kedua jenis ini tentunya masih terlihat sama, yaitu hanya melayang-layang diudara. Jenis burung tersebut hanya mengepakan sayapnya beberapakali saja dalam sekali penerbangan.

Untuk melihat perbedaan diantara keduanya yaitu masih cukup sulit, jika menggunakan cara ini. Karena, pada saat Walet dan Sriti terbang akan semakin sulit diperhatikan di atas ketinggian.

4. Habitat Asli

Habitat Asli

Burung Walet memiliki perbedaan habitatnya dengan Sriti, biasanya hidup berkelompok atau koloni dan berada diarea pesisir pantai. Kemudian, untuk Sriti sendiri biasanya dijumpai di atas gedung, atau biasanya disebut dengan nama Walet rumahan.

5. Mencari Makan

Mencari Makan

Pada saat Walet dan Sriti kelaparan, biasanya mereka akan mencari makanan berupa serangga yang berterbangan disekeliling hutan, sungai, pesawahan, lapangan, semak-semak dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga sering mencari makananya diarea penggilingan padi, serta kawasan penangkaran ayam.

Perbedaan terdapat pada burung Walet lebih sering memakan belalang atau serangga kecil lain. Sedangkan untuk sriti, ia biasanya lebih menyukai makanan berupa kumbang, laron, kupu-kupu dan lain sebagainya. Karena, kedua jenis burung tersebut tidak bisa makan sambil mematuk seperti jenis burung lainnya.

6. Jenis Makanan

Jenis Makanan

Kemudian untuk jenis pakannya bisa dibilang sama yaitu serangga yang memiliki sayap dan suka beterbangan. Diantaranya seperti kumbang, kupu-kupu, semut, ngengat dan belalang.

Pastinya jenis pakan untuk burung Sriti memiliki kandungan gizi cukup tinggi, memiliki kegunaan sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-harinya.

7. Kotoran Walet dan Sriti

Kotoran Walet dan Sriti

Walet dan Sriti termasuk salah satu jenis burung yang sangat memperdulikan kebersihan sarangnya, terutama pada saat membuang kotoran. Mereka bisasanya lebih suka membuang kotorannya ke luar sarang.

Perilaku tersebut sudah dilakukan sejak burung tersebut dan Sriti masih usia anakan. Pastinya dapat dijadikan sebagai alat untuk mengetahui perbedaan dengan jenis burung lainnya.

Kemudian, dari caranya mereka membuang kotoran juga bisa dibilang cukup unik yaitu akan mengeluarkan sebagian pantatnya ke bagian bibir sarang. Sehingga, kotoran tidak menyentuh sarangnya yang selalu dijaga kebersihannya.

8. Telur Walet dan Sriti

Telur Walet dan Sriti

Perbedaan selanjutnya yaitu bisa dilihat dari telurnya. Kedua jenis tersebut bisa menghasilkan sekitar 2 telur dalam sekali masa perkawinan. Ukuran telur Sriti lebih besar, jika dibandingkan dengan telur Walet.

Namun, untuk waktu pengeramannya sendiri tidak ada perbedaan, yaitu sama sekitar tiga minggu, sampai anaknya bisa terbang yaitu membutuhkan waktu sekitar 45 hari.

8. Proses Membuat Sarang

Proses Membuat Sarang

Burung Walet dan Sriti membuat sarang menggunakan air liurnya, hanya sanja untuk jenis Sriti sendiri membuat sarang dengan beberapa bahan lain seperti dedaunan kering, serta ranting pohon kecil.

Hanya saja perbedaan sarang tersebut terletak pada area pembuatannya, Walet lebih suka membuat sarang diatas gedung tinggi, celah tebing, dan dalam goa, sedangkan untuk Sriti lebih memilih tempat disekitar pesisir pantai.

9. Bentuk Sarang

Bentuk Sarang

Untuk bentuk sarangnya sendiri masih dapat dibilang memiliki kesamaan, perbedaan tersebut malah terletak pada komponen atau bahan pembuatannya.

Jadi, untuk sarang Walet sendiri lebih bersih dan terbebas dari sisa kotoran lainnya. Namun, untuk sarang Sriti yaitu terdapat beberapa bahan lain seperti dedaunan dan ranting kecil.

10. Warna Sarang

Warna Sarang

Perbedaan sarang Walet dan Sriti sendiri malah terletak pada warnanya. Sarang Walet sendiri biasa ditemukan dengan warna putih gading, sedangkan untuk sarang Sriti yaitu memiliki warna cenderung kecoklatan.

11. Harga sarang

Harga Sarang Burung Walet dan Sriti

Biasanya sarang Walet diperjual belikan dengan harga fantastis, yaitu digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Perbedaan harga diantara kedua sarang Walet dan Sriti juga cukup jauh.

Sarang Walet sendiri banyak dijual dengan harga sekitar Rp 1.600.000 per-ons, sedangkan untuk sarang Sriti yaitu sekitar Rp 200.000 untuk 1 ons. Nah, perbedaan harga tersebut juga dipengaruhi oleh kualitasnya.

Harga diatas bukanlah menjadi patokan, karena bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Terutama penjualan sarang Walet atau Sriti di daerah yang berbeda-beda, pastinya untuk harga juga berbeda.

12. Air Liur

Air Liur burung Walet dan Sriti

Perbedaan air liur Walet dan Sriti juga merupakan sebagian dari pengaruh mahal atau murahnya sarang. Jadi, biasanya membuat sarang cukup bersih dan juga memiliki kandungan berkhasiat, sudah banyak konsumen yang menggunakannya sebagai obat dan lain sebagainya.

Kemudian, untuk air liur Sriti sendiri memang masih sama bentuknya, hanya saja khasiat dan harganya lebih murah, jika dibandingkan dengan sarang Walet dengan sejuta khasiat dimilikinya.

13. Suara Walet dan Sriti

Suara burung Walet dan Sriti

Kemudian, perbedaannya juga dapat ditemukan melalui suaranya. Jadi, SUARA BURUNG WALET sendiri biasanya terdengar lebih nyaring dan cerewet, apalagi pada saat terbang koloni.

Sedangkan, untuk suara burung Sriti yaitu lebih pelan atau tidak sekeras suara Walet. Jadi, pastinya diantara kedua jenis tersebut memiliki suara yang berbeda, dapat dilihat dari solume suaranya.

14. Warna Bulu

Warna Bulu burung Walet dan Sriti

Secara umum warna bulu burung tersebut yaitu didominasi oleh hitam, putih, hingga abu-abu. Sedangkan untuk jenis Sriti sendiri yaitu memiliki warna bulu yaitu cenderung biru kehitam-hitaman atau metalik.

Jadi, perbedaan diantara keduanya dapat dilihat melalui warna bulunya. Sehingga, kalian tidak salah menebak kedua jenis burung tersebut yang masih ada ikatan keluarga, tapi terdapat perbedaan.

Itilah beberapa perbedaan dari kedua jenis burung Walet dan Sriti, informasi ini dapat digunakan untuk peternak membudidayakan sarang atau air liurnya, supaya bisa menjadi ladang bisnis menjanjikan.

Kesimpulan

Jadi, terdapat beberapa perbedaan yang terdapat di kedua jenis burung Walet dan Sriti. Meskipun kebanyakan orang menganggap bahwa keduanya memang masih sama, serta satu keluarga.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai perbedaan burung Walet dan Sriti. Meskipun diantara keduanya masih dalam satu keluarga, namun memiliki beberapa perbedaan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *